8 Tips Mengatasi Kulit Wajah yang Kendur Secara Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Setiap wanita pasti ingin terlihat cantik dengan kulit wajah yang putih dan kencang. Namun seiring bertambahnya usianya, kulit wajah akan menjadi semakin kendur dan keriput. Sebagian besar orang mengatasi tanda penuaan tersebut dengan krim anti aging.

Sayangnya, pemakaian krim anti aging secara terus-menerus akan menimbulkan efek negatif bagi kulit. Cara lain yang lebih aman untuk mengatasi kulit kendur adalah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Berikut tips mengatasi kulit wajah yang kendur secara alami, simak ulasannya.

Perbanyak konsumsi air putih

Salah satu cara untuk mengatasi kulit kendur adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih, yaitu sekitar 8-10 gelas perhari. Mengonsumsi air putih dapat membantu proses hidrasi, sehingga kulit menjadi lebih kencang dan lembab. Waktu yang paling baik untuk mengonsumsi air putih yaitu saat bangun pagi dan sebelum tidur malam.

Tingkatkan asupan protein

Protein adalah salah satu sumber makanan yang dapat membantu produksi kolagen. Dimana kolagen ini berfungsi untuk menjaga elastisitas dan mengencangkan kulit. Beberapa makanan sumber protein tinggi, yaitu dada ayam, putih telur, ikan salmon, kacang-kacangan, susu bebas lemak, buncis, dan daging sapi.

Gunakan krim tabir surya

Paparan sinar matahari adalah penyebab utama penuaan dini. Apabila kulit terlalu sering terpapar sinar UV, maka kulit akan semakin kendur, keriput, dan mengalami pigmentasi. Untuk mengatasi hal tersebut, maka gunakan krim tabir surya saat berpergian. Anda dapat menggunakan krim tabir surya yang mengandung SPF 15+.

Lakukan senam wajah

Senam wajah adalah salah satu kebiasaan masyarakat Jepang untuk mengencangkan kulit wajah. Apabila kulit anda mulai kendur, anda dapat mencoba senam wajah di sela-sela kegiatan harian. Panduan senam wajah ini dapat anda cari youtube.

Rutin berolahraga

Berolahraga mungkin tidak akan membuat kulit kencang secara serta-merta. Namun apabila olahraga dilakukan secara rutin, maka kulit akan menjadi lebih bersinar dan kencang.

Olahraga dapat melancarkan peredaran darah dan mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Sehingga kulit akan tampak sehat dan tidak kusam.

Tingkatkan asupan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E

Mengonsmsi vitamin A, vitamin C, dan vitamin E dapat membantu proses produksi kolagen kulit, mencerahkan, dan mengangkat sel-sel kulit mati. Anda dapat memgonsumsi suplemen vitamin atau memperolehnya secara alami dari makanan. Jenis makanan yang mengandung tinggi vitamin adalah buah-buuahan dan sayuran.

Hindari merokok dan mengonsumsi minuman berakohol

Merokok dan mengonsumsi minuman berakohol dapat mempercepat proses penuaan kulit. Kandungan di dalam rokok dan alkohol dapat memicu kerusakan sel-sel kulit, sehingga menyebabkan kulit menjadi kendur dan keriput.

Menggunakan masker alami untuk wajah

Selain menerapkan pola hidup yang sehat, anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai masker wajah. Bahan-bahan alami ini akan menutrisi kulit sehingga kulit menjadi lebih kencang dan sehat.

Berikut beberapa masker alami yang dapat anda coba:

Masker susu, madu dan minyak zaitun

Cara penggunaannya yaitu campurkan 1 sdt madu dengan 4 sdt susu ke dalam mangkuk. Kemudian aduk hingga merata dan berbentuk pasta. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Selanjutnya oleskan pada wajah secara merata dan diamkan hingga 15 menit. Terakhir bilas wajah dengan air hingga bersih.

Masker lemon dan putih telur

Cara penggunaannya yaitu campurkan 2 sdm jus lemon dengan 1 buah putih telur. Aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata, lalu diamkan hingga 15 menit. Setelah mengering, bilas wajah dengan air hingga bersih.

***

Demikianlah tips mengatasi kulit wajah yang kendur secara alami. Semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *