7 Perawatan untuk Siku Gelap Tanpa Bahan Kimia

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Warna kulit dapat menambah kecantikan Anda, namun jika siku terlihat gelap dapat mengurangi kecantikan tersebut. Ini adalah masalah umum yang membuat para wanita menjadi kurang percaya diri dan menghindari mengenakan gaun lengan pendek.

Kulit di sekitar siku dan lutut biasanya lebih tebal dan memiliki lebih banyak lipatan dari kulit sekitarnya. Karena tidak ada kelenjar minyak di wilayah ini, kulit ini cenderung lebih kering. Jadi, ketika perawatan yang Anda lakukan salah dan kebersihan tidak terjaga, kulit di sekitar siku menjadi lebih gelap daripada bagian lain dari tubuh Anda.

Penyebab lainnya misalnya menggosok terlalu sering, kulit kering, masalah genetis, dan obesitas. Beberapa faktor lain yang berkontribusi terhadap siku gelap adalah paparan terlalu lama dari matahari, ketidakseimbangan hormon, penumpukan kulit mati dan meningkatnya pigmen melanin.

Beberapa solusi alami dan teknik perawatan kulit sederhana dapat membantu memecahkan masalah ini. Ini dia ulasannya.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah obat yang baik untuk meringankan siku gelap. Minyak kelapa memiliki vitamin E yang dapat membantu meringankan warna kulit dan mencegah kekeringan dengan menjaga kulit terhidrasi dan lembab. Minyak kelapa bahkan bisa memperbaiki kulit gelap dan rusak.

  • Setiap setelah mandi, oleskan minyak kelapa pada siku dan pijat dengan lembut selama 1 sampai 2 menit. Lakukan kembali beberapa kali sehari untuk mencegah kekeringan pada siku.
  • Atau, siapkan campuran dari 1 sendok teh minyak kelapa dan ½ sendok teh jus lemon. Gosokkan pada siku gelap dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Lakukan ini sekali sehari.
  • Anda juga dapat menambahkan minyak kelapa secukupnya untuk 1 sendok makan bubuk kenari untuk membuat pasta. Gunakan untuk mengelupaskan bercak gelap di sekitar siku 2 atau 3 kali seminggu.

2. Lemon

Lemon memiliki sifat bleaching alami serta sifat exfoliating. Selain itu lemon memiliki jumlah tinggi vitamin C yang membantu menghilangkan sel-sel mati dan mencerahkan warna kulit. Hal ini juga dapat meregenerasi sel kulit yang sehat.

  • Oleskan jus lemon pada siku dan pijat dengan lembut selama beberapa menit. Biarkan selama sekitar 20 menit. Cuci dengan air hangat dan oleskan lotion pelembab.
  • Anda juga dapat mengekstrak jus dari 1 jeruk lemon dan mencampurnya dengan 1 sendok makan madu. Oleskan pada daerah siku yang gelap dan biarkan selama 20 menit. Cuci campuran dengan air. Setelah menerapkan jus lemon, hindari paparan sinar matahari selama 3 jam berikutnya.

3. Yogurt

Yogurt mengandung asam laktat yang membantu mencerahkan warna kulit. Hal ini juga membersihkan dan melembabkan kulit.

  • Campurkan 1 sendok teh yogurt tawar dan cuka putih untuk mendapatkan pasta halus. Oleskan pada daerah yang gelap dan biarkan kering. Bilas dengan air hangat, keringkan dan oleskan pelembab. Lakukan setiap hari selama beberapa minggu.
  • Atau, campurkan 2 sendok makan tepung gram dan 1 sendok makan yogurt tawar untuk membuat pasta. Oleskan pada siku yang gelap dan biarkan selama 20 menit. Kemudian, gosok dengan jari basah untuk menghapus pasta dan bilas dengan air. Lakukan ini 2 atau 3 kali seminggu.

4. Gula

Untuk meringankan nada gelap kulit pada siku, Anda juga dapat menggunakan scrub buatan sendiri dari gula. Butiran gula membantu pengelupasan sel-sel kulit mati dan melembutkan kulit.

  • Campur dengan jumlah yang sama dari gula dan minyak zaitun untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada siku dan gosokkan menggunakan gerakan melingkar selama 5 menit. Cuci dengan sabun lembut dan air hangat. Lakukan ini sekali sehari sekali hingga warna kulit di sekitar siku cerah.

5. Baking Soda

Baking soda bertindak sebagai pembersih yang lembut, karena itu baking soda sangat efektif untuk mengobati siku gelap. Hal ini dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan mengurangi hiperpigmentasi yang terbentuk sekitar siku.

  • Siapkan pasta dari 1 sendok makan susu dan baking soda. Oleskan pada daerah yang gelap dan gosokkan dalam gerakan melingkar selama 2 sampai 3 menit. Cuci dengan air hangat keringkan secara menyeluruh. Ulangi setiap hari sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

6. Aloe Vera

Lidah buaya adalah pencerah kulit alami yang juga akan menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembab. Hal ini dapat membantu menjaga warna kulit dan membantu perbaikan sel-sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

  • Ekstrak gel dengan membuka daun lidah buaya. Oleskan pada daerah yang gelap. Biarkan selama 20 menit, kemudian cuci dengan air hangat. Ulangi 1 atau 2 kali sehari selama beberapa minggu.

7. Kunyit

Kunyit memiliki sifat antiseptik dan susu bertindak sebagai pemutih. Madu melembabkan kulit kering dan juga memiliki sifat antiseptik. Sifat-sifat alami dari bahan-bahan tersebut akan membantu untuk menyingkirkan siku hitam.

  • Campur beberapa ruas kunyit dengan susu dan madu untuk membuat pasta halus Oleskan pada daerah gelap dan biarkan selama setidaknya 20 menit Basahi tangan dan gosok selama 2 menit dan kemudian cuci dengan air.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *