5 Bahan Alami untuk Membuat Rambut Menjadi Lebih Gelap

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Ada beberapa cara untuk menggelapkan rambut tanpa menggunakan pewarna rambut yang mengandung bahan kimia berbahaya. Banyak metode alami untuk menggelapkan rambut Anda dengan bahan-bahan yang dapat ditemukan di rumah, misalnya, kopi atau teh.

Kebanyakan metode alami akan menggelapkan rambut Anda perlahan-lahan dari waktu ke waktu, jika Anda menginginkan perubahan yang lebih cepat, henna adalah pewarna alami yang populer dan merupakan cara praktis untuk menggelapkan rambut.

Minyak Mustard

Anda dapat menemukannya di toko khusus rempah-rempah atau toko yang menjual produk makanan India dan Asia Selatan. Pastikan untuk pembelian minyak mustard biasa, bukan minyak esensial. Minyak mustard esensial dapat mengiritasi kulit.

Ingatlah bahwa minyak mustard adalah untuk pemakaian luar. Minyak mustard dilarang untuk dikonsumsi di Uni Eropa, Amerika Serikat dan Kanada. Minyak ini mengandung kadar tinggi asam eruct, yang dapat menyebabkan masalah jantung, anemia, dan meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Sebelum menggunakan minyak pada rambut, tempatkan minyak mustard dalam mangkuk kecil dan hangatkan sedikit di microwave atau di kompor. Hati-hati untuk tidak membuatnya terlalu panas.

Minyak bisa menodai pakaian, kulit dan area kerja. Lakukan tindakan pencegahan berikut:
– Pastikan bahwa Anda mengenakan handuk di atas bahu untuk melindungi pakaian.
– Memakai sarung tangan untuk melindungi tangan Anda dari yang noda minyak.
– Oleskan lapisan petroleum jelly atau pelembab tebal di atas leher, telinga dan garis rambut untuk melindunginya dari yang noda.
– Menutupi area kerja Anda dengan koran atau handuk.

Oleskan minyak mustard pada rambut Anda. Mulailah dengan ujung-ujung rambut kemudian ke atas menuju akar rambut. Pastikan bahwa minyak tersebut secara merata diterapkan pada rambut Anda. Setelah mencapai akar rambut, pijat kulit kepala Anda. Hal ini akan membantu melembabkan kulit kepala.

Banyak orang mengklaim bahwa menggunakan minyak mustard ke kulit kepala juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Bungkus rambut dalam topi mandi. Tinggalkan selama setidaknya dua jam. Anda bahkan dapat membiarkannya semalam.

Cuci rambut A dengan sampo ringan. Anda mungkin perlu mencucinya dua kali untuk menghilangkan minyak yang masih menempel. Anda dapat menerapkan minyak mustard untuk rambut hingga tiga kali setiap minggu.

Bubuk Amla

Bubuk amla merupakan bubuk yang terbuat dari gooseberry India yang mudah untuk ditemukan di toko online. Anda mungkin dapat menemukannya di toko-toko yang menjual produk India atau produk herbal.

Tempatkan 2 sendok teh bubuk amla ke dalam mangkuk. Kemudian, tambahkan 1 sendok teh minyak kelapa. Berikutnya, tambahkan air secukupnya. Aduk bahan sehingga membentuk campuran halus. Tambahkan kondisioner untuk campuran amla secukupnya.

Jika Anda memiliki rambut yang sangat panjang, Anda membutuhkan dua atau tiga kali lipat resep amla ini. Basahi dan bagi rambut menjadi beberapa bagian. Anda tidak perlu mencuci rambut, karena akan keramas sesudahnya. Sebarkan campuran amla ke rambut Anda.

Amla memiliki kualitas antioksidan kuat yang membuatnya sangat baik untuk kulit kepala Anda, sehingga Anda dapat melakukan pijat kulit kepala saat melakukan perawatan rambut ini.Biarkan campuran selama 30 sampai 90 menit. Kemudian lakukan keramas seperti biasa. Ulangi seminggu sekali..

Bubuk Henna

Anda dapat membeli henna baik secara langsung dan online. Sebagian besar toko bahan alami dan bahkan beberapa toko obat juga menjual henna. Jika Anda membeli henna dari toko makanan alami atau toko obat, bacalah bahan-bahan untuk memastikan bahwa henna yang Anda beli berisi bahan-bahan alami. Beberapa produsen menggabungkan henna dengan bahan kimia berbahaya yang biasa ditemukan dalam pewarna rambut biasa.

Perhatikan bahwa henna akan mewarnai rambut Anda menjadi warna coklat gelap. Jika Anda ingin rambut berwarna hitam, Anda membutuhkan ekstrak tanaman lain seperti nila di dalamnya.

Buatlah pasta dengan bubuk henna. Cara membuat pasta ini akan tergantung pada petunjuk kemasan henna. Bahan umum untuk membuat pasta henna di antaranya air panas mendidih, jus lemon, dan bubuk henna. Tekstur pasta henna nantinya akan mirip dengan kentang tumbuk. Beberapa produsen henna mengharuskan Anda membiarkan pasta selama beberapa jam sebelum digunakan.

Bagilah rambut Anda menjadi beberapa bagian. Gunakan jepit rambut untuk membagi rambut Anda menjadi beberapa bagian. Berapa banyak bagian akan tergantung pada ketebalan dan panjang rambut Anda.

Gunakan sarung tangan dan mulai dari pangkal leher untuk menerapkan pasta henna pada rambut. Anda mungkin akan memerlukan setidaknya beberapa jam untuk membiarkan campuran henna pada rambut, tergantung petunjuk pada kemasan henna. Kemudian gunakan sampo dan kondisioner seperti biasa.

Dalam beberapa hari pertama setelah Anda mewarnai rambut dengan henna, warna dapat menodai sarung bantal dan pakaian.

Teh Hitam

Seduh teh hitam dalam air mendidih. Biarkan dingin hingga suhu kamar. Tempatkan teh hitam dalam mangkuk besar. Pastikan mangkuk cukup besar hingga Anda dapat memasukkan rambut Anda ke dalamnya. Rendam rambut dalam teh selama sekitar 15 menit. Kemudian cuci rambut Anda.

Ulangi setiap hari selama dua minggu. Mungkin akan memakan waktu sekitar dua minggu agar rambut terlihat lebih gelap. Setelah itu, Anda mungkin dapat mempertahankan warna gelap tersebut dengan merendam rambut Anda seminggu sekali.

Variasi lain dari metode ini adalah seduh 3 sendok makan daun teh hitam dan 1 sendok makan daun rosemary pada 4 cangkir (960 ml) air mendidih selama sekitar 45 menit kemudian biarkan dingin.

Setelah keramas dan membilas rambut Anda, tuangkan campuran di atas rambut Anda. Biarkan selama setidaknya 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

Kopi

Seduh kopi dalam air mendidih. Tambahkan air yang cukup untuk sekitar 3 cangkir kopi. Tambahkan setidaknya dua kali lipat jumlah kopi bubuk yang biasanya Anda gunakan untuk minum. Biarkan kopi dingin. Bilas rambut Anda dengan seduhan kopi. Kemudian tempatkan kepala Anda di wastafel atau di bawah shower, kemudian cuci rambut Anda.

Metode lain adalah dengan menuangkan kopi ke dalam mangkuk besar dan kemudian mencelupkan rambut Anda ke dalamnya dan tahan selama beberapa detik. Cuci dan bilas rambut.

Variasi lainnya adalah dengan mencampur 480 ml conditioner dengan 2 sendok makan ampas kopi organik dan 240 ml kopi seduh yang telah didinginkan. Gunakan untuk membilas rambut dan biarkan selama sekitar satu jam sebelum Anda keramas.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *