Penyebab Kulit Belang dan Cara Mengatasinya Dengan Bahan Alami

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu masalah kulit yang membuat para wanita kurang percaya diri adalah terjadinya ketidakmerataan warna kulit, atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan kulit belang-belang. Kulit belang-belang ini bisa terjadi pada bagian kulit mana saja di seluruh tubuh.

Penyebab kulit belang pada tangan, kaki dan punggung

Beberapa faktor bisa mempengaruhi terjadinya belang-belang pada kulit, seperti  bagian kulit tertentu sering sekali terkena sinar matahari sehingga pigmentasinya lebih kuat.  Belang pada kulit wajah biasanya disebabkan oleh bekas jerawat. Bagi wanita yang berhijab kulit belang bisa juga disebabkan karena sebagian wajah tertutup hijab dan sebagian tidak.

Di tangan, kulit belang biasanya disebabkan oleh pemakaian aksesoris selalu pada bagian yang sama seperti di pergelangan tangan atau di jari. Selain itu, kulit belang pada tangan juga disebabkan karena terlalu sering memakai baju lengan pendek sehingga bagian kulit yang terbuka menerima radiasi cahaya matahari lebih banyak.

Hampir sama dengan tangan, belang pada kaki juga bisa disebabkan oleh pemakaian sepatu atau kaus kaki maupun pemakaian celana pendek sehingga sebagian kaki terbuka dan menerima cahaya lebih banyak dari matahari. Sedangkan pada punggung kulit belang bisa disebabkan oleh pemakaian ransel sehingga bagian yang selalu tertekan ransel menjadi lebih pucat atau bisa juga disebabkan kebiasaan hanya menggunakan tank top saat beraktivitas di bawah sinar  matahari.

Dari berbagai faktor tersebut, secara umum dapat kita simpulkan bahwa kulit belang disebabkan karena tidak meratanya sinar matahasi mengenai kulit kita karena sebagian tubuh kita tertutup dan sebagian lagi terbuka sehingga pigmentasinya menjadi berbeda-beda.

Cara menghilangkan kulit belang pada tangan, kaki dan punggung

Kulit belang ini tentu membuat kulit seseorang terlihat tidak menarik, dan terkesan kotor. Karena alasan tersebutlah para wanita biasanya akan stress bila mengalami kulit belang. Bisakah kulit belang ini diatasi? Bisa, dengan bahan-bahan alami pun bisa kok diatasi.

Berikut adalah bahan-bahan alami untuk menghilangkan kulit belang pada tangan, kaki ataupun punggung.

Buah lemon

Bukan hal baru lagi kalau buah lemon merupakan salah satu buah yang sangat banyak manfaatnya untuk  kulit. Bukan hanya untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya, buah lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan belang-belang pada kulit. Kenapa? Karena buah lemon mengandung vitamin C yang tinggi sehingga berkhasiat untuk mencerahkan kulit.

Untuk menghilangkan belang pada kulit, kamu bisa mengambil beberapa irisan buah lemon dan diusapkan pada bagian yang dianggap gelap atau belang. Setelah diusapkan secara merata, diamkan beberapa menit sebelum dibilas.

Bubuk kunyit

Siapa bilang kunyit hanya merupakan bahan rempah yang adanya hanya di dapur. Kunyit juga sangat berkhasiat di dalam kesehatan lho. Kunyit banyak dimanfaatkan sebagai bahan herbal alami untuk mengobati penyakit.

Dan tahukah kamu? Kunyit ternyata punya manfaat juga dalam kecantikan. Sampai-sampai di India ada lho tradisi membalurkan dan menggosok tubuh calon pengantin dengan kunyit. Kunyit juga merupakan salah satu rahasia cantik wanita –wanita dari negara sari tersebut.

Bisakah kunyit untuk mengobati belang pada kulit? Bisa. Caranya campurkan kunyit dengan air lemon hingga membentuk pasta. Setelah menjadi pasta, oleskan pada kulit yang berwarna lebih gelap. Lakukan 3 kali dalam seminggu.

Scrub Kentang

Umbi yang rasanya sangat enak bila digoreng ini pun bisa kita gunakan untuk mengatasi belang-belang pada kulit. Dari dulu kentang memang dipercaya banyak manfaatnya terutama untuk menghilangkan noda jerawat, mengangkat sel kulit mati, menyamarkan noda bekas luka serta mencerahkan kulit.

Menghilangkan belang dengan kentang bisa kita lakukan membuat scrub kentang. Pertama kamu bisa mengambil beberapa umbi kentang yang kemudian dihaluskan. Setelah halus, usapkan ke kulit tubuh, kaki dan tangan ataupun muka sama seperti menggunakan scrub atau lulur. Hanya dengan mendiamkan 10-15 menit setiap kali perawatan dilakukan minimal 2 hari sekali secara teratur, maka hasil akan segera terlihat kurang lebih dua minggu.

**

Nah, sekarang kamu bisa  mencoba  3 hal di atas di rumah. Semoga kulit belangnya lekas mulus kembali ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *