Tips Mengatasi Masalah Kulit dan Rambut dengan Alpukat

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Alpukat adalah salah satu buah yang mampu membantu menurunkan kolesterol, mengatur tekanan darah, memerangi obesitas dan mencegah stroke dan penyakit jantung. Buah berbentuk buah pir ini juga bernilai gizi yang tinggi untuk kulit dan rambut. Bahkan, banyak produk perawatan kulit alami yang mengandung minyak dari buah alpukat.

Alpukat merupakan sumber yang kaya protein, kalium, vitamin E, A, K, B6 dan C, serat, folat, zat besi, magnesium, fosfor dan tembaga. Alpukat juga berisi lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, seperti asam lemak omega-3. Dengan demikian, alpukat merupakan pelembab yang sangat baik dan bersifat antioksidan.

Anda dapat mengkonsumsi alpukat secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya, juga dapat menerapkan buah hijau lezat ini pada kulit dan rambut untuk meningkatkan kecantikan Anda. Asam lemak, vitamin sehat dan antioksidan di dalamnya dapat memperbaiki kulit Anda dari dalam hingga luar. Berikut ulasan tentang manfaat alpukat untuk masalah kulit dan rambut.

1. Memelihara Kulit Kering

Alpukat membantu melembutkan dan melembabkan kulit kering. Asam lemak di dalamnya dapat dengan mudah menembus jauh ke dalam kulit untuk menjaga kelembaban. Selain itu, alpukat cocok untuk semua jenis kulit.

Hancurkan 1-2 alpukat matang dengan garpu sampai bertekstur yang halus. Campur dalam sedikit madu untuk membuat masker wajah. Oleskan campuran tersebut pada kulit dan biarkan selama 20 sampai 30 menit. Bilas dengan air hangat dan keringkan. Ulangi 2 atau 3 kali seminggu. Makan alpukat secara teratur juga membantu menjaga kulit lentur dan bercahaya.

2. Merawat Rambut Kering dan Rusak

Jika Anda memiliki rambut kering dan rusak, coba gunakan alpukat untuk mengembalikan keindahan dan kesehatannya. Lemak sehat, vitamin dan protein dalam alpukat membantu melembabkan poros rambut kering dan merangsang pertumbuhan rambut. Bahkan alpukat dapat membantu mengatasi rambut sulit diatur.

Haluskan sebuah alpukat matang hingga mendapatkan tekstur seperti bubur. Campurkan 1 sendok teh minyak gandum dan minyak jojoba ke pasta. Oleskan pada rambut basah, dari akar sampai ke ujung. Kenakan topi mandi selama 30 sampai 40 menit. Keramasi rambut dengan air hangat. Gunakan obat ini sekali atau dua kali seminggu.

3. Memperlambat Proses Penuaan

Alpukat mengandung jumlah yang luar biasa dari antioksidan serta sifat ampuh anti-penuaan yang dapat mengendalikan tanda penuaan dan membuat Anda terlihat muda selama bertahun-tahun. Alpukat meningkatkan produksi kolagen, yang mempertahankan elastisitas dan kekencangan kulit. Bahkan mempercepat regenerasi sel baru dan meningkatkan sirkulasi dalam tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2012 dalam Journal of Experimental Biology, mengkonsumsi alpukat mampu meningkatkan kemampuan sel memerangi radikal bebas berbahaya.

Gunakan minyak alpukat untuk memijat tubuh Anda beberapa kali seminggu.

4. Memudarkan Bekas Luka

Alpukat membantu menyingkirkan bekas luka dan bintik-bintik yang mungkin muncul pada kulit Anda karena jerawat, eksim, luka bakar ringan, luka, atau goresan.

Vitamin E dan asam lemak omega-3 di dalamnya membantu memperbaiki jaringan yang rusak dan memperbaiki tampilan bekas luka. Bahkan alpukat mampu mempercepat waktu penyembuhan dan mencegah pembentukan bekas luka baru.

Haluskan ½ alpukat matang (kupas), ½ buah jus lemon dan beberapa kapsul vitamin E dalam blender sampai mendapatkan pasta halus. Bilas kulit dengan air hangat dan keringkan. Pijat campuran alpukat ke daerah bekas luka. Biarkan hingga kering sepenuhnya, kemudian cuci dengan air hangat. Gunakan 3 atau 4 kali seminggu untuk mendapatkan kulit mulus.

5. Meningkatkan Kompleksi Kulit

Alpukat juga dapat membantu memperbaiki kulit. Asam lemak dan vitamin C serta asam oleat bantuan mengurangi munculnya hiperpigmentasi. Selain itu, sifat antioksidan membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang berbahaya (UV), sehingga mencegah kulit terbakar.

Haluskan 1 atau 2 buah alpukat matang diblender. Anda juga dapat mencampur dengan sedikit air jeruk dan madu di dalamnya. Pijat campuran pada wajah, leher, tangan dan kaki. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini beberapa kali seminggu untuk meningkatkan warna kulit.

6. Mengurangi Keriput

Alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu mengurangi keriput serta garis kerutan. Vitamin E dan asam amino di dalamnya juga meningkatkan produksi kolagen, yang mengurangi munculnya keriput dan garis-garis halus.

Hancurkan alpukat matang dengan garpu untuk mendapatkan pasta halus. Campur dalam 1 sampai 2 sendok teh minyak almond manis. Oleskan pasta secara menyeluruh pada daerah yang keriput. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali sehari untuk melawan keriput.

7. Melembutkan Tangan Kasar

Tangan adalah salah satu bagian yang paling diabaikan dari tubuh, sehingga sering menjadi kasar dan kering. Alpukat adalah bahan yang bagus untuk memanjakan tangan kering. Vitamin dan lemak tak jenuh tunggal dapat membuat tangan Anda lembut dan lembab. Ia bahkan bisa membantu mengatasi kulit kendur.

Buat pasta dengan menumbuk ½ buah alpukat matang dan campur dalam 1 sendok makan madu. Oleskan pasta pada tangan, biarkan selama 20 sampai 30 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan ini beberapa kali seminggu.
Sebelum tidur, pijat tangan dengan minyak alpukat selama 5 menit setiap hari.

8. Mengobati Tumit Kering dan Pecah-Pecah

Alpukat kaya akan beberapa vitamin dan lemak yang dapat membantu mengobati tumit pecah-pecah. Karena merupakan pelembab yang baik, alpukat mampu membantu mengembalikan kulit lembut dan halus.

Rendam kaki dalam air sabun selama 10 menit, kemudian gosok kaki dengan batu apung untuk menghilangkan sel-sel kulit tebal dan mati. Cuci kaki dan keringkan seluruhnya. Oleskan bubur alpukat pada tumit dan telapak kaki. Biarkan selama setidaknya 15 menit sebelum membilasnya. Gunakan obat sederhana ini setiap hari sampai retak pada tumit hilang.

9. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Alpukat adalah obat yang sangat efektif untuk membantu pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Alpukat sarat dengan protein, asam lemak esensial, asam folat, magnesium, dan beberapa vitamin yang menyehatkan rambut dan merangsang pertumbuhan. Ia juga memiliki zat yang melembutkan rambut.

Campur 2 sendok makan minyak alpukat dan 2 -3 tetes minyak esensial rosemary. Oleskan pada rambut dan pijat kulit kepala dengan ujung jari selama 5 sampai 10 menit. Biarkan selama 30 menit, kemudian keramasi rambut seperti biasa. Gunakan obat ini untuk rambut 2 atau 3 kali seminggu.

Atau, siapkan masker rambut dengan 1 buah alpukat matang tumbuk, 1 butir telur dan 1 sendok makan minyak jojoba dan yoghurt. Oleskan pada rambut basah, pakai topi mandi selama minimal 1 jam dan kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan masker rambut ini sekali atau dua kali seminggu.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *