11 Tips Murah dan Mudah Mengatasi Rambut Kering

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Apakah rambut Anda kering secara alami atau merupakan hasil dari kebiasaan yang merusak dan perawatan berlebihan? Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mulai menambahkan kembali kelembaban dan sinar alami rambut Anda.

Mengubah cara Anda mencuci dan gaya rambut Anda, menggunakan perawatan pengkondisian, dan mengadopsi kebiasaan gaya hidup sehat adalah cara-cara yang disatankan untuk memperbarui kondisi rambut agar lebih baik.

Berikut adalah ulasan tentang tips mengatasi rambut kering dengan mudah dan murah yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan kembali rambut sehat yang tebal dan berkilau. Simak ya.

1. Jangan mencuci rambut terlalu sering

Banyak orang membuat kesalahan dengan mencuci rambut mereka setiap hari. Perlakuan ini justru akan menghilangkan minyak sehat rambut yang melindunginya dari kekeringan. Padahal agar rambut tetap terlihat sehat dan segar, Anda hanya perlu mencucinya hanya sekali atau dua kali seminggu.

Jika Anda terbiasa untuk mencuci rambut Anda lebih sering, mungkin akan memakan waktu beberapa minggu bagi kulit kepala untuk menyesuaikan. Selama beberapa minggu pertama, kulit kepala mungkin akan terus menghasilkan banyak minyak.

2. Menggunakan lebih sedikit sampo

Pemakaian sampo yang terlalu banyak bisa berakibat sangat keras pada rambut dan akan menghilangkan minyak pelindung yang berfungsi menjaga rambut tetap lembut dan mengkilap.

Untuk menghindari menggunakan terlalu banyak sampo, basahi rambut sepenuhnya sebelum menerapkan sampo. Gosok sampo antara telapak tangan dan oleskan ke rambut mulai dari akar hingga ke ujung rambut.

3. Biarkan rambut kering secara alami

Menggunakan pengering rambut menyebabkan rambut menjadi kering, rapuh dan tidak bercahaya. Rambut akan semakin kusam jika Anda melakukannya terlalu sering. Meskipun Anda mungkin tergoda untuk mengeringkan rambut Anda dengan pengering rambut, cobalah untuk membiarkan rambut kering secara alami.

Ketika Anda menggunakan pengering rambut, gunakan setelan pengaturan panas yang rendah, hangat atau dingin, bukannya tinggi..

4. Jangan menggunakan teknik styling yang merusak

Singkirkan curling iron Anda dan alat lain yang Anda gunakan untuk menerapkan panas untuk rambut . Secara teratur menata rambut menggunakan alat pemanas menyebabkan ujung rambut mengalami kekeringan, kerusakan, dan pecah.

5. Tinggalkan teknik perawatan yang merusak

Pencelupan, pewarnaan, dan bahan kimia untuk meluruskan atau mengeriting rambut hanya akan mengeringkannya. Apabila rambut Anda telah rusak oleh perawatan rambut yang berlebihan, sulit untuk mengembalikannya ke keadaan sebelumnya.

Jika Anda menyukai mewarnai rambut, cobalah penggunaan henna. Henna adalah pewarna alternatif alami untuk pewarna kimia. Ini tidak akan mengeringkan atau merusak rambut Anda.

Jika Anda ingin meringankan rambut Anda, coba gunakan madu atau chamomile perawatan. Jangan gunakan jus lemon untuk meringankan rambut Anda, karena ini dapat mengeringkannya.

6.  Gunakan kondisioner setelah keramas

Rambut kering lebih rentan terhadap kerusakan. Setiap kali Anda keramas, Anda harus menerapkan kondisioner sebagai cara untuk melindungi batang rambut Anda dari kerusakan. Kondisioner juga memberikan rambut penampilan mengkilap dan lembut.

Carilah kondisioner yang dibuat untuk rambut kering atau rambut rusak. Kondisioner ini berisi sifat pelembab ekstra untuk membantu mengisi kelembaban alami rambut Anda.

7.  Cobalah masker rambut buatan sendiri

Sama seperti masker wajah yang dapat menjaga dan merawat kulit, masker rambut dapat menambahkan kilau  dan menjaga kelembaban pada rambut Anda.

Berikut adalah beberapa masker rambut bergizi untuk Anda coba yaitu dengan mencampur 1 butir telur kocok sebentar, 1 sendok makan madu, 1 sendok makan lidah buaya, dan 2 sendok makan yoghurt. Biarkan masker selama lima menit, kemudian keramasi rambut Anda seperti biasa.

7.  Lakukan perawatan deep conditioning

Ketika rambut Anda kering dan rapuh, kondisikan rambut dengan minyak. Minyak akan meresap ke dalam batang rambut dan mengembalikan kecemerlangan rambut.

Berikut adalah beberapa minyak alami Anda dapat coba:

  • Minyak kelapa
  • Minyak zaitun
  • Minyak jojoba
  • Minyak almond 

Pijat menggunakan 1 sampai 2 sendok makan minyak pilihan  ke rambut Anda. Kenakan topi mandi dan biarkan minyak di rambut  untuk setidaknya satu jam atau semalam. Keramasi rambut Anda seperti biasa dan bilas sampai rambut tidak berminyak saat disentuh.

8.  Gunakan produk rambut alami

Bahan kimia yang ditemukan di shampoo, conditioner dan produk rambut lainnya dapat merusak rambut. Untuk benar-benar memastikan bahwa Anda tidak menggunakan produk yang merugikan rambut Anda, pertimbangkan untuk membeli produk Anda dari toko alami.

Anda juga dapat menghemat uang dengan membuat produk rambut Anda sendiri. Cobalah membuat sampo, kondisioner, atau gel rambut di rumah. Hindari produk rambut yang mengandung sulfat, silikon, atau alkohol. Bahan-bahan ini bersifat keras pada rambut.

9.  Tetap terhidrasi

Jika tubuh dehidrasi, maka akan tercermin di rambut Anda. Minumlah banyak air untuk menjaga rambut Anda tampak sehat dan terhidrasi bersama dengan kulit Anda. Seperti aturan umumnya, minumlah air setiap kali Anda haus dan cukupkan hingga minimal 8 gelas setiap harinya.

10.  Makan makanan bergizi

Pola makan Anda memiliki pengaruh besar pada kesehatan rambut Anda. Jika Anda kekurangan vitamin atau nutrisi tertentu, rambut  akan menjadi salah satu tempat pertama yang mengalami dampaknya.

Pastikan pola makan Anda mencakup banyak hal sebagai berikut:

  • Protein, seperti daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan susu.
  • Omega 3, seperti yang ditemukan pada ikan salmon, sarden, biji rami dan kenari.
  • Vitamin B, yang ditemukan dalam daging dan produk hewani lainnya.

Jika Anda seorang vegetarian, pertimbangkan untuk melengkapi diet Anda dengan vitamin untuk memastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan.

11.  Melindungi rambut 

Matahari, bahan kimia kolam renang, dan polusi udara semua bisa berbahaya untuk rambut Anda. Melindungi rambut dari elemen-elemen lingkungan dapat membuat perbedaan besar ketika Anda ingin memulihkan rambut Anda untuk kesehatan.

Lakukan tindakan pencegahan berikut untuk melindungi rambut Anda:

  • Ketika Anda pergi keluar di bawah sinar matahari yang sangat kuat, pakailah topi.
  • Ketika Anda berenang di kolam renang, pakailah topi berenang.
  • Jika Anda tinggal di tempat dengan polusi udara yang tinggi, pakailah topi atau coba tata rambut dalam gaya yang melindungi, seperti kepang.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *