9 Bahan Alami untuk Mengatasi Kemandulan pada Wanita

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Seorang wanita dianggap memiliki infertilitas atau masalah kemandulan ketika ia tidak mampu untuk hamil anak setelah setidaknya satu tahun tanpa kondom dan hubungan seksual tepat waktu. Infertilitas juga mencakup ketidakmampuan untuk mempertahankan kehamilan atau membawa anak untuk hidup sampai masa kelahiran, seperti yang dijelaskan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Infertilitas perempuan menyumbang sekitar sepertiga dari semua kasus infertilitas menurut American Pregnancy Association. Bahkan, hal itu mempengaruhi sekitar 48 juta wanita di seluruh dunia.

Pada wanita, kesuburan dapat dipengaruhi oleh berbagai masalah kesehatan, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), endometriosis, penyakit radang panggul, fibroid rahim, anemia, masalah tiroid, tuba falopi tersumbat, Candida dan penyakit menular seksual (PMS).

Faktor-faktor lain, seperti minum minuman keras, merokok, usia (lebih dari 35 tahun), obesitas, stres yang berlebihan, riwayat menstruasi yang tidak teratur atau menyakitkan, pola makan yang buruk dan pelatihan fisik yang intensif, juga dapat meningkatkan risiko seorang wanita mengalami infertilitas.

Mengalami infertilitas secara emosional menyakitkan bagi setiap wanita dan dapat menyebabkan kecemasan, perpanjangan masa depresi, dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi pada tugas-tugas sehari-hari.

Dengan teknik seperti fertilisasi in vitro (IVF) atau surrogacy, banyak wanita berjuang dengan infertilitas yang akhirnya mampu untuk memiliki anak. Namun, teknik ini sangat mahal dan beberapa wanita tidak bisa membayarnya.

Ada pengobatan alami dan herbal yang dapat membantu melawan akar penyebab infertilitas dan meningkatkan kesempatan Anda untuk hamil. Faktor gaya hidup, seperti olahraga teratur dan mengikuti diet yang sehat, juga dapat membantu.

1. Ashwagandha

Ashwagandha, juga disebut ginseng India, sangat membantu bagi wanita mengalami kesulitan hamil. Tanaman ini efektif dalam menjaga keseimbangan hormonal dan membantu berfungsinya organ reproduksi. Hal ini juga membantu memperkuat rahim bagi mereka yang memiliki keguguran berulang. Selain itu ramuan ini membantu mengurangi tingkat stres Anda.

Campurkan 1 sendok makan bubuk ashwagandha dalam segelas air hangat. Minum dua kali sehari.

Catatan: Karena efek samping yang mungkin, dianjurkan untuk menggunakan ramuan ini di bawah pengawasan medis.

2. Delima

Delima juga meningkatkan kesuburan pada wanita. Buah ini membantu meningkatkan aliran darah ke rahim dan menguatkan lapisan rahim untuk mengurangi kemungkinan keguguran. Selain itu delima membantu perkembangan yang sehat dari janin.

Menurut sebuah studi di tahun 2015 yang diterbitkan dalam Farmacognozy Magazine, delima dapat digunakan sebagai suplemen untuk meningkatkan umur panjang, kesuburan dan tingkat pertumbuhan. Namun, dalam pemilihan dosis harus hati-hati yang disesuaikan untuk menghindari efek samping.

Campur jumlah yang sama antara bubuk biji delima dan bubuk kulit delima dan menyimpannya dalam sebuah toples kedap udara. Ambil ½ sendok teh campuran ini dan campur dengan segelas air hangat, minum dua kali sehari selama beberapa minggu.

Anda juga bisa makan buah delima segar dan minum jus buah delima.

3. Kayu Manis

Kayu manis dapat membantu fungsi ovarium yang tepat dan dengan demikian menjadi efektif dalam memerangi infertilitas. Bahkan membantu dalam pengobatan PCOS, salah satu penyebab utama infertilitas.

Sebuah studi di tahun 2007 yang dipublikasikan dalam Journal of Fertility and Sterility menunjukkan bahwa suplementasi kayu manis dapat membantu meningkatkan siklus menstruasi pada wanita dengan PCOS.

Hal ini juga digunakan untuk mengobati masalah seperti endometriosis, fibroid rahim dan amenore (tidak adanya periode menstruasi) yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita. Selain itu, kayu manis dapat membantu mencegah infeksi jamur.

Tambahkan 1 sendok teh bubuk kayu manis untuk secangkir air panas. Minum sehari sekali selama beberapa bulan. Juga, masukkan kayu manis dalam pola makan Anda dengan memercikkan bubuk kayu manis pada sereal Anda, oatmeal, dan yoghurt.

Catatan: Jangan mengkonsumsi lebih dari 2 sendok teh rempah-rempah ini per hari.

4. Chasteberry

Jika infertilitas adalah karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, obat yang efektif adalah Chasteberry, juga disebut Vitex. Tanaman ini membantu meningkatkan ovulasi karena kadar prolaktin yang tinggi. Selain itu mampu memerangi PCOS.

Tambahkan 1 sendok teh chasteberry segar atau kering untuk satu cangkir air mendidih. Tutup, seduh selama 10 menit dan saring. Minum teh ini sekali sehari selama beberapa minggu atau bulan.

Anda dapat mengambil suplemen Chasteberry yang tersedia sebagai kapsul, ekstrak cair atau tincture. Untuk dosis yang tepat dan kesesuaian, konsultasikan dengan dokter Anda.

5. Kurma

Kurma mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda untuk hamil. Kurma kaya akan vitamin A, E dan B serta zat besi dan mineral lainnya dan yang penting bagi seorang wanita untuk hamil dan membawa anak melalui kehamilan jangka penuh.

Sebagai manfaat tambahan, kurma juga membantu dengan gerakan usus yang teratur dan mengobati konstipasi.

Giling 10 sampai 12 buah kurma (tanpa biji) dengan 2 sendok makan akar ketumbar cincang untuk membuat pasta. Tambahkan ¾ cangkir susu sapi untuk menghasilkan pasta dan merebusnya. Biarkan hingga dingin sebelum meminumnya. Minum ini sekali sehari selama seminggu dari tanggal periode terakhir Anda.
Makan 6-8 buah kurma sebagai camilan sehat dan menambahkan kurma cincang untuk susu, yoghurt dan smoothie.

6. Akar Maca

Ramuan lain yang efektif yang dapat mengobati infertilitas pada perempuan dan laki-laki adalah akar maca. Tanaman ini meningkatkan produksi hormon yang normal dan sangat bermanfaat untuk wanita dengan hipotiroidisme karena mendukung fungsi tiroid. Ini juga merupakan sumber yang baik dari nutrisi yang berbeda yang meningkatkan kesuburan.

Campur ¼ hingga ½ sendok teh bubuk akar maca dalam secangkir air hangat atau susu. Minum sehari sekali selama beberapa bulan. Anda juga dapat menambahkan bubuk akar maca untuk smoothie atau sereal.
Pilihan lain adalah untuk mengambil akar maca dalam bentuk suplemen, tetapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

Catatan: Jangan menggunakan ramuan ini selama kehamilan.

7. Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk kehamilan dan untuk melahirkan bayi yang sehat. Bahkan, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan infertilitas dan keguguran.

Sebuah studi di tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menunjukkan bahwa vitamin D merupakan faktor yang muncul mempengaruhi kesuburan perempuan dan hasil bayi tabung.

Ekspos diri Anda terhadap sinar matahari pagi selama 10 menit setiap hari untuk membantu tubuh Anda memproduksi vitamin D. Makan makanan tinggi vitamin D, seperti salmon, keju, kuning telur dan makanan yang diperkaya dengan vitamin D. Anda dapat memilih untuk mengambil suplemen vitamin D, tetapi hanya setelah berkonsultasi dengan dokter Anda.

8. Akar Pohon Beringin

Menurut Ayurveda, akar pohon beringin efektif dalam mengobati infertilitas pada perempuan.

Keringkan akar pohon beringin di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Giling akar kering menjadi bubuk dan simpan dalam wadah kedap udara. Campur 1 sampai 2 sendok makan bubuk akar beringin dalam segelas susu.

Minum sekali sehari pada waktu perut kosong selama tiga malam berturut-turut setelah menstruasi Anda berakhir. Hindari makan apa-apa selama satu jam setelah minum itu. Ikuti obat ini selama beberapa bulan.

Catatan: Jangan gunakan obat ini selama siklus menstruasi Anda.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *