6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering dan MengelupasDuh, sedihnya kalau kulit wajah bermasalah. Tak dapat dipungkiri bahwa bagi kita kulit muka merupakan aset berharga karena berhubungan dengan kepercayaan diri dan penampilan.

Oleh sebab itu, tak mengherankan bila banyak orang rela membayar mahal dan menghabiskan waktunya untuk merawat kulit wajahnya.

Salah satunya jika kulit wajahnya kering dan mengelupas. Selain terasa kasar jika dipegang, kita pasti menjadi minder karenanya. Perlu perawatan ekstra untuk mengembalikan kondisi kulit kembali normal.

Sebelumnya Anda perlu tahu juga apa yang membuat kulit wajah Anda menjadi kering dan mengelupas. Dengan begitu Anda tahu cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas dan memberikan penanganan yang tepat.

Memang ada orang- orang yang memiliki jenis kulit wajah yang cenderung kering. Atau ada pula yang wajahnya menjadi kering karena perubahan cuaca atau pengaruh obat-obatan tertentu atau iritasi akbat memakai kosmetik yang salah. Penangannya tentu berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Berikut adalah cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas yang bisa Anda praktikkan di rumah:

1. Rajin Minum Air Putih

Penyebab kulit kering adalah kurangnya cairan pada sel-sel kulit. Agar kelembapan terjaga, Anda harus menjaga asupan cairan dalam tubuh. Minumlah air putih sesuai yang disarankan.

2. Gunakan Pelembab Wajah

Salah satu musuh kekeringan pada kulit wajah adalah pelembab. Apapun penyebab masalah kekeringan pada kulit wajah Anda, Anda wajib menggunakan pelembab. Kenali pelembab wajah yang Anda gunakan sehari-hari. Pastikan aman dan tidak menimbulkan alergi ataupun iritas.

Pilihlah pelembab yang paling baik dan cocok untuk kulit Anda. Jangan sekedar membeli yang murah karena terjangkau atau yang mahal karena bujuk rayu iklan. Pastikan pelembab Anda cocok dan segera hentikan pemakaian bila tak cocok. Pelembab yang salah justru bisa menyumbat pori dan membuat kulit menjadi kusam

3. Hindari paparan sinar matahari langsung ataupun AC

Salah satu penyebab kulit kering dan mngelupas lainnya adalah sengatan matahari langsung yang membuat kulit kekurangan cairan atau paparan AC secara langsung dalam waktu yang lama. Untuk itu sebisa mungkin Anda harus menghindari atau mengurangi intensitasnya.

Gunakan Sunblock khusus wajah saat akan beraktivitas di luar ruangan. Anda juga bisa menggunakan topi atau payung untuk mereduksi paparan sinar UV. Jika penyebabnya AC, berarti Anda harus mencoba lebih sering menggunakan pelembab Anda.

4. Konsumsi cukup buah dan sayur sebagai vitamin bagi kulit

Kulit juga perlu nutrisi untuk membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit yang mati yang membuat kulit menjadi kering dan kasar serta untuk menjaga elastisitasnya. Salah satu nutrisi terbaik untuk kulit terkandung dalam buah dan sayur mayur. Buah-buahan yang mengandung vitamin C, D dan E sangat dibutuhkan untuk proses regenerasi sel-sel kulit yang rusak atau mati.

Perbanyaklah konsumsi buah jeruk, tomat, jambu yang kaya vitamin C. Sedangan kandungan vitamin E dapat diperbanyak dengan konsumsi sayur hijau dan kacang-kacangan. Agar lebih praktis, sekarang ini juga tersedia beberapa produk suplemen untuk menutrisi kulit.

5. Memacu keringat dengan berolahraga

Kelenjar minyak serta kelenjar keringat yang aktif dapat membantu menjaga kelembatan kulit. Bekerjanya kedua kelenjar tersebut dapat dipacu dengan olahraga. Selain itu olahraga juga dapat memperlancar peredaran darah sehingga membatu aliran nutrisi ke sel-sel kulit.

6. Berhati-hati dalam memilih kosmetik

Saat ini banyak beredar kosmetik yang mengandung bahan berbahaya di pasaran. Anda wajib menjadi konsumen yang cerdas dengan memilih kosmetik yang asli dan aman. Perhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya serta masa kadaluarsanya.

***********

Demikian 6 cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas. Selamat menjalani hari dengan kulit yang terjaga kesehatannya sehingga membuat anda tampil lebih percaya diri.