9 Bahan Alami Atasi Bau Tidak Sedap pada Daerah Kewanitaan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Bau tidak sedap pada daerah kewanitaan adalah masalah yang sangat umum terjadi pada kebanyakan wanita. Bau tidak sedap ini dapat disebabkan beberapa alasan, seperti pertumbuhan bakteri, infeksi jamur, kebersihan yang buruk, perubahan hormonal, dan penyakit menular seksual.

Jika masalah ini disebabkan oleh infeksi, mungkin ada gejala awal yang terjadi seperti kemerahan, gatal, rasa terbakar dan iritasi di daerah miss v. Bau amis yang muncul biasanya disebabkan oleh bakteri vaginosis. Ada banyak solusi alami untuk membantu mengobati bau tidak sedap pada organ intim ini, berikut ulasannya.

1. Cuka sari apel

Karena sifat antibakteri dan antiseptik, cuka sari apel dapat digunakan untuk melawan bau tidak sedap pada daerah kewanitaan. Bahkan melakukan mandi dengan cuka sari apel adalah salah satu cara paling sederhana untuk menyingkirkan bau tidak sedap. Ini akan membantu melawan racun dan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap. Ini juga akan membantu memulihkan kualitas asam flora pada miss v.

  • Campur dua cangkir cuka sari apel dalam air mandi yang hangat. Berendamlah di dalamnya selama sekitar 20 menit. Ikuti pengobatan ini beberapa kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang cepat.
  • Anda juga bisa minum segelas air yang dicampur dengan satu atau dua sendok makan cuka sari apel setiap hari.

2. Baking Soda

Baking soda adalah bahan lain yang dapat digunakan untuk menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh Anda. Ketika tingkat pH seimbang, masalah bau tidak sedap akan menghilang.

  • Tambahkan satu setengah cangkir baking soda ke air mandi Anda. Rendam tubuh Anda di dalamnya selama sekitar 20 menit. Keringkan secara menyeluruh dengan handuk bersih. Obat ini akan membantu melawan infeksi jamur dan dapat membantu menyingkirkan bau dengan cepat.

3. Yogurt

Bahan lain yang baik yang dapat digunakan untuk mengobati bau tidak sedap adalah yogurt. Yogurt kaya akan bakteri lactobacillus, yang membantu melawan infeksi candida (salah satu penyebab paling umum dari bau tidak sedap) dan mengembalikan tingkat pH menjadi normal. Setelah tingkat pH seimbang, bau tidak sedap akan hilang.

  • Makan dua cangkir yoghurt tawar tanpa gula setiap hari. Anda juga dapat mengambil suplemen probiotik lainnya.

4. Cuka putih

Cuka putih memiliki kekuatan untuk menetralisir bau tidak sedap. Membilas dengan cuka putih akan membantu menghilangkan bau tidak sedap pada daerah kewanitaan. Ini juga akan membantu mengembalikan kadar pH di dalam miss v.

  • Campurkan satu setengah cangkir cuka putih dan garam dalam air mandi hangat. Berendam di dalamnya selama beberapa menit. Ikuti pengobatan ini beberapa kali seminggu.

5. Tea Tree Oil

Tea tree oil mengandung zat antijamur yang kuat serta sifat antiseptik, dan dengan demikian dapat digunakan untuk menyingkirkan bau tidak sedap. Ini akan membantu menyingkirkan bakteri yang berkontribusi terhadap masalah pada daerah kewanitaan.

  • Tambahkan tiga tetes tea tree oil untuk secangkir air. Gunakan campuran ini untuk membilas daerah yang bermasalah setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu.

6. Bawang putih

Bawang putih adalah antibiotik alami yang dapat menangani infeksi pada organ intim serta bau tidak sedap. Sifat antijamur yang hadir dalam bawang putih akan membantu melawan infeksi jamur dan membantu tubuh Anda menyingkirkan bakteri jahat.

  • Makanlah bawang putih dalam bentuk mentah atau dimasak setiap hari. Anda bisa makan satu atau dua siung bawang putih mentah saat perut kosong dengan segelas air hangat. Anda juga dapat menambahkan beberapa siung bawang putih untuk hidangan Anda.

7. Fenugreek

Fenugreek sangat bermanfaat bagi wanita. Bila dikonsumsi secara teratur, dapat membantu menyeimbangkan hormon dan meningkatkan siklus menstruasi yang teratur.

  • Rendam satu atau dua sendok teh biji fenugreek dalam satu cangkir air sebelum tidur. Keesokan paginya, saring biji dan minum air pada waktu perut kosong.
  • Anda juga dapat menggunakan biji fenugreek untuk membuat teh herbal. Untuk mempersiapkan teh ini, rebus satu sendok teh biji fenugreek dalam secangkir air. Saring dan minum dua kali sehari.

Catatan: Fenugreek dapat menyebabkan diare dan iritasi kulit. Jika Anda mengalami efek ini, hentikan penggunaan obat ini.

8. Gooseberry India

Gooseberry India, juga dikenal sebagai amla, dapat digunakan untuk menyingkirkan bau yang tidak menyenangkan. Ini adalah jenis pembersih darah alami dan pembersih organik, karena itu dapat mengendalikan infeksi yang menyebabkan bau pada miss v. Pada saat yang sama, bahan alami ini juga dapat digunakan untuk mengontrol masalah keputihan.

  • Cukup makan gooseberry India setiap hari baik mentah atau dalam bentuk lain seperti acar, bubuk amla, jus dan sebagainya.

9. Buah Jeruk

Makanan jeruk juga dapat membantu tubuh melawan infeksi lebih efektif dan mencegah bau pada organ intim. Makanan jeruk kaya akan vitamin C, meningkatkan kekebalan tubuh, dan juga dapat membantu menghilangkan racun berbahaya yang ada dalam tubuh.

Sebuah sistem kekebalan yang kuat akan memungkinkan tubuh Anda untuk melawan bakteri berbahaya yang menyebabkan bau tidak sedap. Buah ini juga akan membantu melawan infeksi saluran kemih.

  • Cukup makan buah-buahan seperti anggur, jeruk, jeruk nipis, lemon, cranberry, jeruk bali, nanas dan sebagainya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *