Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin C

Sumber Makanan dan Manfaat Vitamin CVitamin C atau yang sering disebut dengan ascorbic acid sangat bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan sariawan, mengobati flu ringan, memperkuat sistem imunitas, dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, vitamin C juga dapat menyembuhkan beberapa kasus keracunan, menyembuhkan katarak, mengurangi sel kanker, memerangi stroke, mempertahankan keelastisan kulit, menyembuhkan luka dan mengontrol gejala dari penyakit asma.

Karena manfaatnya yang banyak,  ascorbic acid atau vitamin C menjadi salah satu jenis nutrisis yang paling efektif dan aman digunakan.

Vitamin ini mudah larut dalam air dan merupakan antioksidan yang sangat baik untuk sintesis kolagen yang berguna untuk memperkuat aliran darah dan jaringan otot pada tubuh.

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin C sendiri, oleh arena itu kita harus banyak memakan bahan makanan yang kaya akan vitamin C.

Kekurangan akan asupan vitamin C dapat menyebabkan timbulnya beberapa penyakit yang berbahaya. Beberapa gejala penyakit tersebut adalah gigi yang longgar, gusi berdarah, rambut rontok, hemorrhages, ketidak mampuan untuk melawan infeksi dan anemia ringan.

Asupan vitamin C bisa didapat melalui buah-buahan yang bersifat asam seperti jeruk, anggur, strawberry, raspberry, kembang kol, kubis dan sayuran lain yang berdaun, cabe merah, kentang dan brokoli. Tunas brussel, cantaloupe, mange tout, dan buah kiwi juga kaya akan vitamin C.

Untuk mempertahankan kandungan vitamin C dari bahan-bahan makanan tersebut, anda perlu untuk memasaknya dengan menggunakan temperatur yang rendah dan hanya sebentar saja.

Khasiat dan Manfaat Vitamin C

Berikut adalah beberapa manfaat dari mengkonsumsi makanan dengan vitamin C secara teratur:

Mencegah sariawan
Penyakit sariawan dapat dicegah secara sempurna dengan asupan vitamin C yang teratur. Sariawan ini disebabkan oleh melemahnya sambungan antar jaringan, tulang dan pembuluh darah termasuk mineral kolagen di dalamnya. Vitamin C adalah antioksidan yang sangat hebat dan diperlukan dalam proses produksi kolagen

Menyembuhkan flu ringan
Vitamin ini dapat meningkatkan kekebalan sistem imunitas tubuh kita sehingga kita dapat terhindar dari penyakit flu dan batuk. Vitamin C akan meningkatkan penyerapan zat besi yang berdampak pada peningkatan daya tahan terhadap infeksi serta dapat melawan virus yang berbahaya.

Menurunkan tensi darah
Orang dengan tekanan darah tinggi sangat beresiko untuk terkena penyakit jantung. Salah satu cara untuk mengurangi resiko tersebut adalah dengan mengamankan asupan vitamin C.

Menurunkan gangguan vasolidasi
Perawatan dengan vitamin C dapat melancarkan aliran pembuluh darah saat adanya serangan atherosclerosis, gagal jantung, kolesterol tinggi, angina pectoris dan tekanan darah tinggi. Telah banyak riset yang menunjukkan bahwa penggunaan vitamin C dapat melancarkan peredaran darah di tubuh.

Menyembuhkan katarak
Katarak adalah salah satu gangguan pada mata yang sering terjadi. Penurunan kadar vitamin C pada lensa mata manusia, hampir pasti diikuti oleh adanya bibit katarak. Dengan asupan vitamin C yang rutin, suplai darah ke mata akan semakin lancar dan menurunkan resiko katarak.

Mencegah kanker
Banyak riset telah membuktikan bahwa mengkonsumsi sayur dan buah-buahan segar dapat menurunkan resiko terkena penyankit kanker termasuk kanker mulut, pita suara, tenggorokan, perut dan esophagus.

Mencegah penyakit jantung
Asupan vitamin C yang cukup sangat penting dalam mempertahankan pembuluh darah dari radikal bebas yang dapat mengganggunya. Radikal bebas tersebut dapat menyebabkan gangguan pada jantung yang disebut dengan atherosclerosis.

Meningkatkan imunitas tubuh

Vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh terhadap berbagai macam bakteri dan virus yang berbahaya.

Memperbaiki mood

Vitamin C memegang peranan penting dalam produksi neurotransmitters, norepinephrine yang mempengaruhi mood seseorang karena memiliki hubungan erat dengan sistem kerja otak.

**********

Demikianlah kandungan dan manfaat vitamin C untuk kesehatan kita. Semoga bermanfaat.

Salam sehat!