Rambut Kusut dan 7 Langkah Mengatasinya

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Rambut adalah mahkota perempuan, begitu orang-orang bilang. Tidak  berlebihan memang kalau kita menganggap rambut sepenting itu karena memang letaknya di bagian paling atas tubuh kita sehingga menjadi bagian tubuh yang sangat mudah terlihat. Sebagaimana fungsinya, mahkota juga membuat seorang wanita menjadi lebih cantik.

Begitupun rambut. Rambut yang indah, berkilau dan tertata rapi memberikan peran yang cukup besar untuk membuat seorang wanita terlihat lebih cantik. Tapi bagaimana kalau mahkota perempuan tersebut kusam, berantakan dan kusut? Apa masih terlihat cantik? Rambut yang kusut menjadi salah satu masalah tersendiri yang teramat sangat mengganggu penampilan kita.

Biasanya kondisi rambut yang seperti ini diakibatkan karena kurangnya perawatan dasar untuk rambut kita. Apakah  itu perawatan harian, mingguan dan bulanan. Sibuk menjadi alasan kenapa perawatan rambut terkadang terabaikan. Selain itu rambut juga bisa kusut kerena penataan rambut yang terlalu ribet, penggunaan hair spray, cuaca, kurangnya perawatan, atau bahkan karena terlalu sering menggosoknya dengan handuk.

Hal ini tentunya tidak bisa dong kita biarkan karena akan sangat berpengaruh pada penampilan kita nantinya. Jadi mau nggak mau, rambut kusut harus segera mendapatkan penanganan.

Langkah-langkah mengatasi rambut kusut

Kebanyakan kita dalam menanggapi rambut kusut adalah dengan langsung menyisirnya. Terkadang malah terpakasa disisir kuat-kuat agar  kusutnya segera hilang. Nah, jika hal ini yang terjadi bukannya akan memperbaiki rambut kusutmu tapi kamu malah menimbulkan masalah baru yaitu rambut rontok dan menyakiti kulit kepala saat menyisir terlalu kuat.

Jadi bagaimana sih cara mengatasi rambut kusut dengan cepat?

  1. Rambut kusut biasanya terjadi karena rambutmu sudah terlalu kering dan kotor, jadi hal pertama yang harus kamu lakukan adalah keramas.
  2. Sebelum keramas gunakan minyak zaitun untuk memberikan kelembaban pada rambut.
  3. Setelah menerapkan minyak zaitun pada rambut selama 15 menit, kamu bisa mencucinya dan melanjutkan keramas dengan shampo yang biasa kamu pakai
  4. Jangan mengeringkan rambut dengan handuk, karena akan membuatnya semakin kusut. Namun hindari juga menggunakan hair drier karena akan membuat rambut menjadi kering dan nantinya semakin susah diatur.
  5. Jangan sisir rambut dalam keadaan basah sebab bisa menimbulkan kerontokan, tunggulah sampai agak kering terlebih dahulu
  6. Semprotkan spray anti kusut ( detangling spray ) ketika rambut sudah agak kering. Spray ini akan melumasi rambut sehingga menjadi lebih mudah diatur.
  7. Gunakan serum silikon sebelum menata rambut kamu. Serum ini bekerja dengan melapisi masing-masing helaian rambut untuk memastikan kutikulanya tetap lembut, dan tidak kusut.

Namun bak kata orang-orang bijak, mencegah lebih baik daripada mengobati  bukan? Begitu juga dengan rambut. Daripada setiap hari kita dipusingkan dengan rambut yang kusut mending kita mencegah agar arambut tidak kusut.

Di antaranya adalah dengan cara memastikan kelembaban rambut dengan keramas teratur, memakai pelembab rambut. Tidak mengeringkan rambut dengan handuk saat basah serta memilih tatanan rambut yang simpel agar tidak membuat rambut menjadi kusut.

Kamu tidak mau kan mahkotamu malah membuat penampilanmu malah menjadi tidak menarik?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *