3 Bahan Alami Ampuh Untuk Mencerahkan Kulit

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Saat ini sudah banyak sekali remaja putri, wanita dewasa bahkan pria yang mencari cara bagaimana mencerahkan warna kulit. Beberapa dari mereka mungkin mengalami masalah dengan warna kulit mereka, seperti warna kulit tidak rata, bekas jerawat yang kehitaman, flek hitam atau noda belang yang disebabkan karena sengatan sinar matahari.

Saat ini banyak sekali krim perawatan kulit wajah yang befungsi untuk meningkatkan kecerahan warna kulit. Namun tidak semua produk tersebut aman. Untuk itu, melakukan perawatan kulit sendiri di rumah menjadi salah satu pilihan alternatif yang mudah murah dan tentu saja aman karena terbebas dari bahan kimia berbahaya.

Salah satu penyebab mengapa warna kulit berubah menjadi gelap adalah karena hyperpigmentasi, produksi melanin yang berlebihan karena seringnya terkena paparan sinar matahari. Dan salah satu cara untuk mengurangi flek hitam yang dihasilkannya adalah melakukan pengelupasan kulit secara teratur. Tapi, hanya permukaan kulit yang rusak. Proses pengelupasan ini akan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru.

1. Lemon

Lemon merupakan salah satu exfoliator alami yang telah lama diketahui mampu membantu mencerahkan warna kulit. Bersihkan kulit wajah lalu gosok perasan lemon secara perlahan searah jarum jam. Hindari daerah mata. alpha-hydroxy acids (AHA) yang terkandung dalam lemon akan membantu pengelupasan sel kulit mati, meningkatkan sirkulasi dan merangsang pertumbuhan sel baru.

2. Madu Organik

Setelah melakukan pengelupasan sel kulit mati, jangan lupa menambahkan pelembab agar kulit Anda tidak kering. Madu merupakan salah satu pelembab yang mengandung banyak manfaat bagi kulit dan tentu saja, aman. Sifat antiseptiknya mampu mencegah timbulnya jerawat. Oleskan madu ke wajah selama 10 menit lalu bilas.

3. Kentang

Selain lezat dijadikan saebagai salah satu bahan masakan, kentang juga bisa digunakan untuk membantu mencerahkan kulit, lho. Letakkan beberapa potongan kentang dibawah mata. Ini untuk membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata yang lelah.

Cara lain adalah dengan memarut kentang hingga berbentuk seperti pasta lalu gunakan sebagai masker. Diamkan selama beberapa saat (kurang-lebih 20 menit) kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Penggunaan rutin masker kentang bisa membuat kulit wajah nampak lebih cerah dan bintik hitam berkurang.

**

Lakukah langkah tersebut di atas secara rutin untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah, lembut dan bintik hitam berkurang. Untuk perawatan sehari-hari, hindari penggunakan kosmetik dan produk perawatan wajah yang mengandung merkuri dan hidrokuinon, gunakan pelembab yang berbahan dasar air, serta gunakan pelembab yang mengandung minimal spf 30.

Semoga bermanfaat ya.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *