Tips Memilih Pembalut Yang Aman dan Nyaman Saat Menstruasi

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu kebutuhan penting yang tidak bisa dipisahkan dari seorang wanita adalah pembalut. Hal ini karena wanita punya siklus biologi khusus yang kita sebut dengan menstruasi setiap bulannya. Namun belakangan ini para wanita dibuat dilema dengan penggunaan pembalut disebabkan isu-isu kesehatan yang terkait dengannya. Pembalut  dicurigai sebagai salah satu penyebab kanker servik,  kanker paling mengerikan yang bisa menyerang para wanita hingga menyebabkan kematian.

Berawal dari keluarnya pernyataan dari Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) tentang bahaya yang bisa disebabkan oleh pembalut. Bahaya yang disebutkan diduga berasal dari kandungan klorin yang terdapat di dalam pembalut. Tidak tanggung-tanggung YLKI juga memberikan list merek-merek pembalut yang mengandung klorin tersebut. Semakin membuat para dilema lagi, banyak di antara pembalut yang terdapat di dalam list tersebut adalah  pembalut yang telah mereka pakai sehari-hari.

Seiring dengan pernyataan dan peringatan tentang bahaya pembalut mengandung klorin tersebut, YLKI juga sekaligus  menghimbau dan menyarankan para wanita untuk kembali pada tradisi dahulu yaitu menggunakan pembalut dari kain. Pembalut kain dianggap sebagai solusi paling aman untuk mencegah adanya pengaruh buruk dari bahan kimia berbahaya yang terdapat pada pembalut.

Sayangnya, kita para wanita cenderung lebih menyukai yang praktis. Kita tentu tahu kan betapa ribetnya memakai pembalut dari kain? Selain itu memakai pembalut dari kain juga kurang nyaman karena cenderung lebih tebal dan dikhawatirkan akan tembus. Pokoknya ribet lah.

Jika kamu kurang suka memakai pembalut kain, ada kok pembalut yang aman. Lagipula menurut Kemenkes pembalut-pembalut yang beredar di masyarakat sudah melalui proses uji kelayakan, dan pembalut-pembalut tersebut dinyatakan aman oleh Kemenkes. Kemenkes selanjutnya juga menyebutkan bahwa zat klorin di dalam pembalut masih dalam batasan yang wajar sehingga tidak akan membahayakan.

Bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati. Kita tetap harus antisipasi agar penggunaan pembalut tidak membawa petaka bagi kita mulai dari  yang kecil seperti gatal, alergi dan keputihan, sampai resiko paling bahaya yaitu kanker servik.

Tips Memilih Pembalut Aman dan Nyaman

Nah, berikut kami share beberapa tips memilih pembalut yang aman dan nyaman saat menstruasi.

  1. Saat memilih pembalut, rabalah permukaannya. Pilihlah pembalut dengan permukaan yang halus. Dengan demikian tidak akan melukai bagian kewanitaan kita yang lembut dan sensitif.
  2. Selain lembut, pembalut yang baik juga harus lentur agar nyaman di bagian kewanitaan kita dan tidak membuatnya merasa kram.
  3. Pilihlah pembalut dengan daya serap tinggi agar cairan menstruasi kita cepat menyerap ke dalam dan tidak menyebabkan kulit kita basah karena permukaannya yang lembab.
  4. Untuk lebih aman, pilihlah pembalut yang tidak memakai pewangi sebab pewangi di curigai adalah hasil dari bahan kimia berbahaya seperti dioxine. Sebenarnya kandungannya dioxine ini jauh lebih berbahaya dari pada klorin.
  5. Sebelum kamu memutuskan membeli sebuah merek, coba tes satu pembalut dengan merek yang kamu inginkan. Caranya dengan memasukkan sedikit bagian dalam dari pembalut kedalam air. Jika warna air berubah, maka pembalut tersebut mengandung tinggi klorin dan seharusnya tidak usah kamu gunakan.
  6. Sekarang banyak beredar pembalut dengan sayap, hal ini dimaksudkan agar pembalut bisa melekat dengan kokoh pada celana dalam kita, namun tidak semua kulit cocok untuk sayap pada pembalut karena bahannya terbuat dari plastik. Jadi sebaiknya kamu pilih pembalut yang tidak bersayap agar kulit tidak teriritasi.

Nah, selamat memilih ya. Kesehatan organ reproduksi kita itu penting lho.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *