10 Perawatan Alami untuk Mengatasi Tangan Kasar

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Tangan Anda salah satu bagian tersibuk dari tubuh yang digunakan untuk mengerjakan beberapa tugas sepanjang hari. Banyak orang tidak melakukan perawatan yang tepat untuk tangan mereka dan akhirnya tangan menjadi kering dan kasar.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan tangan menjadi kering, seperti udara kering, cuaca dingin, kelembaban rendah, paparan sinar matahari, mencuci tangan yang berlebihan atau perendaman dalam air, paparan bahan kimia berbahaya, berenang di kolam diklorinasi dan penggunaan sabun.

Faktor-faktor lain seperti kondisi medis kulit, seperti psoriasis dan eksim, serta alergen dan obat-obatan tertentu juga dapat berkontribusi untuk tangan kering.

Anda dapat mencoba beberapa pengobatan sederhana untuk tangan lembut dan tampak lebih muda.

1. Minyak Zaitun

Antioksidan dan asam lemak sehat dalam minyak zaitun baik untuk tangan kering. Ini membuat kulit Anda lembut, kenyal dan lembab. Selain itu,minyak zaitun memiliki banyak manfaat kulit anti-penuaan.

  • Pijat tangan Anda dengan minyak zaitun hangat selama 5 sampai 10 menit dua kali sehari untuk mendapatkan tangan lembut dan halus.
  • Campur jumlah yang sama dari minyak zaitun dan gula pasir halus. Gosokkan scrub buatan sendiri ini di tangan Anda menggunakan gerakan melingkar selama beberapa menit. Tunggu 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat, keringkan dan oleskan pelembab ringan. Gunakan obat ini dua kali seminggu untuk melembutkan tangan Anda.

2. Oatmeal

Oatmeal adalah penyembuh lain untuk tangan kering dan kasar. Oatmeal bekerja sebagai pembersih alami dan bahan pengelupasan kulit mati yang tidak akan mengeringkan kulit Anda. Selain itu, kandungan proteinnya membantu mencegah kulit kehilangan air dan menjaga kulit lembap.

  • Siapkan campuran 2 sendok makan oatmeal, ½ sampai 1 sendok teh madu dan sedikit air untuk membuat pasta. Anda juga dapat menambahkan sedikit air jeruk segar. Gosokkan campuran ini di tangan Anda. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

3. Minyak Kelapa

Kombinasi unik dari asam lemak dalam minyak kelapa sangat baik untuk kulit kering, termasuk tangan kasar Anda. Selain itu, minyak kelapa dapat mengobati kulit yang rusak akibat paparan ultraviolet matahari yang berbahaya (UV).

  • Oleskan minyak kelapa hangat di tangan Anda. Pijat selama sekitar 5 menit dengan menggunakan gerakan melingkar sebelum tidur. Pakailah sarung tangan semalam untuk hasil terbaik. Ulangi obat sederhana ini setiap hari.

Anda juga dapat menggunakan alpukat, biji anggur, jojoba atau minyak almond untuk memijat tangan Anda.

4. Susu Krim

Kandungan lemak yang tinggi dari susu krim bekerja sebagai pelembab alami untuk tangan kering dan kasar. Selain itu, asam laktat di dalamnya membantu pengelupasan kulit kering dan menjaga tingkat pH kulit.

  • Gosokkan beberapa tetes susu krim di tangan Anda. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas tangan dengan air hangat. Anda dapat menggunakan obat ini setiap hari.
  • Atau, aduk 2 sendok teh susu krim dan 2 sendok makan tepung gram. Oleskan pasta ini di tangan Anda. Biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan ini 2 atau 3 kali seminggu.

5. Madu

Madu adalah pelembab alami yang memiliki antioksidan, antimikroba dan humektan. Ini membantu mengunci kelembaban untuk menjaga tangan Anda ekstra lembut dan halus. Selain itu, madu memiliki manfaat anti-penuaan untuk kulit Anda.

  • Gosokkan sedikit madu di seluruh tangan Anda dan biarkan selama sekitar 10 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi 1 atau 2 kali sehari untuk mendapatkan tangan lembut.
  • Atau, campurkan jumlah yang sama antara madu dan gliserin. Oleskan pada tangan Anda, tunggu 10 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari.
  • Pilihan lain adalah dengan menambahkan beberapa tetes jus lemon dan minyak zaitun untuk 2 sendok teh madu. Oleskan pada tangan Anda, biarkan hingga kering dan kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan beberapa kali seminggu.

6. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung sifat pelembab alami yang membantu mempertahankan kelembaban pada kulit kering dan kasar. Selain itu, membentuk lapisan pelindung pada kulit dan meningkatkan warna kulit.

  • Potong daun lidah buaya segar dan ambil zat seperti gel. Oleskan gel pada tangan Anda dan pijat dengan lembut selama beberapa menit. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan 1 atau 2 kali sehari.

7. Jus Lemon

Jus lemon merupakan pembersih kulit yang baik yang akan membantu melembutkan dan menghaluskan tangan Anda. Pada saat yang sama, itu akan meningkatkan warna kulit dan meringankan bintik-bintik kulit di tangan Anda.

  • Campur jumlah yang sama dari jus lemon, madu dan baking soda secara menyeluruh. Oleskan campuran tersebut di tangan Anda. Pijat selama sekitar satu menit, biarkan selama 5 menit dan kemudian cuci tangan Anda dalam air hangat. Ulangi sekali atau dua kali seminggu.
  • Anda juga dapat menambahkan jus dari 1 buah jeruk lemon dan madu untuk bak kecil berisi air hangat. Rendam tangan Anda di dalamnya selama sekitar 10 menit. Keringkan, lalu oleskan sedikit minyak vitamin E atau minyak zaitun untuk mempertahankan tingkat kelembaban kulit Anda. Gunakan beberapa kali seminggu.

8. Yogurt

Yogurt adalah zat pelembab alami yang dapat membantu memerangi tangan kering dan kasar. Selain itu, asam laktat dalam yogurt bekerja seperti pembersih alami dan zat pengelupasan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati.

  • Terapkan sesendok yoghurt tawar segar di tangan Anda dan dengan lembut pijat selama 5 menit. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari.
  • Atau, campurkan 2 sendok teh yogurt tawar dan tepung gram, untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini di tangan Anda dan biarkan hingga kering sendiri. Kemudian, bilas dengan air hangat. Gunakan 1 atau 2 kali seminggu.

9. Pisang

Pisang yang masak adalah obat untuk kulit kering dan kasar, karena sifat pelembabnya. Hal ini juga membantu mengobati keriput dan garis-garis halus pada kulit Anda.

  • Hancurkan 1 buah pisang masak menjadi pasta dan menerapkannya di tangan Anda. Biarkan selama sekitar 30 menit sebelum mencucinya dengan air hangat. Ikuti dengan penggunaan pelembab tangan.
  • Atau, tumbuk ½ buah pisang masak, tambahkan sedikit madu dan minyak zaitun, dan aduk rata. Oleskan pasta ini di tangan Anda. Biarkan selama 15 sampai 20 menit. Cuci dengan air hangat terlebih dahulu, kemudian dengan air dingin untuk mengunci kelembaban.

10. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin A, C dan E serta lemak tak jenuh tunggal yang membantu menyingkirkan kulit kering. Selain itu, alpukat membuat tangan Anda terlihat muda dengan mengurangi penampilan kulit kendur.

  • Campur bubur dari ½ buah alpukat matang dan 1 sendok makan madu. Oleskan pasta ini di tangan Anda. Biarkan selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Lakukan ini beberapa kali seminggu. 
  • Juga, gunakan minyak alpukat untuk memijat tangan Anda sekali sehari sebelum mandi.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *