Cream Pemutih Wajah Yashodara

6 Cara Mengembalikan Warna Kulit dari Sengatan Sinar Matahari

Cara Mengembalikan Warna Kulit dari Sengatan MatahariSiapa coba yang rela kulit indahnya jadi gelap, merah, kusam bahkan terkelupas dan terasa perih karena sengatan matahari? Pasti tak ada yang mau. Tak heran jika banyak sekali orang yang berusaha sebisa mungkin menghindari paparan sinar ultraviolet secara langsung.

Tentu saja tak bisa. Rutinitas kita sehari-hari tentu saja tak pernah luput dari sinar matahari. Menjemur pakaian, mengantar anak sekolah, pergi bekerja, berkebun di akhir pekan, liburan di pantai hingga bertualang di alam bebas contohnya. Karena itu, kulit yang terbakar matahari (sunburn) menjadi masalah umum yang sering kita alami.

Jika Anda sedang mengalami sunburn, tak perlu khawatir. Anda bisa mencoba mengatasinya dengan tips mengembalikan warna kulit dari sengatan matahari berikut ini.

1. Gunakan Aloe Vera

Aloe vera  atau yang lebih kita kenal dengan sebutan lidah buaya adalah salah satu jenis tumbuhan yang dapat menyejukkan jaringan kulit manusia. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa tumbuhan ini paling efektif dan ampuh mendinginkan kulit yang terbakar matahari.

Untuk yang suka perawatan alami, Anda bisa langsung mendinginkan lidah buaya di lemari pendingin. Setelah dingin, potong dan oleskan gelnya ke bagian kulit Anda yang terbakar matahari. Cara yang lebih praktis, Anda bisa memilih lotion atau gel pendingin yang mengandung aloe vera dari produk-produk kecantikan yang beredar di pasaran. Pastikan produk tersebut aman bagi kulit Anda dan tidak menimbulkan alergi.

2. Kompres menggunakan timun, kentang atau tomat

Selain aloe vera, ada beberapa bahan alami yang dipercaya bisa membantu mendinginkan kulit yang terbakar, antara lain timun, kentang ataupun tomat. Irislah timun atau tomat yang sudah terlebih dululu di dinginkan di lemari es dan letakkan pada kulit yang terbakar. Untuk kentang, Anda bisa menghaluskannya menggunakan blender kemudian baru dioleskan. Lakukan selama 20 hingga 30 menit kemudia bilas dengan air.

3. Olesi dengan madu

Anda juga dapat mengoleskan madu alami ( tanpa pewarna, tambahan aroma dan rasa), pada kulit yang mengalami peradangan akibat sunburn. Salah satu tanda kulit yang mengalami peradangan adalah kulit menjadi merah seperti kepiting rebus diiringi rasa nyeri. Hal itu menunjjukan sel-sel kulit meradang. Disinilah madu dibutuhkan karena madu berkhasiat menekan peradangan yang terjadi pada kulit.

4. Kompreslah dengan susu atau yoghurt

Para pakar dermatologi menyatakan bahwa lemak yang terkandung dalam susu dapat melembutkan kulit manusia yang telah kering akibat terbakar matahari. Cara perawatannya, Anda bisa merendam kain atau handuk pada susu cair yang telah di dinginkan di lemari es. Kemudian kompreslah di area kulit yang bermasalah. Lakukan selama 20 menit dan bila masalahnya cukup parah Anda bisa mengulanginya setiap 2 jam sekali.

Selain susu, Anda bisa juga mengoleskan yoghurt  alami (yang masih original) yang sudah didinginkan pada area kulit yang terbakar. Tunggu selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Selain membantu recovery kulit yang terbakar, susu dan yoghurt berguna untuk mencerahkan kulit..

5. Vitamin

Selain cara-cara recovery kulit yang terbakar matahari dari luar, ada baiknya tips mengembalikan warna kulit dari sengatan matahari ini dilengkapi dengan langkah-langkah penyelamatan dari dalam melalui asupan antioksidan. Setelah kulit terpapar langsung sinar UV, para pakar dermatologi menyarankan agar kita mengonsumsi beberapa suplemenberikut ini secara teratur setiap hari selama beberapa hari:  vitamin C 1000 mg, suplemen beta karotin 15 mg, suplemen vitamin E, ditambah dengan konsumsi minyak biji rami (flaxseed oil) sebanyak 2 sendok makan.

Antioksidan alami yang terkandung dalam vitamin dan bahan diatas akan mempercepat tubuh kita menghasilkan antioksidan. Yang akan melawan radikal bebas yang ada di ultraviolet. Anda disarankan pula mengkonsumsi berbagai sayuran hijau, wortel, kacang almon, dan alpukat.

6. Air Putih

Terakhir dan yang paling gampang dilakukan adalah jangan pernah lupa untuk minum air putih. Secara logis penelitian menjelaskan bahwa salah satu efek terbakar sinar matahari adalah dehidrasi. Sedangkan air merupakan komponen yang sangat dibutuhkan kulit untuk melembabkan sel sehingga pri-pori kulit dapat tertutup kembali. Jadi, sekali lagi, jangan lupa minum air putih ya.

*********

Selamat mencoba cara mengembalikan warna kulit dari sengatan matahari ini dan dapatkan kembali kulit cantik Anda.

Salam cantik!