10 Manfaat Kecantikan dari Buah Stroberi

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Stroberi adalah satu-satunya buah dengan biji di luar. Ada sekitar 600 varietas stroberi yang berbeda dalam rasa, ukuran dan tekstur. Anda dapat menikmati stroberi segar, menambahkannya ke salad atau menggunakannya untuk membuat jus buah, kue, es krim, smoothies, milkshake dan cokelat.

Buah ini dikemas dengan nutrisi dan mineral yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan. Stroberi kaya akan nutrisi penting, seperti vitamin C, A dan K, kalsium, magnesium, asam folat, fosfor, kalium, folat dan serat makanan.

Selain itu, stroberi mengandung antioksidan kuat dan sifat anti-inflamasi dan mereka kaya akan flavonoid dan asam salisilat, yang memberikan banyak manfaat kecantikan dan perawatan kulit yang sehat.

1. Memperlambat Penuaan

Vitamin C dan antioksidan lainnya hadir dalam stroberi menunda proses penuaan. Buah ini membantu mencegah kerusakan pada kulit dan tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat mempercepat penuaan.

Selain itu, likopen dalam stroberi membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit. Selain makan stroberi, Anda dapat menggunakannya untuk membuat masker wajah untuk mendapatkan manfaat anti-penuaan.

Campur ½ cangkir stroberi tumbuk, 1 sendok teh madu dan 2 sendok teh krim susu. Campur bahan secara menyeluruh. Oleskan pasta ini seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 20 sampai 25 menit, lalu cuci dengan air dingin dan keringkan. Gunakan seminggu sekali.

2. Meningkatkan Kecerahan Kulit

Stroberi juga dapat membantu mencerahkan kulit kusam dan memperbaiki kulit karena memiliki sifat pencerah kulit serta asam ellagic yang membantu mengurangi bintik-bintik kulit dan meringankan bekas luka. Antioksidan dalam stroberi juga sangat berguna dalam melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya (UV) dari sinar matahari.

Potong stroberi dan gosok di wajah, leher, tangan dan kulit lainnya. Memungkinkan jus untuk tetap pada kulit Anda selama sekitar 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi setiap hari untuk mendapatkan kulit bersinar.

3. Mencerahkan Bibir Gelap

Stroberi mengandung mineral penting dan vitamin yang dapat membantu mencerahkan bibir gelap. Ditambah, stroberi membantu pengelupasan sel-sel kulit mati yang cenderung membuat bibir Anda tampak gelap dan kusam. Selain itu, sifat melembabkannya membantu menghidupkan warna bibir Anda.

Haluskan 1 buah strawberry dan dengan lembut gosok di bibir Anda selama beberapa menit. Biarkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini beberapa kali seminggu.

Pilihan lain adalah campur 1 sendok makan jus strawberry dan 2 sendok makan petroleum jelly. Simpan campuran di kulkas dan ggunakan sebagai lip balm 2 atau 3 kali sehari.

4. Mengobati Jerawat

Stroberi adalah salah satu bahan terbaik untuk kulit berjerawat. Sifat asam dari stroberi membantu menghilangkan kelebihan sebum, salah satu penyebab utama jerawat.

Selain itu, stroberi mengandung serat yang membantu membuang racun berbahaya dari tubuh. Racun adalah faktor yang dikenal sebagai penyebab jerawat.

Haluskan 5-6 buah stroberi matang. Campurkan 1 sendok makan krim asam atau yogurt tanpa gula rendah lemak untuk membuat pasta halus. Oleskan ke wajah Anda. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Gunakan dua kali seminggu untuk mengatasi jerawat.

5. Membuat Gigi Lebih Putih

Stroberi menyediakan cara alami untuk memutihkan gigi Anda. Kandungan vitamin C stroberi membantu dalam pemecahan plak yang menyebabkan gigi Anda kuning. Selain itu, asam malat membantu mengubah gigi kuning menjadi putih.

Giling 1-2 buah stroberi menjadi pasta. Gosokkan pada gigi Anda selama beberapa menit dan kemudian bilas mulut Anda dengan air hangat. Lakukan ini dua kali sehari selama beberapa minggu.

Pilihan lain adalah dengan hanya menggosok setengah buah stroberi bolak-balik pada seluruh gigi Anda, tunggu 1 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Terapkan obat herbal sederhana ini dua kali sehari selama sekitar beberapa minggu.

6. Mengelupas Kulit Mati

Stroberi juga bekerja sebagai exfoliant alami untuk kulit Anda. Vitamin C dan asam salisilat membantu mengangkat sel kulit mati, sebum berlebih dan kotoran lainnya dari kulit. Selain itu, stroberi membantu memperbaiki dan memelihara kulit.

Cukup hancurkan beberapa buah stroberi matang menjadi pasta. Campurkan 1 sendok teh gula dan minyak zaitun. Pijat lembut pasta ke tubuh Anda menggunakan gerakan melingkar. Tunggu 15 menit sebelum mandi. Lakukan sekali atau dua kali seminggu.

7. Merawat Kulit Kendur

Stroberi memiliki sifat astringent yang membantu mengobati kulit kendur. Selain itu, stroberi kaya akan vitamin C, antioksidan yang meningkatkan produksi serat kolagen. Hal ini membantu menjaga kulit halus.

Campur 2 sampai 3 buah stroberi matang dengan 2 sendok teh yogurt tawar dan madu. Oleskan pasta pada wajah dan leher. Biarkan selama 5 sampai 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari selama beberapa minggu.

8. Memudarkan Flek

Stroberi dapat membantu memudar bintik-bintik dan noda secara alami karena kandungan vitamin C. Selain itu, buah ini membantu melawan radikal bebas, menyehatkan kulit dan tetap terhidrasi. Selain itu, stroberi memiliki sifat pemutihan.

Hancurkan 2 buah stroberi matang berukuran besar menjadi pasta. Campur dalam ½ sendok makan madu. Oleskan pasta pada daerah flek. Biarkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi sekali sehari selama beberapa minggu.

9. Mengurangi Bengkak Mata

Stroberi mengandung senyawa alami yang bekerja sebagai anti-inflamasi untuk membantu menyingkirkan bengkak di bawah mata.

Dinginkan 1-2 stroberi besar di kulkas selama 20 sampai 30 menit. Potong menjadi irisan tebal. Letakkan irisan dingin di atas mata Anda. Tunggu 10 sampai 15 menit, lepaskan irisan dan cuci muka dengan air dingin. Ulangi sesuai kebutuhan.

10. Meningkatkan Pertumbuhan Kuku Sehat

Stroberi kaya biotin yang membantu membentuk kuku yang kuat. Biotin mendorong pertumbuhan kuku dengan meningkatkan keratin. Vitamin C dan asam folat dalam stroberi juga membantu dalam pertumbuhan kuku yang sehat.

Jika Anda memiliki kuku yang rapuh, masukkan stroberi lebih banyak dalam pola makan Anda. Makan segenggam stroberi matang sebagai camilan sehat. Anda juga dapat menambahkan stroberi untuk yoghurt, smoothie atau salad.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *