12 Tips Mudah Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit Selama Masa Kehamilan

DOKTERCANTIK.COM – Selama kehamilan, kadar estrogen meningkat untuk membantu tubuh membangun jaringan baik bagi ibu dan janin. Lonjakan kadar estrogen yang mendadak ini merangsang produksi melanin yang berlebihan, juga dikenal sebagai hiperpigmentasi.

Melanin adalah pigmen berwarna gelap yang terakumulasi di kulit untuk memberikan warna. Produksi berlebihan melanin selama kehamilan akan menghasilkan pigmentasi kulit di bagian tubuh yang berbeda, seperti wajah, leher, perut dan ketiak.

 

12 Tips Mudah Mengatasi Hiperpigmentasi Kulit Selama Masa Kehamilan

Beerikut adalah tips mengatasi hiperpigmentasi kulit selama masa kehamilan, simak ya.

1. Tetap di dalam ruangan sebanyak mungkin, terutama pada hari-hari cerah

Sinar matahari bisa sangat keras pada kulit. Melanin (pigmen yang menentukan warna kulit) diproduksi oleh kulit sebagai bagian dari mekanisme pertahanan kulit terhadap matahari. Agar kulit dapat melindungi diri secara efektif, maka akan menghasilkan lebih banyak melanin.

Oleh karena itu, jika Anda terkena sinar matahari, kulit akan menjadi lebih gelap sebagai akibat dari peningkatan produksi melanin. Hindari pergi ke luar saat matahari sedang meninggi, biasanya pukul 11:00-15:00, karena waktu ini adalah ketika kulit Anda yang paling rentan terhadap pigmentasi.

2. Menjauh dari jendela

Bahkan jika Anda berada di dalam rumah Anda, Anda harus menghindari duduk dekat jendela terlalu lama, karena sinar matahari bisa melewati dan berkontribusi untuk pigmentasi kulit. Juga berhati-hati ketika duduk di dalam mobil, matahari dapat menembus jendela mobil dan mempengaruhi kulit Anda.

3.  Memakai tabir surya

Gunakan tabir surya dengan perlindungan matahari minimum (SPF) 30. Tabir surya harus diterapkan setiap hari. Bahkan pada hari berawan, sinar UV matahari masih dapat mempengaruhi kulit Anda dan bisa memulai produksi melanin. Tingkat SPF adalah pengukuran berapa banyak tabir surya akan dapat melindungi kulit Anda. Hal ini karena matahari memancarkan radiasi serta panas.

Radiasi ini tidak hanya akan menyebabkan pigmentasi kulit, tetapi juga kulit terbakar, kerusakan mata, penuaan kulit, dan bahkan kanker kulit. Pada umumnya SPF 15 dapat melindungi kulit Anda selama 2 jam, SPF 30 selama 4 jam, SPF 60 untuk 8 jam dan sebagainya.

TERKAIT:  Cara Memutihkan Kulit Yang Gosong Akibat Berenang

4. Gunakan pakaian pelindung

Lindungi kulit Anda dari sinar matahari yang berbahaya dengan menggunakan payung dan mengenakan topi bertepi lebar, baju lengan panjang, memakai pelindung mata dan banyak lagi. Ketika memilih pakaian, pilih bahan berwarna terang. Pakaian berwarna gelap akan menyerap sinar matahari dan membuat kulit lebih rentan terhadap pigmentasi.

Pilih pakaian yang longgar dan nyaman. Satu hal yang dapat memperburuk pigmentasi kulit adalah gesekan. Jika Anda mengenakan pakaian ketat, akan menyebabkan gesekan yang dapat menyebabkan pigmentasi kulit.

5.  Hindari makanan yang dapat meningkatkan kadar estrogen

Selama kehamilan, tingkat kenaikan hormon estrogen pada wanita untuk membantu tubuh membangun jaringan, baik bagi ibu dan janin.

Ketika Anda mencoba untuk menghindari produksi yang berlebihan dari estrogen, yang terbaik adalah untuk menghindari makanan yang kaya estrogen seperti tahu, biji rami, kacang kedelai, yogurt kedelai, biji wijen, roti gandum, hummus, bawang putih dan aprikot.

6.  Tingkatkan kadar progesteron

Dua hormon utama yang dihasilkan oleh wanita adalah estrogen dan progesteron. Progesteron bertindak sebagai antagonis estrogen, artinya jika salah satu dari hormon ini meningkat, akan terjadi tingkat penurunan hormon lainnya dan sebaliknya. Peningkatan kadar progesteron dapat membantu menurunkan produksi berlebihan dari estrogen selama kehamilan, sehingga mengurangi produksi melanin, yang membantu Anda untuk menghindari pigmentasi kulit.

Tingkat progesteron yang ideal dapat dipertahankan dengan memastikan bahwa ada jumlah yang cukup dari vitamin B6 dalam tubuh. B6 juga membantu untuk memecah kadar estrogen dalam hati untuk menciptakan keseimbangan hormonal.

TERKAIT:  Cara Mengatasi Gatal - Gatal Pada Ibu Hamil

Biji-bijian, kacang walnut, daging merah tanpa lemak, makanan laut, pisang, kentang, kacang-kacangan, bayam dan sereal yang diperkaya adalah makanan kaya vitamin B6. Dosis yang dianjurkan untuk vitamin B6 adalah 2 mg per hari.

7.  Tingkatkan asupan magnesium

Magnesium mempertahankan keseimbangan hormon dan meningkatkan kadar progesteron. Sumber yang baik dari magnesium adalah pisang mentah, sereal gandum, kacang hitam, halibut, bayam, labu dan biji labu, okra dan kacang-kacangan. Bagi ibu hamil, asupan harian yang direkomendasikan adalah 360-400 mg.

8. Makan makanan kaya vitamin C

Vitamin C dianggap sebagai inhibitor tirosinase. Tirosinase adalah enzim yang bertanggung jawab untuk produksi melanin. Jika produksi melanin ditekan selama kehamilan, maka pigmentasi kulit dapat dihindari.

Buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin C termasuk blackberry, brokoli, kubis, kembang kol, jeruk, lemon, mangga, melon, pepaya, nanas, kentang, bayam, stroberi, dan tomat. Makanlah setidaknya satu porsi makanan kaya vitamin C sebagai bagian dari makan utama. Direkomendasikan dosis harian vitamin C bagi perempuan adalah 75 mg.

9.  Makan makanan kaya serat

Asam empedu (asam yang menghilangkan limbah dari hati) disekresi oleh hati melewati usus selama proses pencernaan. Serat bisa membantu menghapus estrogen dari tubuh dengan cara mengikat ke asam empedu. Dengan cara ini, produksi berlebihan dari melanin dapat dikurangi.

Makanan kaya serat seperti apel, buah ara, kiwi, kacang-kacangan, kacang-kacangan, kacang polong, plum, mangga, gandum, buah persik dan ubi jalar. Asupan harian yang ideal adalah 21 gram.

10. Tingkatkan kadar folat tubuh

Studi menunjukkan bahwa Vitamin B9 atau asam folat membantu dalam mencegah pigmentasi kulit. Hal ini didapat dari penelitian pada wanita dengan tingkat yang lebih rendah dari asam folat dalam tubuh mereka menunjukkan lebih pigmentasi kulit dibandingkan dengan wanita yang memiliki tingkat lebih tinggi dari asam folat. Dengan peningkatan kadar asam folat, radikal bebas akan ditekan, yang menyebabkan penurunan pigmentasi dan kulit yang lebih sehat.

TERKAIT:  5 Masker Wajah Alami Untuk Mengatasi Pigmentasi

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi asam folat dengan sendirinya. Oleh karena itu, Anda perlu mendapatkan folat melalui makanan Anda. Meskipun folat yang terbaik dikenal dalam mencegah cacat lahir, Anda bisa mendapatkan manfaatnya pada kulit juga.

Makanan yang kaya folat atau asam folat adalah sayuran berdaun gelap seperti bayam, sawi dan selada, asparagus, brokoli, buah jeruk, kacang-kacangan, lentil, kacang polong, alpukat, okra, kubis, biji-bijian dan kacang-kacangan, kembang kol, bit, jagung , wortel, seledri, labu sayur, dan banyak lagi. Makan 2-3 porsi makanan folat yang tinggi setiap hari.

11.  Hindari perilaku yang menyebabkan penurunan asam folat

Ada juga hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kadar asam folat dalam tubuh Anda, misalnya:

– Beberapa obat yang terbukti memiliki efek negatif pada tingkat asam folat. Obat tersebut termasuk methotrexate, trimetoprim, dan fenitoin (yang umum digunakan dalam pengobatan kanker). Obat ini dikenal sebagai obat antifolate karena tindakan mereka dalam menghambat atau menghalangi tindakan asam folat.

– Merokok juga diketahui menguras asam folat dalam tubuh. Bahan kimia berbahaya dari rokok merusak sel-sel tubuh dan mengurangi kemampuan mereka untuk memanfaatkan asam folat.

12.  Gunakan concealer untuk menutupi pigmentasi

Makeup adalah cara mudah untuk menyembunyikan warna kulit tidak merata yang disebabkan oleh pigmentasi. Dengan hanya sejumlah kecil concealer, Anda akan dapat secara efektif meratakan warna kulit Anda dan membuat pigmentasi kulit kurang terlihat.

Cara terbaik untuk menyembunyikan pigmentasi kulit adalah dengan menggunakan korektor atau concealer dengan warna oranye. Hindari menggunakan concealer yang dua warna lebih ringan dari warna kulit Anda karena ini hanya akan membuat daerah berpigmen terlihat abu-abu dan tidak wajar.