7 Tips Memilih Lipstik Bagi Bibir Sensitif dan Kering

DOKTERCANTIK.COM – Jangan berani mengaku kamu adalah seorang wanita jika kamu tidak punya lipstik. Lipstik sebuah benda kesukaan wanita yang eksistensinya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Hampir tidak ada wanita yang tidak memiliki lipstik di rumahnya, bahkan di dalam tasnya.

Dari wanita yang tinggal di kota besar sampai nenek-nenek di kampung pun pasti  punya lipstik untuk mempercantik penampilan mereka. Tidak hanya satu jenis, lipstik para wanita pun beragam jenis dan warnanya.

Memang, lipstik merupakan salah satu bagian paling penting dalam kosmetik. Sapuan lipstik di bibir seketika bisa membuat penampilan kita yang tadinya terlihat pucat jadi lebih hidup dan berseri-seri. Lupa pakai lipstik barangkali lebih dipusingkan para wanita daripada lupa bawa dompet. Sepenting itu? pentinglah.

7 Tips Memilih Lipstik Bagi Bibir Sensitif dan Kering

Namun ada kalanya lipstik bukannya mempercantik penampilan tetapi malah merusak kesehatan dan keindahan alami bibir. Banyak yang pada ahkirnya mengalami bibir kering, pecah-pecah kulit mengelupas dan warna bibir menjadi gelap. Meskipun lipstiknya sudah lipstik paling mahal, eh kok malah tetap ya bibir menjadi kering?

Nah, itu artinya, kamu mempunyai  bibir yang sensitif. Bagi pemilik bibir sensitif memang harus lebih jeli dan teliti memilih lipstik yang tepat, sebab kalau salah memilih lipstik malah akan merusak kesehatan bibir dengan menjadi kering.

Kalau sudah kering bisa menjadi pecah-pecah dan kulit tipis yang melindunginya menjadi terkelupas bahkan ada yang sampai berdarah. Kalau sudah berdarah, tidak bisa pakai lipstik lagi sebab akan menimbulkan rasa yang sangat perih.

7 Tips Memilih Lipstik Bagi Bibir Sensitif dan Kering

Tips Memilih Lipstik Untuk Bibir Kering

Agar hal itu tidak terjadi, yuk simak tips memilih lipstik untuk bibir kering berikut :

1. Pilihlah lipstik yang mengandung bahan-bahan alami. Kandungan bahan alami tersebut seperti minyak zaitun, cocoa butter dan vitami E. Memang tidak mudah menemukan lipstik yang tanpa mengandung bahan kimia, tapi setidaknya pilihlah yang kandungan kimianya lebih sedikit. Di kemasan tidak terdapat komposisi? Sempatkan bawa ke ahli kulit untuk mencek keamanan

2. Pilihlah lipstik yang mengandung pelembab. Agar bibir tidak mudah kering, pilihlah lipstik yang mengandung pelembab. Salah satu bahan pelembab yang terdapat pada lipstik adalah mild hidroxy. Selain untuk melembabkan bahan ini juga bisa membuat bibir terlihat merah alami.

3. Gunakan lip balm. Gunakan lip balm agar bibirmu tetap terjaga kelembabannya serta mendapat asupan vitamin dari kandungan lips balm.

4 Tips Memilih Warna Lipstik Sesuai Warna Kulit

4. Jangan memilih lipstik yang mengandung alkohol dan mentol sebab bisa membuat lapisan kulit menipis dan menimbulkan perih pada kulit yeng mengelupas.

5. Hati-hati jangan sampai terpakai lipstik yang telah kadaluarsa. Jika tidak terdapat pada kemasannya, maka bisa dilihat dari warna lipstiknya yang menjadi pudar dan tidak cerah lagi.

6. Beli di toko kosmetik terpercaya. Selain di toko-toko kosmetik, terkadang lipstik juga dijual di kaki lima, emperan toko ataupun pasar-pasar. Agar aman dan tidak tertipu lipstik yang palsu dan berbahaya, kamu sebaiknya membeli lipstik di toko kosmetik yang sudah terpercaya saja sehingga keamanan dan kualitasnya terjaga.

7. Pertahankan jika sudah cocok. Jika pada pemakaian pertama dan kedua bibirmu menjadi lebih kering bahkan pecah-pecah dan mengelupas, maka jangan teruskan sebab itu artinya lipstik tersebut tidak cocok dengan bibirmu yang sensitif.

Stay beauty, stay healthy yah.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *