Plus Minus Menghilangkan Bulu Dengan Waxing dan Shaving

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Sebenarnya, bulu-bulu halus pada kulit kita adalah hal  yang wajar. Namun bagi sebagian orang terutama wanita, bulu-bulu halus tersebut terasa sangat mengganggu penampilan. Terlebih apalagi kalau bulu-bulu halus tersebut tumbuh cukup panjang dan tebal serta tumbuh di tempat-tempat yang mudah terlihat seperti di tangan dan kaki. Bagi kebanyakan orang,  kulit yang mulus dan tanpa  bulu sedikitpun jauh lebih menarik dan terlihat bersih daripada kulit yang berbulu.

Untuk mendapatkan kulit yang mulus dan bebas bulu tersebut, kita bisa melakukan beberapa cara untuk menghilangkan bulu tersebut. Di antara cara yang paling umum dilakukan adalah metode mencukur dan mencabut atau yang lebih kita kenal dengan nama metode waxing. Cara mana yang lebih baik?

Sebenarnya, kedua cara tersebut ampuh untuk menghilangkan bulu-bulu halus pada tubuh kita untuk beberapa jangka waktu tertentu. Namun  masing-masing cara punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa kelebihan dan kekurangan mencukur dan waxing?

Menghilangkan bulu dengan mencukur (shaving)

Mencukur merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan untuk menghilangkan bulu-bulu pada bagian-bagian tubuh tertentu. Kelebihan utama dari menghilangkan bulu dengan mencukur ini adalah praktis dan hemat. Tidak perlu harus ke salon segala apalagi sampai menghabiskan uang ratusan ribu hanya untuk menghilangkan bulu-bulu yang mengganggu tersebut.

Kita bisa melakukan perawatan ini dirumah cukup dengan menggunakan pisau cukur.  Dibandingkan dengan metode waxing yang bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, maka menghilangkan bulu dengan menggunakan pisau cukur tidak akan terasa sakit sama sekali.

Kekurangannya, mencukur menggunakan pisau cukur ini beresiko bisa mengakibatkan luka akibat pisau cukur sehingga kita harus super hati-hati dalam mencukur bulu-bulu halus tersebut agar tidak menyebabkan luka pada kulit. Selain itu bekas cukuran biasanya akan menimbulkan bengkak pada kulit untuk beberapa waktu sehingga terkadang menyebabkan rasa tidak nyaman.

Kekurangan yang paling menonjol dari metode mencukur bulu halus ini adalah bulu cepat sekali kembali tumbuh, bahkan bulu tersebut tumbuh lebih kasar dan keriting sehingga malah akan  memperburuk kulit kita jika tidak rutin dicukur.

Menghilangkan bulu dengan metode mencabut (waxing)

Karena menghilangkan bulu dengan mencukur cenderung membuat bulu semakin cepat tumbuh bahkan lebih tebal dan kasar, orang-orang mulai melirik metode waxing untuk menghilangkan bulu karena hasilnya lebih lama dan bulu yang tumbuh setelahnya malah lebih halus dari yang biasa.

Kenapa bulu bisa tumbuh lebih lama? Karena sebagaimana kita tahu mencabut berarti menghilangkan mulai dari akar-akarnya sehingga pertumbuhannya kembali akan lebih lambat. Kelabihan lainnya adalah metode waxing ini ternyata sekaligus juga bisa menghilangkan sel kulit mati yang ada pada kulit sehingga kulit menjadi lebih bersih dan mulus.

Sayangnya, metode ini tidak cocok untuk semua jenis kulit karena dalam beberapa kasus metode waxing sering menimbulkan iritasi pada kulit sensitif, menimbulkan kemerahan pada kulit serta membuat rambut tumbuh ke dalam. Jika rambut tumbuh  ke dalam, maka akan  menimbulkan tanda merah di bawah permukaan kulit. Kekurangan yang paling menonjol dan langsung dirasakan adalah rasa sakit yang ditimbulkan akibat proses pencabutan.

Nah, itulah dua cara umum untuk menghilangkan bulu-bulu halus pada wajah beserta kelebihan dan kekurangannya. Kamu pilih yang mana?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *