7 Tips Agar Rambut Tidak Cepat Beruban

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Salah satu tanda usia kita menua adalah tumbuhnya uban di kepala. Uban merupakan salah satu gejala alami yang pasti akan dialami semua orang ketika usia mereka mulai menua. Tapi sering kita lihat, tumbuhnya uban pada setiap orang ternyata berbeda-beda.

Ada yang ubannya baru tumbuh ketika mereka benar-benar sudah memasuki sia lanjut sekitar  60 tahunan, tapi ada juga yang tumbuh ubannya lebih cepat yaitu sekitar usia 40-an. Bahkan ada juga ternyata yang masih muda tapi sudah mulai tumbuh beberapa uban di kepalanya.

Dengan adanya orang dengan usia yang masih muda mengalami ubanan, sehingga kita bisa simpulkan bahwa  bukan hanya usia tua yang ada terlihat rambut beruban tapi bisa dialami oleh semua orang.  Bagaimana mencegah agar uban tidak tumbuh lebih cepat? Berikut hal yang harus kita lakukan agar uban tidak cepat tumbuh :

Hindari stress

Sebagaimana kita tahu, stress merupakan salah satu penyebab terjadinya penuaan secara dini.  Karena stress menyebabkan terganggunya fungsi vitamin B12 yang bisa menyebabkan uban tumbuh lebih cepat.

Orang yang mudah stress biasanya akan mengalami gejala penuaan lebih awal seperti kulit keriput dan juga tumbuhnya uban di rambut. Jadi jangan banyak-banyak stess ya kalau tidak mau ubannya tumbuh lebih cepat.

Konsumsi zat besi

Agar uban tidak cepat tumbuh, kita  juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin besi. Kenapa? Karena zat besi bisa menghasilkan melamin yang merupakan zat aktif untuk kesehatan dan keawetan rambut. Makanan mengandung zat besi yang bisa kita konsumsi seperti seafood, bayam dan jamur.

Kurangi makanan mengandung pengawet

Agar rambut tidak cepat berubah, kita juga harus mengurangi konsumsi makanan dengan bahan pengawet karena zat pengawet menghambat pigmentasi pada rambut sehingga warna rambut menjadi putih atau kita sebut uban.

Makanan mengandung protein

Selain makanan dengan kandungan zat besi, kita juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seprerti gandum, kacang dan daging. Protein sangat baik untuk memproduksi melamin untuk kesehatan rambut serta untuk untuk kesehatan sel-sel rambut.

Menjaga kebersihan rambut

Selain mencegah rambut agar tidak cepat beruban dari dalam, kita juga bisa mencegahnya dari luar. Cara yang kita lakukan untuk mencegah uban tentunya adalah dengan cara menjaga kebersihan rambut.

Salah satu cara menjaga kebersihan rambut tersebut adalah dengan menjaga agar ketombe tidak sampai muncul di rambut. Sebab ketombe sangat berpotensi untuk dalam memicu proses terjadinya ubanan.

Jangan merokok

Kamu suka merokok? Kalau iya sebaiknya mulai sekarang kamu belajar untuk berhenti merokok, sebab ternyata merokok bisa menyebabkan proses tumbuhnya uban menjadi lebih cepat.

Jadi jika kamu tidak ingin menjadi terlihat tua sebelum waktunya karena ubanan, sebaiknya berhenti merokok. Bukan hanya untuk mencegah ubanan lho, tapi begitu banyak dampak buruk yang bisa kita cegah dengan menghindari rokok.

Cek tanggal kadaluarsa produk rambut

Produk rambut yang sudah kadaluarsa seringkali menyebabkan masalah pada rambut, termasuk dalam hal mempercepat tumbuhnya uban. Jadi ketika kamu mau menggunakan suatu produk, sempatkanlah untuk mencek tanggal kadaluarsanya agar tidak menimbulkan bahaya terhadap rambut ataupun kesehatanmu.

**

Nah, bagaimana? Sudah siap mencegah rambut berubah sejak dini?

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *