7 Cara Alami Mengecilkan Pori-Pori Wajah Yang Kasar

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu masalah wajah yang terkadang tidak terlalu kita perhatikan adalah pori-pori wajah yang besar. Barangkali kita berfikir bahwa pori-pori yang besar tersebut toh nanti bisa kita tutupi dengan foundation, bedak atau trik make up lainnya sehingga wajah kita tetap terlihat halus.

Tapi tahukah kamu? Tanpa kita sadari hal ini justru bisa menimbulkan masalah lain bagi kulit. Sisa make up yang masuk ke pori akan menyatu dengan kotoran dan minyak wajah, terperangkap di dalam pori dan pada akhirnya menyebabkan munculnya komedo bahkan jerawat.

Nah jika begini apa solusinya? Agar hal tersebut tidak terjadi kita bisa melakukan beberapa hal untuk membuat pori-pori kita lebih kecil. Jika pori-pori kita kecil, maka kotoran, keringat maupun bakteri  tidak akan terperangkap serta tentunya kulit kita menjadi lebih mulus.

Berikut ini tips-tips untuk mengecilkan pori-pori wajah yang bisa kita lakukan :

Menggunakan lemon

Cara alami tentunya merupakan cara paling aman yang bisa kita lakukan. Salah satu cara alami yang bisa kita lakukan untuk mengecilkan pori-pori adalah dengan menggunakan lemon. Kenapa lemon bisa mengecilkan pori-pori? Lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin inilah yang mampu menyegarkan wajah.

Jika wajah sudah segar, pasti pori-pori bisa mengecil dengan sendirinya. Caranya?  Kamu hanya perlu memotong lemon menjadi dua bagian. Setelah itu peras lemon ke dalam gelas. Oleskan perasan lemon ini setiap malam sebelum tidur. Atau kalau mau yang lebih praktis lagi, tempelkan saja irisan lemon pada wajah. Bonusnya, kamu juga mendapatkan kulit yang kencang.

Menggosokkan es batu pada wajah

Es batu juga bisa lho mengecilkan pori-pori.  Selain itu es batu juga bisa mengurangi produksi minyak di wajah.  Mudah kok caranya. Cukup dengan menggosokkan es batu ke wajah kamu secara perlahan selama 15-30 menit.

Mengaplikasikan masker tomat

Kamu pasti pernah mendengar khasat tomat untuk menghaluskan kulit kan? Nah salah satunya adalah dengan mengecilkan pori-pori wajah kamu. Hal  ini karena tomat merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi.

Caranya? Seperti masker pada umumnya. Haluskan tomat lalu balurkan pada wajah selama 15 menit. Setelah tomat kering, maka bilas dengan air dingin.

Lakukan uap wajah

Ahli kecantikan dan pemilik Cecilia Wong asal Hongkong menyarankan ritual uap wajah menggunakan herbal secara rutin untuk mengecilkan pori-pori.

Bagaimana caranya? Kombinasikan minyak zaitun, scrub dan ekstrak lemon, estrak bunga mawar, daun mint serta susu ke dalam air hangat berisi handuk. Diamkan 10 hingga 15 menit pada wajah, lalu usapkan dan bilas hingga bersih dengan air dingin.

Menggunakan sabun bayi

Sabun bayi dengan aroma harum yang khas ini ternyata bisa lho kita manfaatkan untuk mengecilkan pori-pori. Sabun bayi sekaligus juga bisa menghilangkan sel kulit mati. Wah, patut dicoba sekali nih.

Madu

Madu juga dipercaya dapat mengecilkan pori-pori di kulit wajah, juga mengencangkan kulit. Campurkan madu dengan oatmel kemudian aduk hingga rata. Oleskan ramuan tersebut pada wajah kemudian pijat dengan gerakan memutar. Biarkan hingga mengering kemudian bersihkan dengan air hangat. Sebaiknya dilakukan 2 kali seminggu.

**

Nah, itulah bebarapa bahan yang mudah kamu dapatkan untuk mengecilkan pori-porimu. Kalau mau melakukan perawatan khusus kecantikan, bisa. Tapi kalau masih bisa dengan bahan alami kenapa tidak kan? Selain hemat, tanfa efek samping lagi.

Selamat mencoba ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *