Cara Sederhana Mencerahkan Kulit Dengan Asam Jawa

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Dengan menyebut kata asam saja terkadang kita sudah mengeluarkan air liur. Tamarind atau biasa kita menyebutnya dengan asam jawa umumnya digunakan untuk diolah menjadi permen, jelli dan sebagai bahan tambahan ketika memasak. Namun ternyata asam jawa ini bisa digunakan secara topikal untuk kulit Anda.

Gunakan tamarind atau asam jawa untuk membantu meningkatkan kecerahan kulit wajah Anda. Asam merupakan salah satu bahan yang mudah serta murah didapat untuk perawatan kulit wajah agar lebih lembut dan tampak muda.

Asam merupakan sumber dari antioksidan, flavonoid, vitamin C dan vitamin A. Fungsinya untuk mencegah efek buruk dari radikal bebas. Anda bisa menggunakan masker wajah dari asam untuk membantu mencegah iritasi kulit dan peradangan. Selain itu, manfaat asam jawa juga bisa mencerahkan warna kulit serta mengurangi penampakan bintik-bintik hitam dan noda bekas jerawat.

Simak terus artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan asam pada kulit untuk mendapatkan kulit wajah yang putih dan sehat bersinar. Ini dia ulasannya.

1. Mencerahkan Kulit

Rebus 30 gram asam di dalam 100 ml air bersih. Tambahkan sedikit (ingat, sedikit saja) kunyit. Rutin menggunakan masker campuran asam, air dan kunyit bisa membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Sangat cocok untuk kulit berminyak. Gunakan 2 hingga 3 kali seminggu.

2. Sebagai Pemutih

Cara lain adalah dengan mencampurkan bubuk asam dengan sedikit air perasan jeruk lemon dan madu. Pasta campuran ini bisa dijadikan masker wajah. Diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Gunakan pelembab setelahnya.

3. Sebagai Scrub Wajah

Asam kaya akan kandungan AHA atau alpha hydroxyl acids. Campurkan asam dengan sedikit garam laut dan krim susu aduk hingga merata lalu gosok perlahan secara memutar pada kulit wajah. Cara ini akan membantu mencerahkan wajah karena kandungan vitamin C dan B dalam asam bisa mengangkat dan meluruhkan sel-sel kulit mati pada kulit wajah sehingga wajah akan tampak lebih bersih, segar dan makin bersinar.

4. Wajah Cerah Bersinar Dalam Waktu yang Singkat

Campurkan satu sendok asam dengan satu sendok madu murni dan satu sendok tepung lalu aduk hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 20 menit sebelum dibilas dengan menggunakan air dingin.

5. Sebagai Toner

Rebus 30 gram asam jawa ke dalam 300ml air, saring lalu dinginkan (masukkan ke dalam kulkas). Campuran ini bisa digunakan sebagai toner atau penyegar wajah.

**

Selain untuk wajah, asam juga bisa digunakan untuk merawat kulit tubuh. Caranya cukup mudah, cukup dengan mencampurkan 2 sdm asam, 1 sdm air perasan jeruk lemon, 1/2 sdt baking soda dan 1 sdm gula pasir. Aduk rata. Lalu gosokkan pada kulit secara perlahan (pergunakan seperti scrub). Gosok hingga gulanya hancur.

Resep ini berguna bagi pemilik kulit yang cerderung berminyak dan mudah berjerawat. Jangan aplikasikan pada kulit yang baru saja dicukur atau diwaxing, karena bisa menyebabkan iritasi.

Nah, siapa sangka, asma jawa ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kulit. Harganya murah, mudah didapatkan dan cara pemakaiannya pun gampang, sangat menguntungkan bukan? Selamat mencoba!

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *