7 Perawatan Alami Membasmi Jerawat Cystic

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Jerawat cystic adalah salah satu bentuk yang paling parah dari jerawat. Jerawat jenis ini terasa seperti benjolan berisi cairan di bawah permukaan kulit. Jerawat ini dapat memerah dan bisa menyakitkan dan dapat menyebabkan kerusakan kulit yang signifikan, selain itu akan membuat bekas luka yang sulit hilang. Jerawat jenis ini cenderung untuk muncul di wajah, dada, punggung, lengan atas atau bahu.

Pori-pori kulit terdiri dari folikel rambut dan kelenjar sebasea, kelenjar yang mengeluarkan sebum. Ketika mereka menghasilkan terlalu banyak sebum, akan menyumbat pori-pori bersama dengan sel-sel epidermis kulit. Ketika pori-pori yang tersumbat terinfeksi dan infeksi tidak jauh ke dalam kulit Anda, itu mengarah ke jerawat cystic.

Faktor terbesar yang berkontribusi terhadap jerawat jenis ini adalah adalah perubahan hormonal yang merangsang produksi sebum. Faktor-faktor lain termasuk penggunaan kosmetik berminyak, kelembaban yang berlebihan atau berkeringat, dan obat-obatan tertentu serta bahan kimia.

Remaja lebih rentan untuk mendapatkan masalah jerawat ini, mengingat perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh mereka. Mempertahankan rutinitas perawatan kulit yang sehat serta gaya hidup sehat sangat penting untuk mengobati jerawat cystic. Ada juga pengobatan rumah sederhana yang efektif dapat mengobati jerawat cystic dengan mengurangi peradangan dan melawan infeksi. Ini dia ulasannya.

1. Kunyit

Untuk menyingkirkan masalah ini, Anda dapat menggunakan kunyit. Rempah-rempah mengandung kurkumin, senyawa anti-inflamasi yang secara alami mengurangi peradangan serta rasa sakit. Selain itu juga bertindak sebagai antiseptik alami untuk melawan infeksi.

  • Tambahkan sedikit air atau minyak wijen untuk 1 sampai 2 sendok teh bubuk kunyit untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada daerah yang berjerawat dan biarkan selama sekitar 1 jam sebelum membilasnya. Gunakan obat ini sekali atau dua kali sehari selama beberapa hari.
  • Untuk mengobati masalah dari dalam, tambahkan ½ sendok teh bubuk kunyit dengan segelas susu hangat dan meminumnya dua kali sehari.

2. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel adalah obat yang banyak digunakan untuk jerawat cystic. Cuka sari apel bersifat astringent yang membantu menghilangkan kelebihan minyak untuk menyembuhkan jerawat dan mengurangi rasa sakit dan peradangan. Ini membantu membersihkan kulit dan menyeimbangkan tingkat pH kulit.

  • Campur jumlah yang sama dari cuka sari apel tanpa filter dan air. Celupkan bola kapas dalam larutan ini dan menerapkannya pada kulit yang berjerawat. Biarkan selama sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air. Ulangi proses dua kali sehari selama beberapa hari.
  • Juga, tambahkan 1 sendok teh cuka sari apel tanpa filter dan madu mentah sedikit untuk segelas air hangat dan meminumnya sekali atau dua kali sehari. Tonik ini akan membantu mencegah jerawat dan masalah kulit lainnya.

3. Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah obat lain yang umum untuk masalah kulit seperti jerawat cystic. Bahan ini meresap mudah ke dalam kulit untuk membantu membuka blokir kelenjar sebaceous, disinfeksi pori-pori dan mengeringkan jerawat.

  • Gunakan 1 atau 2 tetes tea tree oil ke bola kapas dan oleskan dengan lembut pada daerah yang berjerawat. Biarkan selama beberapa jam atau semalam. Mereka yang memiliki kulit sensitif harus mengencerkan 1 bagian tea tree oil dengan air 3 bagian.
  • Atau, campur 4 atau 5 tetes tea tree oil dalam 1 sendok teh madu organik. Terapkan ini langsung pada daerah yang berjerawat dan biarkan selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air.

4. Baking Soda

Baking soda merupakan bahan yang efektif untuk mengobati jerawat cystic karena sifat antiseptik dan anti-inflamasi. Hal ini dapat menarik keluar kelebihan minyak dari pori-pori tersumbat serta sel-sel kulit mati yang terkelupas. Bahkan dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit Anda untuk membuatnya sehat dan bercahaya.

  • Campurkan 1 sendok teh baking soda dengan jus mentimun untuk membuat pasta tipis. Jika Anda tidak memiliki jus mentimun, hanya menggunakan air biasa. Oleskan pada daerah yang berjerawat. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

5. Minyak Lavender

Obat lain yang baik untuk jerawat cystic adalah minyak esensial lavender. Ini membantu mengurangi peradangan dan nyeri serta mempercepat penyembuhan. Selain itu, akan membantu mencegah jaringan parut.

  • Oleskan sedikit minyak lavender pada daerah yang berjerawat 2 atau 3 kali sehari.
  • Juga, campurkan beberapa tetes minyak lavender dengan pembersih ringan dan menggunakannya untuk mencuci muka dua kali sehari.

6. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan alami yang membantu Anda menikmati kulit yang sehat dan bersinar dari dalam ke luar. Selain itu, properti anti-inflamasi dapat menenangkan kulit yang teriritasi dan bengkak.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2012 dalam Journal of Investigative Dermatology, komponen utama dalam teh hijau yang disebut epigallocatechin-3-gallate menghambat pertumbuhan bakteri jerawat.

  • Campur ¼ cangkir teh hijau baru diseduh dan air. Gunakan bola kapas untuk menerapkan campuran ini ke daerah yang berjerawat. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan dua kali sehari sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Juga, minum 3-4 cangkir teh hijau setiap hari.

7.  Madu

Madu mentah memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menyembuhkan jerawat cystic. Properti antioksidan membantu mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, bisa menyembuhkan bekas jerawat dan membuat kulit Anda halus dan lembut.

  • Oleskan madu mentah sedikit pada daerah yang berjerawat. Tunggu 10 sampai 15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Ulangi 2 atau 3 kali sehari selama beberapa hari untuk hasil terbaik.
  • Atau, campurkan ½ sendok teh madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis untuk membuat pasta. Oleskan pada daerah yang berjerawat dan biarkan sekitar 10 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini setiap hari selama seminggu.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *