8 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Kesehatan organ reproduksi merupakan aspek penting dari kehidupan setiap wanita. Jamur dan infeksi bakteri, infeksi saluran kemih (ISK), vaginitis, sariawan, atau masalah lainnya dapat membuat wanita mana pun terganggu.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan organ reproduksi termasuk hubungan seks, kondisi seperti penyakit radang panggul, endometriosis, masalah psikologis, dan perubahan hormonal dalam tubuh. Efek samping dari obat-obatan yang mengontrol kelahiran dan penggunaan produk kimia tertentu juga mempengaruhi kesehatan organ reproduksi Anda.

Organ reproduksi yang sehat memiliki tingkat pH alami asam dan banyak bakteri yang sehat untuk membantu menangkal infeksi. Kebersihan yang baik dan beberapa makanan dapat membantu menjaga organ reproduksi Anda sehat dan tingkat pH Anda seimbang.

1. Yogurt Yunani

Makan yogurt Yunani setiap hari sangat bagus untuk menjaga kesehatan organ kewanitaan. Yogurt ini berisi bakteri Lactobacillus aktif yang mencegah organisme penyebab penyakit melekat pada miss V dan menghasilkan bahan kimia seperti asam laktat yang menonaktifkan atau membunuh organisme penyebab infeksi lainnya. Hal ini juga membantu menjaga kadar pH yang sehat dalam tubuh.

Menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Archives of Gynecology and Obstetrics Journal, bantuan lactobacilli mampu menjaga kesehatan urogenital dan memainkan peran kunci dalam mencegah bakteri vaginosis, jamur vaginitis, ISK dan penyakit menular seksual.

Konsumsilah 1-2 cangkir yogurt probiotik setiap hari. Makanan probiotik yang baik lainnya yang dapat Anda masukkan dalam pola makan Anda adalah miso, kimchi, dan sauerkraut.

2. Lemon

Lemon juga mendukung kesehatan miss V melalui sifat asam yang membantu menjaga tingkat pH sehat. Antioksidan di dalamnya juga membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, lemon bekerja sebagai penguat kekebalan tubuh untuk membantu tubuh Anda mencegah dan melawan segala jenis infeksi.

Minum air lemon sekali atau dua kali sehari untuk membantu mengembalikan keseimbangan pH dalam tubuh Anda. Untuk membuat air lemon, campur setengah bagian sari lemon untuk segelas air hangat dan tambahkan madu mentah sedikit untuk rasa.

3. Jus Cranberry

Jus cranberry sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan organ kewanitaan Anda. Ini membantu menyeimbangkan tingkat pH pada miss V dan zat asam yang membantu melawan bakteri yang menyebabkan gangguan, infeksi  dan masalah lainnya.

Minumlah segelas jus cranberry tanpa gula setiap hari. Anda yang suka rasa asam dapat langsung makan segenggam cranberry setiap hari.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung sifat antimikroba dan antijamur yang membantu mencegah masalah pada organ kewanitaan, seperti gatal, lembab, bau, keputihan dan bahkan ISK. Hal ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh Anda siap untuk melawan infeksi.

Makanlah 2 sampai 3 siung bawang putih mentah setiap hari. Anda juga dapat menambahkan bawang putih untuk hidangan Anda.

5. Edamame

Phytoestrogen dalam produk kedelai sangat penting untuk mencegah gatal dan masalah lainnya pada organ kewanitaan. Edamame juga mengandung omega-3, protein dan beberapa vitamin dan mineral yang membantu tubuh Anda mengatasi masalah pramenstruasi serta gejala menopause.

Konsumsilah sekitar ½ cangkir edamame setiap hari. Produk kedelai lain yang dapat Anda masukkan dalam menu makan Anda adalah kedelai, susu kedelai, tahu dan sebagainya.

6. Alpukat

Alpukat adalah makanan lain yang menjaga kesehatan organ kewanitaan. Lemak sehat dalam alpukat menjaga dinding miss V tetap sehat dan tetap lembab alami. Ini membantu mencegah kekeringan miss V serta gatal dan rasa terbakar.

Selain itu, vitamin B6 dan kandungan kalium juga sangat baik untuk kesehatan organ kewanitaan Anda. Pastikan untuk makan ¼ buah alpukat setiap hari sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya.

7. Biji Labu

Biji labu merupakan sumber zinc yang membantu mengatur siklus menstruasi dan bahkan gejala memerangi masalah yang umum terjadi pada miss V, seperti gatal dan bau tidak sedap.

Selain itu, biji labu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan kandung kemih. Anda dapat menikmati biji labu sebagai camilan sehat atau menambahkannya untuk tumis sayuran, salad, sup dan smoothie.

8. Ubi Jalar

Anda juga bisa memasukkan ubi jalar dalam menu makan Anda untuk menjaga dinding miss V dan rahim tetap sehat. Ketika diserap oleh tubuh, beta-karoten dalam ubi jalar diubah menjadi vitamin A dan antioksidan kuat.

Antioksidan ini melindungi tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas dan memungkinkan sel-sel dari saluran reproduksi berfungsi dengan baik untuk menjaga dinding organ kewanitaan yang sehat dan lembab. Disarankan untuk makan sekitar 1 cangkir ubi jalar setiap hari.

(foto : (c) shutterstock)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *