5 Manfaat Oatmeal Untuk Perawatan Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Oatmeal adalah salah satu jenis makanan yang biasa dikonsumsi saat sarapan untuk membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah agar tetap normal. Selain itu orang ynag sedang dalam program diet juga sering mengkonsumsi oatmea karena kaya akan serat yang  membuat rasa kenyang lebih lama.

Namun selain itu, ternyata oatmeal juga bermanfaat untuk kulit, loh. Oatmeal mengandung humektan yang bisa menjadi anti inflamasi atau anti peradangan, demikian pernyataan seorang dokter kulit di Boston, Ranella Hirsch, MD.

Simak terus artikel berikut ini untuk mengetahui apa saja manfaat dari oatmeal bagi kecantikan serta cara menggunakannya.

1. Membersihkan Kulit

Tuangkan secangkir oatmeal plain atau tanpa rasa ke dalam bak berendam Anda yang telah diisi dengan air hangat. Tambahkan 3 tetes minyak lavender sebagai aromaterapi dan berendamlah selama 15 sampai 30 menit. Oatmeal akan membantu membersihkan kulit, serta akan membuat kulit terasa lebih lembab dan memberi aroma lavender yang menenangkan.

2. Mengobati Kulit yang Gatal

Menurut American Academy of Dermatology, kulit yang gatal dan kering seringkali memiliki pH yang tinggi dan oatmeal akan membantu membuat kondisi pH kulit kembali normal yang juga bisa membantu mengurangi rasa gatal. Karena efek melembabkan yang dihasilkan oatmeal, kulit juga akan terlindungi dari iritasi yang disebabkan oleh kulit yang kering.

3. Pembersih Wajah

Oatmeal mengandung bahan kimia yang disebut dengan saponin yang memiliki kemampuan untuk membersihkan secara efektif. Saponin biasa ditambahkan ke dalam sampo dan deterjen karena kemampuannya sebagai pengemulsi dan kemampuannya membuat busa yang kaya.

Untuk itu diyakini bahwa oatmeal sangat cocok dijadikan masker wajah untuk semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun. Untuk yang memiliki kulit berminyak, oatmeal bisa membantu menghilangkan produksi minyak berlebih dan sebum pada kulit.

Campurkan oatmeal dengan air hangat lalu aduk hingga berbentuk seperti pasta. Tambahkan 1 sdm madu murni. Gosok perlahan secara memutar ke kulit wajah untuk membersihkan. Anti bakteri yang ada dalam madu bisa membantu meredakan peradangan yang terjadi pada kulit dan mengurangi kekeringan.

4. Sebagai Exfoliator

Jika scrub biasa yang digunakan biasanya akan membuat kulit memerah. Cobalah beralih dengan menggunakan oatmeal. Pasta oatmeal tidak akan membuat kulit memerah dan lagi minyak kelapa akan membuat kulit jadi semakin terlihat berkilau sehat.

Campurkan oatmeal, air hangat, madu, gula merah dan minyak kelapa aduk hingga merata lalu gunakan sebagai scrub untuk membantu menghilangkan sel sel kulit mati.

5. Sebagai Dry-Shampoo (Sampo Kering)

Oatmeal juga bisa digunakan sebagai sampo kering karena kemampuannya mengurangi kandungan minyak dan kotoran pada rambut. Cukup tuangkan sedikit pada rambut, gosok perlahan lalu sisir hingga semua oatmeal jatuh dan bersih. Selain membersihkan ternyata, dry shampoo dari oatmeal juga bisa membantu meredakan gatal pada kulit kepala.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *