Manfaat Daun Kemangi untuk Wajah dan Rambut

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Basil atau yang dikenal dengan nama daun kemangi telah lama digunakan sebagai salah satu bahan alami untuk rejimen kecantikan wanita India sejak jaman dahulu. Daun kemangi tidak hanya memiliki aroma segar, tetapi juga bisa mengatasi beberapa masalah kulit lainnya yang berhubungan dengan kecantikan dan kesehatan wajah.

Daun kemangi kaya akan antioksidan dan nutrisi, yang menjadikannya sebagai salah satu bahan alami yang memberikan banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat dari daun kemangi yang perlu untuk Anda ketahui.

Manfaat Daun Kemangi Kulit Wajah

1. Bye, bye Komedo

Mengkonsumsi daun kemangi membantu membuat kulit tampak lebih bersih dan cerah. Selain itu dapat memurnikan darah dan menghilangkan racun dalam tubuh sehingga membantu proses penyembuhan saat Anda sedang mengalami masalah kulit.

Campurkan daun kemangi yang sudah hancur dengan neem, kunyit, bubuk cendana, dan jus lemon untuk membuat masker wajah. Oleskan pada wajah Anda setiap hari dan bersihkan setelah 10 menit.

Untuk menghilangkan masalah komedo, Anda bisa mengoleskan selembar daun kemangi yang sudah dihancurkan pada hidung dan biarkan selama 5 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

2. Obat Alami untuk Infeksi Kulit

Daun kemangi memiliki sifat anti-jamur, antibakteri, antibiotik, dan menjadi obat alami yang efektif untuk berbagai masalah infeksi kulit termasuk kurap dan vitiligo.

3. Kulit Lebih Bercahaya

Kocok putih telur, kemudian tambahkan jus daun kemangi segar dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Sementara daun kemangi membersihkan infeksi, putih telur mengencangkan pori-pori, sehingga membuat kulit lebih bercahaya.

4. Mengobati Rasa Gatal Akibat Gigitan Serangga

Rasa gatal setelah gigitan serangga bisa diredakan dengan menggunakan daun kemangi. Oleskan daun kemangi yang masih segar dan sudah dalam keadaan yang hancur pada bagian tubuh yang gatal. Diamkan beberapa menit, dan rasa gatal akan menghilang.

5. Anti Aging

Mengencangkan kulit dan menangkal tanda-tanda penuaan dini dengan bisa diwujudkan dengan menggunakan daun kemangi. Campur bubuk kemangi dengan madu dan beberapa tetes susu dan minyak kelapa untuk kemudian dibuat dalam bentuk masker wajah.

Oleskan pada wajah Anda dan biarkan sampai campuran berubah menjadi kering. Cuci bersih dengan air dingin. Lakukan ini dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Manfaat Daun Kemangi untuk Rambut

Selain bermanfaat untuk kulit wajah, daun kemangi juga memberikan manfaat untuk perawatan rambut Anda.

1. Obat Alami untuk Ketombe

Menangkal dan mencegah masalah ketomber dan rambut rontok bisa dengan menggunakan minyak kemangi. Anda hanya perlu mencampur beberapa tetes minyak kemangi dengan minyak kelapa. Hangatkan campuran dan pijat dengan lembut ke kulit kepala Anda. Biarkan semalaman dan cuci dengan sampo berbahan ringan.

Manfaat yang akan Anda dapatkan antara lain meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan rasa gatal, dan membersihkan kotoran rambut dari akar dan kulit kepala. Anda bahkan dapat mencampurkannya dengan henna, daun kembang sepatu, dan menerapkannya untuk mengatasi masalah ketombe.

2. Obat Alami untuk Rambut Rontok

Campur proporsi yang sama dari amla dan bubuk kemangi. Campur seluruh badan dan biarkan semalam hingga menjadi pasta. Tambahkan sedikit minyak kelapa dan Anda bisa dapat menggunakannya untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Masker daun kemangi juga dapat digunakan untuk mencegah rambut beruban.

Selamat mencoba!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *