7 Tips Perawatan Kuku yang Aman dan Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bukan hanya kulit tubuh dan wajah yang penting untuk dirawat, bahkan kuku tangan dan kaki pun tidak kalah pentingnya untuk selalu di rawat,kuku yang tidak dirawat akan mudah patah dan tentunya kotor. Kuku yang kotor dapat menjadi salah satu tempat berkembangnya kuman dan bakteri yng dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, menyeramkan bukan.

Nah berikut ini kami akan berbagi tips untuk anda bagaimana cara merawat kuku yang baik dan benar tentunya dengan bahan alami sehingga aman sehingga anda tidak perlu khawatir akan efek sampingnya.

Perawatan kuku ini juga sangat cocok bagi anda yang sibuk atau malas ke salon hanya untuk sekedar perawatan pedicure-medicure saja, selamat menyimak.

1. Memotong Kuku

Rutinlah memotong kuku tangan dan kaki anda minimal seminggu sekali. Jika anda adalah seorang muslim ada baiknya jika anda memotong tiap hari jum’at sehingga bukan hanya kuku yang bersih yang akan anda peroleh tetapi pahala dari memotong kuku di hari jum’at pun akan anda dapatkan.

Potonglah kuku berbentuk segi empat di bagian sudut sisinya dan berbentuk agak bulat pada bagian atas, setelah selesai di potong kikirlah kuku anda dengan lembut dari sisi sudut ke bagian atas, jangan lakukan dengan gerakan berbeda arah karena dapat mengakibatkan kuku anda menjadi lebih rapuh.

Jangan memotong kutikula (kulit pingggir kuku) karena bagian ini berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi pada kuku.

2. Membersikan Kuku dengan Belimbing Wuluh

Jika anda ingin membersihkan kotoran di sela-sela kuku anda dengan cepat dan praktis maka and ada dapat menggunakan belimbing wuluh, selain itu belimbing wuluh juga dapat membuat kuku anda menjadi lebih kuat.

Caranya adalah ambillah belimbing wuluh secukupnya kemudian potong menjadi dua bagian lalu gosokkan pada kuku setelah bersih bilas dengan air.

3. Perawatan Kuku dengan Lidah Buaya

Jika anda ingin memiliki kuku yang cantik dan bening maka anda dapat memanfaatkan lidah buaya untuk memperindah kuku anda.

Caranya adalah bersihkan lidah buaya yang akan digunakan terlebih dahulu kemudian belah menjadi dua bagian sehingga gel pada lidah buaya dapat diperoleh. Oleskan gel tersebut pada kuku secara merata, lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Perawatan Kuku dengan Minyak Zaitun

Jika anda memiliki kuku yang lunak dan mudah patah atau rapuh, maka anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk merawatnya. Caranya adalah rendamlah kuku ada dalam minyak zaitun yang telah dihangatkan selama kurang lebih 15 menit.

Selain sebagai perawatan kuku yang mudah patah, ternyata merawat kuku dengan minyak zaitun juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban kuku dan menjadikan kuku lebih mengkilat. Lakukan minimal seminggu sekali secara teratur untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Perawatan Kuku dengan Jeruk Nipis

Apakah anda memiliki kuku yang kuning? Jika iya maka anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk menjadikan warna kuku anda menjadi lebih putih.

Caranya adalah campurkan satu sendok perasan jeruk nipis dengan pasta gigi secukupnya, gunakanlah pasta gigi yang berfungsi untuk memutihkan gigi. Setelah tercampur rata maka oleskan pada masing-kuku anda dan diamkan selama beberapa menit hingga menjadi kering.

Basuh kuku anda dengan menggunakan air hangat setelah pasta tersebut kering. Lakukan minimal sekali seminggu untuk mendapatkan warna kuku yang putih bersih.

6. Perawatan Kuku dengan Bawang Putih

Ternyata bawang putih bukan hanya dapat digunakan sebagai bumbu masak, tetapi dapat juga dimanfaatkan untuk menjadikan kuku lebih kuat dan tidak mudah patah.

Caranya adalah haluskan bawang putih dengan diparut kemudian oleskan pada kuku. Diamkan selama beberapa menit lalu bersihkan kuku dan dapat juga menggunakan sabun secukupnya jika tidak ingin bau bawang putih menyengat pada tangan anda.

7. Konsumsi Makanan yang Mengandung Kalsium

Kuku adalah termasuk tulang lunak pada tubuh kita, sehingga jika anda ingin memiliki kuku yang kuat dan tidak mudah patah maka sebaiknya  rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Makanan yang mengandung kalsium tidak hanya baik dikonsumsi untuk kepadatan tulang tetapi juga untuk memperkuat kuku seperti susu kalsium, keju, ikan pari, ikan sarden, kacang-kacangan dan biji-bijian , sayuran dan buah-buahan.

**

Demikianlah info mengenai tips perawatan kuku yang aman dan alami, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *