7 Tips Make Up Bagi Wajah Berjerawat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu cara para wanita untuk semakin mempercantik diri adalah dengan menggunakan make up. Bahkan make up bisa menyulap wajah seseorang yang tadinya biasa saja menjadi cantik mempesona.

Berbagai teknik make up tidak hanya bisa menambah pesona cantik seorang wanita namun juga bisa menutupi kekurangan-kekurangan yang ada pada bagian wajah sehingga menjadi tersamarkan. Salah satunya adalah untuk menyamarkan jerawat.

Jerawat memang bisa diobati, namun bagaimana kalau jerawat tiba-tiba muncul tapi kita mau menghadiri suatu acara? Memakai make up adalah solusinya. Bagaimana tips make up untuk wajah berjerawat?

Gunakan Primer

Gunakan primer atau make-up base sebagai langkah awal. Gunanya untuk menyamarkan kerutan dan menghaluskan sekaligus meratakan tekstur kulit. Selain itu primer juga membuat riasan lebih tahan lama.

Foundation

Mau mukamu berjerawat atau tidak berjerawat, foundation adalah bagian make up paling penting.  Gunakan foundation yang formulanya bebas lemak. Lebih baik yang teksturnya cair atau berbentuk gel.

Foundation jenis ini berfungsi meratakan warna kulit, menyamarkan noda dan jerawat tanpa terlalu menyumbat pori yang bisa menyebabkan jerawat makin meradang. Foundation diaplikasikan agar bedak bisa menempel dengan baik.

Untuk wajah berjerawat, berhati-hatilah dalam  mengaplikasikan foundation. Untuk bagian yang ditumbuhi jerawat tersebut, oleskan foundation dengan kuas secara lembut dan hati-hati agar jerawat tidak pecah.

Concealer

Concealer merupakan bagian yang paling berperan untuk menyamarkan jerawat. Usapkan concealer secara ringan ke bagian yang terkena jerawat. Jangan mengusapkannya dengan kuas karena takut nanti bisa menyebabkan jerawat pecah atau terinfeksi bakteri yang ada pada kuas.

Usapkan concealer langsung dengan menggunakan tangan. Kenapa dengan tangan? Selain terjamin kebersihannya (setelah tangan dibersihkan) panas alami yang ada pada tangan akan membuat concealer lebih lunak dan menyatu secara lebih dengan kulit.

Bedak tabur

Sebagian yang sudah kita  tahu, umumnya jerawat disebabkan oleh minyak berlebih pada wajah. Karena itu pakailah bedak tabur setelah menggunakan foundation, karena bedak tabur mempunyai sifat bisa menyerap keringat. Hindari pemakaian bedak padat karena jenis bedak ini mengandung minyak dan menutupi pori-pori yang bisa memperparah jerawat.

Pertajam make up pada mata atau bibir

Meskipun concealer bisa menutupi jerawat kita, tapi bukan berarti jerawat otomatis bisa hilang kan? Concealer hanya berfungsi untuk menyamarkan Jerawat. Bahkah terkadang jerawat masih terlihat sekilas.

Agar perhatian orang tidak tertuju pada pipi kita yang berjerawat. Pertajam atau fokuskan  make up pada bagian mata dan bibir. Hal ini akan membuat orang-orang fokus pada riasan mata atau bibir kita sehingga tidak akan menyadari keberadaan jerawat kita.

Blush on & bronzer

Para wanita suka sekali memakai blush on dan bronzer agar kuit terlihat lebih segar dan glowy. Namun jika wajahmu berjerawat. Penggunaan blush on dan bronzer atau sejenisnya bisa menyumbat pori. Jadi tahan dulu untuk tidak memakai blush on dan bronzer.

Kosmetik matte

Make-up dengan efek matte paling ideal untuk kulit berjerawat. Gunakan foundation, concealer dan bedak dengan hasil akhir yang tidak mengkilap karena akan membantu membuat tonjolan jerawat tidak terlalu nampak. Sebaliknya, make up wajah yang memberi efek glossy justru akan membuat jerawat makin jelas terlihat.

**

Nah, tidak usah terlalu tidak percaya diri, dengan polesan sedikit make up kamu masih bisa kok tampil cantik meski jerawat belum sembuh total.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *