Manfaat dan Efek Samping Baking Soda Sebagai Pemutih Kulit Wajah

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Apa kamu sedang mencari alternatif bahan pemutih wajah secara alami? Seiring semakin banyaknya muncul produk-produk kosmetik abal-abal yang berbahaya membuat orang-orang terutama wanita memang berfikir panjang untuk membeli dan menggunakan produk kosmetik yang beredar di pasaran.

Kesadaran bahaya kosmetik dengan bahan kimia pada produk-produk kecantikan tersebut membuat kita mulai melirik cara-cara alami untuk memutihkan kulit. Selain cenderung lebih aman, pemanfaatan bahan alami tentu lebih hemat dibandingkan dengan perawatan kecantikan di salon-salon terkemuka, atau membeli produk dengan kualitas yang bagus yang tentunya harganya tidak murah.

Jika kita searching di internet, banyak sekali bahan-bahan yang dipercaya bisa memutihkan wajah secaral alami. Mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran, minyak esensial, madu, beras, telur dan sebagainya. Diantaranya bahan-bahan alami tersebut, biasanya terdapat juga baking soda. Baking soda sering disebutkan sebagai salah satu bahan pemutih wajah secara alami.

Kamu tahu baking soda kan?Jika kamu masih ragu, berikut penjelasan singkat tentang baking soda ya.

Sekilas tentang baking soda

Wanita sih biasanya tau apa itu baking soda ya. Apalagi jika kamu suka memasak. Baking soda tentunya sudah tidak asing lagi bagi kamu kan? Baking soda biasanya kita kenal sebagai bahan pengembang kue.

Dalam bentuk alaminya, baking soda dikenal dengan nama Nahcolite. Nacholite ini merupakan bagian dari salah satu mineral alami yaitu Natron. Kandungan terbanyak dari mineral ini adalah bikarbonat.

Sejauh yang kita tahu, sejak dahulu baking soda kita kenal sebagai pengembang kue dan roti. Hal ini disebabkan oleh kandungan sodium bikarbonat yang terkandung di dalam baking soda. Kandungan lain yang terdapat dalam soda adalah vitamin C, zat alkaline, zat adidic, aluminium foil, vitamin C dan kandungan zat lainnya.

Baking soda untuk kulit wajah putih

Selain untuk membuat kue, baking soda ini sudah mulai banyak digunakan sebagai alternatif perawatan kecantikan seperti sebagai penghilang jerawat, pemutih gigi, penghilangkan flek pada wajah, menghilangkan minyak wajah, memutihkan kulit ketiak, membersihkan kuku, kondisioner rambut, penghilang bau mulut dan masih banyak manfaat lainnya.

Tapi beberapa sumber juga menyebutkan bahwa ternyata penggunaan baking soda untuk kecantikan sudah dimulai sejak zaman dahulu. Peradaban Mesir Kuno sudah memanfaatkan baking soda sebagai sabun untuk memutihkan kulit.

Kenapa baking soda bisa memutihkan kulit? Karena baking soda punya kemampuan untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati dan lapisan kulit paling atas sehingga yang terlihat adalah lapisan kulit bawah yang lebih cerah atau lapisan kulit. Dengan kata lain, baking soda mampu mempercepat regenerasi kulit.

Bagaimana cara memanfaatkan baking soda untuk memutihkan kulit wajah? Mudah saja kok, cukup dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air atau susu cair lalu gosokkan ke wajah sebagai scrubbing. Meskipun ampuh untuk mencerahkan kulit, namun menggunakan baking soda pada kulit punya efek samping yang tiak main-main lho.

Karena cara kerja baking soda yang keras. Baking soda bahkan bisa menghilangkan bekas gosong di peralatan memasak, membersihkan karat microwave. Baking soda bekerja pada logam! Bagaimana jika bahan ini bekerja pada kulit kita yang lunak?

Efek samping baking soda terhadap kulit

Banyak keluhan yang terjadi setelah menggunakan baking soda ke wajah. Keluhan tersebut seperti luka bakar, sensasi panas, kemerahan, iritasi dan masih banyak keluhan lainnya. Keluhan-keluhan tersebut disebabkan oleh kandungan keras yang terdapat di dalam baking soda seperti zat alkaline dan zat acidic.

Zat alkaline menyebabkan pengelupasan pada kulit sehingga kulit menjadi tipis dan mudah teriritasi dan sangat sensitif. Sedangkan zat acidic membuat wajah memerah, sensasi serasa terbakar dan juga menyababkan iritasi.

Apa kamu mau mengorbankan wajahmu dengan baking soda? Masih banyak kok bahan alami lainnya, meskipun memang hasilnya tidak secepat dengan baking soda. Tapi bahan alami yang berasal dari buah dan sayur jauh lebih aman daripada penggunaan baking soda. Hal yang penting, kamu melakukan perawatan secara rutin karena bahan alami tidak memberikan hasil secara instan.

Loading...

Komentar Pembaca untuk “Manfaat dan Efek Samping Baking Soda Sebagai Pemutih Kulit Wajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *