5 Perawatan Alami Untuk Rambut Keriting

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rambut keriting adalah salah satu masalah umum bagi wanita modern. Pasalnya, sebagian besar orang selalu mengaitkan kecantikan dengan rambut lurus yang hitam berkilau. Sehingga tak jarang orang melakukan berbagai cara untuk meluruskan rambut keriting.

Ya, memang tidak dapat dipungkiri bahwa perawatan untuk rambut keriting lebih sulit daripada rambut lurus. Sejumlah produk perawatan rambut di pasaran mengklaim dapat mengontrol kondisi dan melembutkan jenis rambut keriting. Namun dalam jangka waktu panjang, penggunaan produk berbahan kimia tersebut dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kita beralih ke perawatan alami. Perawatan alami untuk rambut keriting sangat mudah dilakukan dan tidak mempunyai efek samping. Selain itu, bahan-bahan alami juga berkhasiat melembutkan dan membuat rambut keriting lebih mudah diatur.

Berikut tips perawatan alami untuk rambut keriting yang bisa anda terapkan di rumah :

Pisang dan madu

Pisang dan madu adalah perpaduan yang tepat untuk melembutkan, memperbaiki kerusakan rambut, dan mengatasi rambut bercabang.

Cara pemakaiannya, campurkan 1 buah pisang dengan 2 sdm madu. Aduk campuran hingga merata, lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 1 jam agar ramuan dapat menyerap ke dalam lapisan rambut. Setelah 1 jam, bilas rambut dengan air dingin dan sampo. Anda dapat melakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu.

Telur dan minyak lavender

Telur berkhasiat untuk mengembalikan kesehatan helai rambut, sedangkan minyak lavender akan meresap ke dalam lapisan kulit kepala untuk memperbaiki kerusakan rambut.

Cara pemakaiannya, campurkan 1 buah telur dengan 10 tetes minyak lavender. Aduk hingga mengental, lalu oleskan pada rambut secara merata. Agar ramuan dapat bekerja optimal, diamkan selama 1 jam. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin dan sampo. Anda dapat melakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Alpukat dan madu

Alpukat dan madu dapat memberikan efek melembabkan, sehingga rambut keriting dapat dengan mudah diatur.

Cara pemakaiannya, siapkan 2 buah alpukat. Pisahkan bijiinya, kemudian haluskan alpukat dengan blender. Campurkan jus alpukat dengan 1 sdm madu. Aduk campuran hingga merata, lalu oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata.

Diamkan selama 1 jam agar ramuan dapat menyerap ke dalam lapisan rambut. Setelah 1 jam, bilas rambut dengan air dingin dan sampo. Anda dapat melakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu.

Santan dan minyak zaitun

Santan kelapa yang segar dapat membantu memperbaiki kondisi rambut yang kusam, kering, dan rusak. Sedangkan minyak zaitun berperan sebagai kondisioner yang efektif meningkatkan kesehatan rambut.

Cara pemakaiannya, campurkan setengan gelas santan kelapa segar dengan 1 sdm minyak aitun. Oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama 1 jam agar ramuan dapat menyerap ke dalam lapisan rambut. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin dan sampo. Anda dapat melakukan perawatan ini 3 kali dalam seminggu.

Yogurt dan pepaya

Perpaduan antara yogurt dan pepaya dapat membantu mengembalikan kesehatan tiap helai rambut. Untuk jenis yogurt yang digunakan sebagai kondisioner, pilihlah jenis yogurt tanpa rasa.

Cara pemakaiannya, campurkan 2 sdm yogutr dengan 4 potong pepaya sedang yang sudah dihaluskan. Aduk hingga membentuk pasta. Kemudian, oleskan pada ramut secara merata. Diamkan selama 1 jam agar ramuan dapat menyerap ke dalam lapisan rambut. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin dan sampo. Anda dapat melakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

**

Demikianlah 5 bahan alami untuk perawatan rambut keriting. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(Photo: healthfitnessninja.com)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *