9 Herbal yang Membantu Tubuh Menjadi Lebih Kurus

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Berat badan dan obesitas adalah masalah yang terjadi pada banyak orang sehingga tak sedikit yang terus mencoba untuk membakar kalori melalui latihan dan kegiatan sehari-hari. Genetika dan fluktuasi hormon dapat menyebabkan peningkatan berat badan atau kemampuan seseorang untuk menurunkan berat badan.

Penyebab lainnya adalah hidup yang tidak aktif, diet atau makan yang tidak sehat, kurang tidur, stres yang berlebihan dan obat-obatan tertentu. Bahkan beberapa kondisi medis dapat menyebabkan berat badan tambahan.

Kelebihan berat badan menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi pada sejumlah masalah kesehatan, seperti kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, gangguan tidur, gangguan liver dan osteoarthritis.

Anda bisa mengikuti program diet dan olahraga yang sehat yang akan membantu mengelola berat badan Anda. Pada saat yang sama, Anda dapat mencoba mengkonsumsi beberapa herbal yang membantu menurunkan berat badan. Ini dia ulasannya.

1. Jahe

Jahe efektif dalam membantu penurunan berat badan. Sebuah studi pada tahun 2012 yang diterbitkan dalam Metabolism: Clinical and Experimental Journal menemukan bahwa konsumsi jahe meningkatkan efek termal dari makanan dan meningkatkan perasaan kenyang. Hal ini untuk mencegah ngemil yang tidak perlu dan makan makanan berkalori tinggi. Selain itu, jahe meningkatkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme Anda.

  • Minum 2-3 cangkir teh jahe setiap hari. Atau kunyah potongan-potongan kecil jahe antara waktu makan atau menambahkan jahe parut untuk hidangan utama.

2. Teh Hijau

Minumlah teh hijau untuk meningkatkan metabolisme dan membakar lebih banyak kalori. Antioksidan yang disebut catechin dalam teh hijau merangsang proses pembakaran lemak.

Sebuah studi di tahun 2014 di Penn State College of Agricultural Sciences menemukan bahwa tikus yang diberi diet tinggi lemak yang juga diberi ekstrak teh hijau tanpa kafein dan yang dilakukan secara teratur mengalami penurunan berat badan dan perbaikan kesehatan yang signifikan. Para peneliti menunjukkan bahwa teh hijau tampak menjanjikan bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

  • Masukkan 1-2 sendok teh teh hijau berkualitas baik dalam cangkir dan tuangkan air panas di atasnya. Biarkan selama 2 sampai 3 menit, kemudian saring. Minum 3-4 cangkir teh hijau sepanjang hari.

3. Kunyit

Ramuan ini dapat membantu Anda mencapai target penurunan berat badan. Kurkumin, salah satu bahan aktif kunyit, membantu meningkatkan aliran empedu. Hal ini penting dalam mengurangi lemak. Hal ini juga meningkatkan resistensi insulin serta mengatasi gejala inflamasi yang berhubungan dengan gangguan obesitas dan metabolisme.

  • Siapkan minuman detoks dengan mencampur 1 sendok teh bubuk kunyit, jus dari 1 buah jeruk lemon, sejumput cabe rawit dan madu mentah sedikit (untuk rasa) dalam 1 cangkir air hangat. Minum ini sekali sehari.
  • Anda juga bisa minum teh kunyit. Untuk membuat teh, tambahkan ½ sendok teh bubuk kunyit dan bubuk jahe kering untuk 2 cangkir air mendidih dan biarkan mendidih selama 10 menit. Saring, tambahkan jus lemon untuk rasa dan minum dua kali sehari.

4. Bunga Sepatu

Bunga indah ini sarat dengan nutrisi, flavonoid dan berbagai mineral yang membantu menurunkan penyerapan tubuh dari lemak dan karbohidrat. Hal ini pada gilirannya akan melakukan manajemen berat badan. Selain itu, sifat diuretik membantu menurunkan berat badan.

Dalam sebuah studi di tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal Food & Function, peneliti menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi tablet yang terbuat dari ekstrak kembang sepatu selama 12 minggu menunjukkan penurunan lingkar pinggang dan persentase lemak tubuh.

  • Anda dapat minum 2 sampai 3 cangkir teh bunga sepatu sehari-hari. Untuk membuat teh, tambahkan 2 sendok makan kelopak kembang sepatu kering untuk 2 gelas air. Didihkan selama 5 sampai 10 menit. Saring dan tambahkan madu dan jus lemon untuk rasa.

5. Ginseng Korea

Ginseng Korea, juga dikenal sebagai Panax ginseng atau ginseng Asia, dihargai karena kemampuannya untuk meningkatkan tingkat energi dan metabolisme, yang membantu penurunan berat badan. Selain itu, dapat meningkatkan sensitivitas insulin serta manajemen stres.

  • Anda dapat minum 2 cangkir teh ginseng Korea harian.

6. Dandelion

Dandelion adalah ramuan lain yang bermanfaat bagi orang-orang yang kelebihan berat badan yang ingin mengurangi beberapa kilogram berat badan. Fitokimia dalam dandelion memberikan sifat diuretik dan pencahar. Hal ini meningkatkan volume dan frekuensi buang air kecil, yang membantu menyingkirkan berat air.

Selain itu, ramuan ini membantu menormalkan gula darah, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menekan nafsu makan dan melawan peradangan.

  • Minum secangkir teh dandelion setiap hari sebelum makan. Untuk membuat teh, tambahkan 2 sendok teh akar dandelion kering dengan 1 cangkir air dan didihkan selama 1 menit. Angkat kemudian diamkan selama sekitar 10 menit. Saring dan minum teh Anda.
  • Anda juga dapat menambahkan daun dandelion segar untuk salad atau sup.

7. Oregano

Oregano juga membantu Anda menurunkan berat badan. Oregano memiliki komponen aktif yang disebut carvacrol yang membantu melarutkan lemak. Tanaman ini juga membantu pencernaan dan mengurangi kembung. Selain itu, dapat membantu melawan depresi dan stres, dua penyebab umum dari makan berlebihan dan kenaikan berat badan.

  • Minum beberapa cangkir teh oregano setiap hari untuk mengontrol berat badan. Untuk membuat teh, seduh 3 sendok teh daun oregano dalam 1 cangkir air panas selama 5 sampai 10 menit. Saring dan minum.
  • Atau, tambahkan 4 atau 5 tetes minyak oregano untuk segelas jus buah rendah kalori dan minum sehari sekali.

8. Sage

Sage adalah herbal lain yang berfungsi untuk penurunan berat badan, stimulan, diuretik dan bersifat antioksidan. Sage meningkatkan tingkat metabolisme untuk membantu membakar lebih banyak kalori. Selain itu, dapat membantu mengurangi peradangan, mengobati kecemasan dan membuat tidur nyenyak.

  • Masukkan 1 sendok makan daun sage segar (atau 1 sendok teh sage kering) dalam cangkir. Tuang air di gelas, tutup dan didihkan selama 5 menit. Saring dan tambahkan jus lemon untuk rasa. Minum teh ini 2 atau 3 kali sehari.

9. Peppermint

Peppermint juga membantu mengurangi berat badan. Peppermint menjadi penekan nafsu makan alami, membantu menurunkan rasa lapar dan mengendalikan nafsu makan untuk mengelola makan berlebihan dan mengurangi asupan kalori yang tidak perlu.

Tanaman ini juga membantu pencernaan dan mengurangi kembung. Selain itu peppermint bersifat menenangkan, aroma peppermint dapat membantu mengurangi stres, salah satu alasan di balik kenaikan berat badan.

  • Minum beberapa cangkir teh peppermint setiap hari. Untuk membuat teh, seduh 1 sendok makan daun peppermint segar dalam panci air panas selama 10 menit. Saring, biarkan hingga dingin dan minumlah.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *