Tips Rambut Berkilau Dengan Minyak Lavender

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu indikator rambut cantik adalah rambut yang berkilau. Rambut yang berkilau tidak hanya menunjukkan kalau rambut seseorang tersebut cantik tapi juga mencerminkan kebersihan dan kesehatan rambut tersebut.

Untuk mendapatkan rambut yang indah berkilau tersebut, para wanita pada umumnya rela  melakukan berbagai perawatan rambut di salon-salon kecantikan. Padahal selain harganya yang cenderung mahal, perawatan-perawatan di salon kecantikan tidak selalu menjamin rambut kita akan selalu sehat lho.

Apalagi terkadang perawatan di salon membuat kita ketergantungan dengan harus memperbaharuinya setiap jangka waktu tertentu. Hal ini tentu membuat kita harus menyediakan budget yang banyak untuk itu.

Merawat rambut bisa kok kita lakukan dengan biaya yang hemat, praktis dan tentunya hasil yang juga memuaskan. Salah satu bahan yang bisa kita lakukan untuk merawat rambut adalah minyak lavender.

Sekilas tentang minyak lavender

Minyak lavender merupakan minyak yang diekstrak dari tanaman bunga lavender yang dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan nama Lavandula angustifolia. Senyawa utama minyak lavender adalah linalool (51 %), dan linalyl asetat (35 %). Komponen lainnya termasuk alfa pinene, limonene, 1,8 cineole, cis – trans – ocimene, 3 Octanone, kamper, caryophyllene  terpinen – 4 – ol dan lavendulyl asetat.

Berbagai khasiat minyak lavender

Minyak lavender ini paling populer dimanfaatkan sebagai aromaterapi karena aromanya yang menenangkan dan membuat kita rileks. Bahkan minyak lavender ini dijadikan salah satu terapi untuk penderita insomnia. Aroma minyak lavender bisa membuat kita rileks, tenang dan tertidur dengan lebih pulas.

Minyak esensial lavender juga telah secara tradisional digunakan dalam pembuatan parfum. Selain untuk aroma terapi dan bahan pembuatan minyak levender sejak dulu juga sudah banyak dimanfaatkan untuk perawatan kulit, dan untuk penyembuhan luka.

Dengan minyak lavender, kamu juga dapat menuntaskan beberapa masalah rambut, seperti rambut rontok dan juga ketombe. Dalam beberapa penelitian, minyak ini terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan cara memijat perlahan kulit kepala dengan minyak lavender secara rutin (1 minggu sekitar 3x).

Minyak ini membantu melembabkan rambut kering, pecah-pecah, serta menghilangkan ketombe. Selain itu, aroma lavender bisa bikin rambut kita wangi sepanjang hari.

Nah, selain manfaat untuk menumbuhkan rambut dan ketombe, khasiat minyak lavender untuk rambut yang lainnya adalah untuk membuat rambut berkilau.

Perawatan rambut berkilau dengan minyak lavender

Perawatan rambut berkilau menggunakan minyak lavender adalah hal yang bisa dilakukan di rumah dengan cara yang mudah. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci rambut dulu hingga bersih, kemudian ambil minyak lavender secukupnya dan  sesuaikan dengan ketebalan rambutmu.

Campurkan sedikit minyak kelapa untuk membuatnya semakin  berkilau. Setelah dua minyak tersebut tercampur, kamu bisa langsung mengoleskannya ke rambut mulai dengan cara mengusap-ngusapkannya dari pangkal hingga ke ujung rambut. Lakukan gerakan yang lurus dari atas ke bawah. Jangan memakaikannya seperti memakai sampho dengan diobok-obok sebab akan membuat rambut menjadi kusut.

Diamkan rambut dengan minyak lanveder tersebut sambil kamu memijat-mijat kulit kepala. Pemijatan pada kulit kepala ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan rambut serta mencegah terjadinya kerontokan. Setelah sekitar 15 menit kamu bisa menyisir rambutmu lagi.

Selain khasiatnya untuk membuat rambut berkilau dan membuat rambut jadi lebih tebal, minyak lavender ini juga membuat rambutmu harum lho. Wah, banyak ya manfaatnya. Oke. Selamat mencoba ya. 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *