Cream Pemutih Wajah Yashodara

Cara Mengatasi Kulit Pecah-Pecah

Cara Mengatasi Kulit Pecah-PecahJangan abaikan kulit pecah-pecah sebab kulit yang pecah dapat memudahkan berbagai jenis kuman masuk dalam tubuh kita.

Apa yang terjadi selanjutnya tentu pertahanan tubuh akan berkurang dan kita dengan mudahnya terkena penyakit. Bagian tubuh yang paling sering mengalami pecah-pecah adalah telapak kaki dan bibir.

Salah satu penyebab telapak kaki pecah-pecah adalah jamur yang muncul akibat kaki tertutup seharian.

Penyebab lain adalah faktor keturunan atau genetika. Selain itu cara berjalan dan berdiri terlalu lama pada lantai yang keras juga bisa membuat telapak dan tumit kaki mudah pecah-pecah dan menebal.

Cara Mengatasi Kulit Pecah-Pecah

Kulit pecah-pecah bisa diobati dengan cara alami sebagai berikut:

  1. Rendam kaki ke dalam baskom berisi air dan satu sendok makan garam selama kurang lebih 30-45 menit. Lakukan hal ini pagi dan sore atau malam dan jangan memakai air rendaman yang telah dipakai sekali.
  2. Selain dengan garam, kita juga bisa mencoba dengan merendam kaki dengan campuran air hangat dan sabun cair selama 5-15 menit. Setelah kaki dirasa telah cukup lunak, ambil batu apung (yang tidak terlalu kasar) atau sikat khusus kaki dan gosokkan dengan lembut dengan gerakan memutar sekitar 5 menit tiap kaki. Setelah itu jangan lupa oleskan lotion atau minyak essensial sambil dipijat-pijat jika kaki telah kering. Lakukan perawatan ini sekali seminggu.

Adalah penting menjaga kelembaban kulit terutama pada daerah yang mudah pecah-pecah misalnya pada tumit kaki. Bila sesudah mandi segera keringkan dengan handuk kecil.

Di samping itu perbanyaklah mengkonsumsi vitamin riboflavin (B2) dan Niacin (vitamin B3) seperti dengan mengkonsumsi sayur, protein dan buah-buahan.

Jika bibir pecah-pecah jangan berusaha melembabkannya dengan menjilatnya. Hal itu justru akan membuat bibir lebih kering dari sebelumnya sebab itu akan menghilangkan minyak pelindung alami bibir. Cukup perbanyak minum air putih dan hindari makanan pedas dan terlalu asin.

Cara mengobati bibir yang pecah-pecah secara alami adalah dengan mengkonsumsi madu atau mengoleskannya pada bibir sebelum tidur di malam hari. Selain madu, beberapa tetes minyak kelapa pada bibir dapat menjaga kelembaban bibir sekaligus membuatnya lembut.

Nah, semoga bermanfaat!