Manfaat Virgin Coconut Oil Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Virgin Coconut Oil atau yang lebih dikenal dengan sebutan VCO adalah Minyak kelapa. Minyak kelapa sendiri telah digunakan secara luas di negara-negara tropis, seperti, India, Thailand, Sri Lanka, Filipina dan tentu saja Indonesia. Minyak kelapa juga telah populer di negara-negara barat, seperti Amerika Serikat dan Kanada.

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat untuk itu sering digunakan sebagai untuk merawat kesehatan rambut dan kulit. Selain merawat kecantikan, VCO juga bermanfaat untuk membantu memelihara kadar kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Komposisi Minyak Kelapa

Hampir 90% dari minyak kelapa terdiri dari lemak jenuh. Namun juga terdapat lemak tak jenuh, seperti asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kandungan dalam minyak kelapa.

  • Asam Lemak Jenuh. Kebanyakan merupakan trigliserida yang mampu diasimilasi baik dalam sistem tubuh. Lauric Acid atau asam laurat merupakan kontributor utamanya yang kemudian diikuti oleh asam kaprat, asam kaprilat, asam miristat dan palmitat.
  • Asam lemak tak jenuh ganda. Asam linoleat.
  • Asam lemak tak jenuh tunggal. Asam oleat.
  • Polifenol. Minyak kelapa mengandung asam galia yang lebih dikenal dengan asam fenolat. Polifenol dalam minyak kelapa bertanggung jawab terhadap rasa dan aroma dari minyak kelapa.
  • Asam Lemak Derivatif. Betain, ethanolamide, etoksilat, lemak ester, lemak polisorbat, monogliserida dan ester poliol.
  • Vitamin E, Vitamin K dan Mineral.

Manfaat Virgin Coconut Oil

Simak terus artikel berikut ini untuk mengetahui apa saja manfaat dari Virgin Coconut Oil bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa mengandung asam lemak yang bisa merangsang metabolisme sehingga bisa memberikan lebih banyak energi.

2. Kandungan asam lauratnya mampu membantu meningkatkan kualitas kesehatan jantung dan meningkatkan kolesterol baik.

3. Minyak kelapa bisa membantu menurunkan berat badan. Tidak seperti jenis minyak yang lain yang akan beredar di aliuran darah, minyak kelapa akan langsung dikirim ke hati untuk diubah menjadi energi sehingga tubuh tidak akan menyimpan lemak dari minyak kelapa sebagai lemak dalam tubuh.

4. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1999 di University of Western, Ontario, Kanada menunjukkan bahwa menggabungkan suplemen vitamin E dengan minyak kelapa melalui kulit terbukti menjadi alternatif yang baik bagi mereka dengan penyakit malabsorpsi gastrointestinal.

5. Ketika diaplikasikan secara eksternal atau dioleskan langsung pada kulit yang sedang mengalami memar, minyak kelapa akan membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Minyak kelapa memiliki anti-bakteri yang bisa melindungi tubuh dari infeksi.

6. Studi menunjukkan bahwa rutin mengkonsumsi minyak kelapa atau VCO bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif otak bahkan meningkatkan harapan sembuhnya penyakit neurodegenerative (untuk tahap awal).

7. Dengan melakukan pemijatan secara teratur pada kulit kepala, maka Anda akan terbebas dari ketombe. Minyak kelapa juga bisa membantu melembabkan rambut yang kering.

8. Jika Anda memiliki kulit wajah yang kering, lakukan pemijatan wajah secara perlahan dan memutar dengan menggunakan minyak kelapa. Lakukan dengan rutin. Minyak kelapa akan meningkatkan kelembaban dan kekenyalan kulit wajah sehigga kulit tidak akan kering.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *