8 Manfaat Teh Rooibos Merah Bagi Kesehatan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Berbeda dari teh hitam, teh rooibos merah ini berasal dari tanaman semak Aspalathus Linearis yang ditemukan di afrika selatan. Merupakan teh yang rendah kandungan kafein dan tanin. Selain itu, teh rooibos merah ini memiliki rasa yang unik dan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti, membantu mengatasi insomnia, asma, eksim, hipertensi, alergi, memperlambat penuaan dini, meningkatkan sistem kekebalan manusia.

Nilai Gizi Teh Rooibos Merah

Teh rooibos merah kaya akan kandungan mineralnya, antioksidan (aspalathin dan nothofagin, dan senyawa fenolik) yang sangat kuat dan serbaguna. Teh rooibos merah tidak memiliki asam oksalat, sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki batu ginjal.

Manfaat Teh Rooibos Merah

Dengan mengkonsumsi teh rooibos merah secara rutin, anda akan mendapatkan beragam manfaat kesehatan dari teh tersebut. Apa saja manfaat dari teh rooibos merah? Kami mengulasnya di poin-poin berikut ini. Simak ya.

1. Mencegah Hipertensi dan Melancarkan Sirkulasi Darah

Teh rooibos adalah herbal alami yang bisa membantu mencegah hipertensi. Senyawa flavonoid yang disebut dengan chrysoeriol membantu melancarkan sirkulasi darah dengan cara menghambat enzim yang berkontribusi terhadap peningkatan resiko penyakit jantung.

2. Melegakan Perut

Hampir sama seperti minuman herbal lainnya, teh rooibos merah memiliki efek menenangkan bagi perut dan juga melancarkan pencernaan. Hal ini dikarenakan adanya kandungan quercetin, yakni anti-inflamasi yang kuat yang bisa mengurangi kejang perut.

3. Kesehatan Tulang

Teh roiboos merah kaya akan kalsium, mineral flouride dan mangan yang berguna untuk mempertahankan struktur tulang agar tetap kuat. Hal ini berarti teh rooibos bisa membantu mencegah osteoporosis, nyeri pada sendi dan arthritis.

4. Diabetes

Aspalathin adalah salah satu jenis antioksidan yang langka, namun bisa ditemukan di teh rooibos merah. Asphalatin membantu meningkatkan resistensi insulin, meningkatkan penyerapan glukosa oleh otot-otot, meningkatkan sekresi insulin dari pankreas, dan menyeimbangkan gula darah. Merupakan pilihan minuman yang tepat bagi penderita diabetes II.

5. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Asam alfa hidroksi dan Seng yang terkandung dalam teh rooibos merah memiliki manfaat yang sangat baik bagi kulit. Mengaplikasikan secara langsung bubuk teh merah pada kulit bisa meredakan jerawat dan mengatasi sunburn atau kulit yang memerah karena terlalu lama terkena sinar matahari.

Selain itu senyawa Asam alfa hidroksi bisa mengurangi atau memperlambat terbentuknya garis-garis halus pada wajah dan gejala penuaan dini lainnya.

6. Sifat Antispasmodic

Rooibos merah kaya akan kandungan agen antispasmodic yang bisa membantu meringankan kram perut dan nyeri perut. Aktivasi K+ (Ion Kalium) dan Kalsium secara bersama sama bisa mengurangi resiko terkena gangguan pada saluran pencernaan sehingga mencegah diare dan masalah pada usus lainnya.

7. Alergi

Di Afrika Selatan, teh rooibos merah banyak digunakan sebagai kuratif yang efektif untuk mengatasi alergi topikal berbagai jenis di seluruh tubuh, contohnya, eksim dan demam serta alergi yang berhubungan dengan bronkitis.

8. Menyehatkan Rambut

Teh rooibos merah memiliki beberapa mineral penting yang akan sangat berguna terhadap kesehatan rambut, antara lain, kalsium, tembaga dan kalium. Rutin mengkonsumsi teh roiboos bisa menguatkan serat rambut sehingga rambut akan jadi lebih kuat dan tak akan mudah rontok. Kandungan polifenolnya bisa membuat rambut tampak lebih mengkilap dan emlindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh matahari.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *