Cara Meremajakan Kulit Dengan Ramuan Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Baik laki-laki atau perempuan, tua atau muda, semua orang ingin memiliki kulit bersinar dan halus seperti saat masih muda. Dengan bertambahnya usia, kulit kehilangan elastisitas dan kekenyalan aslinya. Perubahan warna, garis-garis halus, bintik-bintik usia, kulit kendor dan keriput mulai muncul, membuat kulit Anda tampak kusam dan tak bernyawa.

Ada banyak penyebab lain dari kualitas kulit yang buruk, seperti polusi, rutinitas perawatan kulit yang tidak benar, paparan ultraviolet yang berbahaya, diet yang tidak sehat, dehidrasi, stres, merokok, minum alkohol terlalu banyak dan tidur yang tidak memadai. Selain itu, masalah kesehatan dapat berpengaruh pada kesehatan dan kualitas kulit Anda.

Namun demikian, dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana dan pengobatan alami, Anda dapat merevitalisasi dan meremajakan kulit Anda agar terlihat lebih muda. Bahkan, langkah-langkah ini dapat dengan mudah membantu menjaga kulit Anda tetap muda dan cantik lebih lama dari yang Anda harapkan.

1. Lemon

Jus lemon membantu meremajakan kulit dengan mengurangi bintik-bintik usia dan tanda-tanda penuaan. Vitamin C dalam lemon adalah antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, sifat pemutihan membantu meningkatkan warna kulit Anda secara keseluruhan.

  • Tuangkan beberapa tetes madu pada jus dari 1/2 buah lemon. Gosok dengan lembut pada wajah Anda. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas wajah Anda. Lakukan dua kali seminggu.
  • Atau, peras jus dari 1 buah jeruk nipis dan menerapkannya pada kulit. Biarkan selama sekitar 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Gunakan obat ini sekali sehari.
  • Pilihan lain adalah campur 1 sendok teh jus lemon dan putih telur, bersama dengan ½ sendok teh krim susu. Oleskan pasta ini pada wajah Anda. Tunggu 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Ulangi sekali atau dua kali seminggu.

2. Mentimun

Kandungan air yang tinggi dalam mentimun sangat bergizi dan melembabkan untuk kulit Anda. Zat di dalamnya menenangkan terutama untuk kulit berjerawat dan kulit terbakar matahari dan membantu meremajakan kulit Anda. Selain itu, antioksidan di mentimun membantu menjaga kulit yang cerah, bercahaya dan tampak lebih muda.

  • Campur 2 sendok teh parutan mentimun dan ½ cangkir yogurt untuk membuat masker wajah. Terapkan ini pada wajah dan leher. Setelah 20 menit, bilas dengan air hangat. Gunakan ini dua kali seminggu.
  • Atau, campurkan jumlah yang sama dari parutan mentimun dan semangka halus. Tambahkan beberapa tetes jus lemon, kemudian terapkan pada wajah Anda. Biarkan hingga kering, kemudian cuci dengan air hangat. Gunakan beberapa kali seminggu.

3. Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin A, C dan E, dan memiliki sifat antioksidan yang membantu dalam meremajakan kulit. Pepaya membantu menjaga kulit tetap halus, lembut dan lembab. Selain itu, alpha hydroxy acids dalam pepaya membantu mengelupaskan kulit mati. Hal ini juga bermanfaat dalam mengobati jerawat, noda, bintik-bintik gelap dan masalah serupa lainnya.

  • Campur 2 sendok makan pure pepaya matang, 1 sendok makan madu dan ½ sendok teh jus lemon segar. Terapkan ini pada wajah Anda. Setelah 15 menit, cuci dengan air hangat. Gunakan masker wajah ini seminggu sekali.

4. Pisang

Pisang sangat baik untuk meremajakan kulit Anda, terutama kulit kering, karena sifat pelembabnya. Hal ini juga membantu memerangi keriput, garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan.

  • Hancurkan 1 buah pisang matang. Tambahkan 2 sendok makan krim susu, 1 sendok makan madu organik dan tepung gandum, dan sedikit air untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada wajah Anda, biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

5. Yogurt

Yogurt sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Kehadiran asam laktat dalam yogurt bekerja seperti pembersih alami dan pelembab.

  • Siapkan campuran 2 sendok teh yogurt tawar dan ½ sendok teh bubuk kunyit dan tepung gram. Oleskan pasta ini pada wajah dan leher. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan sekali atau dua kali seminggu.
  • Pilihan lain adalah dengan hanya mencampur 2 sendok teh madu organik dengan 2 sendok makan yogurt tawar. Oleskan ke wajah Anda, tunggu 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Gunakan beberapa kali seminggu.

6. Kulit Jeruk

Kulit jeruk kaya vitamin C, asam sitrat dan antioksidan lainnya yang membantu mengurangi noda dan menjaga kesehatan kulit dan tampak lebih muda, membantu membersihkan, mengelupaskan sel kulit mati dan mengencangkan kulit.

  • Keringkan kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari. Giling menjadi bubuk halus. Campurkan 1 sendok teh kulit jeruk bubuk, 2 sendok teh tepung gram dan air yang cukup untuk membuat pasta. Oleskan pasta pada tangan, leher dan wajah. Tunggu 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan masker wajah ini sekali atau dua kali seminggu.

7. Alpukat

Alpukat juga membantu dalam meremajakan kulit kusam. Alpukat bekerja sebagai pelembab kulit alami dan membantu mengobati kulit kering, bintik-bintik penuaan, bekas luka dan kerusakan akibat matahari. Selain itu, asam lemak omega-3 dalam alpukat membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit Anda.

  • Campurkan 1 sendok makan alpukat halus dan madu dengan 3 sendok makan krim segar dalam blender untuk membuat pasta. Oleskan pada kulit Anda dan biarkan selama setidaknya 30 menit. Bilas dengan air hangat. Gunakan beberapa kali seminggu.
  • Anda juga dapat menggunakan minyak alpukat untuk memijat tubuh Anda sebelum mandi. Ini adalah cara mudah untuk menjaga kulit Anda lembab dan bercahaya.

8. Teh Hijau

Masker teh hijau juga bagus untuk peremajaan kulit. Teh hijau kaya akan antioksidan yang menjaga kulit sehat dan membantu melawan penuaan. Hal ini juga bertindak sebagai pelindung UV alami, sehingga mencegah kerusakan akibat matahari.

  • Tambahkan ½ sendok teh jus lemon dan bubuk kunyit sedikit dengan 2 sendok makan teh hijau yang diseduh dan didinginkan. Oleskan pada wajah dan leher dan biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum membilasnya.
  • Pilihan lain adalah dengan mencampur 2 sendok teh madu organik dengan 2 sendok makan teh hijau yang diseduh dan didinginkan. Oleskan pada kulit Anda, biarkan hingga kering selama 15 menit dan kemudian bilas.

9. Tomat

Obat lain yang efektif untuk peremajaan kulit adalah tomat. Ini adalah sumber yang sangat baik dari antioksidan lycopene yang merupakan anti-penuaan yang membantu melindungi kulit dari sinar UV matahari yang berbahaya. Selain itu, vitamin C dalam tomat membantu produksi kolagen dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Campur 3 sendok makan jus tomat, 1 sendok makan jus lemon dan 2 sendok makan krim susu untuk membuat pasta halus. Oleskan pasta ini pada kulit Anda, biarkan selama 15 menit, lalu cuci dengan air dingin. Gunakan dua kali seminggu.
  • Anda juga dapat menggunakan puree tomat segar untuk mengobati jerawat dan noda, biarkan selama setidaknya 20 menit, kemudian bilas.

10. Oatmeal

Oatmeal bekerja sebagai pembersih kulit alami. Ini membantu menghilangkan kelebihan minyak dan kotoran yang memicu masalah kulit. Selain itu, oatmeal melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari.

  • Campur 1 sendok makan oatmeal, ½ sendok teh madu dan 1 sendok teh air untuk membuat pasta. Dengan lembut gosokkan ke kulit Anda dalam gerakan melingkar. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas. Gunakan seminggu sekali untuk mengelupaskan kulit mati Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *