5 Manfaat Minyak Kelapa Murni Untuk Kecantikan

Loading...

DOKTERCANTIK.COM – Minyak kelapa telah lama dikenal sejak berabad tahun silam. Pada Abad ke-19, minyak kelapa menjadi produk unggulan di beberapa negara tropis. Namun setelah perang dunia-II, keberadaan minyak kelapa mulai tergantikan oleh minyak nabati lainnya, seperti minyak biji bunga matahari, minyak jagung, dan minyak kedelai.

Di Indonesia sendiri, minyak kelapa juga tersingkirkan oleh gencarnya produksi minyak sawit. Tersingkirnya keberadaan minyak kelapa ini dikarenakan adanya isu yang mengatakan bahwa minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh. Dimana sebagaimana kita tahu, lemak jenuh dapat memicu obesitas, gangguan kolesterol, dan penyakit jantung koroner Namun benarkah isu tersebut?

Ternyata isu tersebut hanyalah mitos dan tidak terbukti kebenarannya. Telah banyak ilmuwan yang melakukan penelitian terhadap minyak kelapa, dan hasilnya mereka melaporkan bahwa minyak kelapa mempunyai manfaat luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan.

Minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) dapat digunakan sebagai minyak goreng, diminum sebagai suplemen, bahkan diimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit.

Di dalam minyak kepala murni terkandung sekitar 50% asam laurat yang beperan dalam menyingkirkan jamur dan bakteri pada kulit. Selain itu, asam laurat juga sering digunakan sebagai bahan kosmetik untuk meningkatkat permeabilitas kulit (memudahkan bahan-bahan aktif lainnya meresap ke dalam kulit).

Kandungan minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil)

Sebelum kita membahas khasiat dari minyak kelapa, ada baiknya jika kita mengetahui bahan-bahan yang terkandung di dalam minyak kelapa.

Berikut kandungan pada 100 gram minyak kelapa murni:

  • Energi 870 kkal
  • Protein 1 gram
  • Lemak 98 gram
  • Kalsium 3 mg
  • Vitammin A 0 IU
  • Vitamin B 10 mg

Manfaat minyak kelapa murni (Virgin Coconut Oil) untuk kecantikan

Minyak kelapa murni mempunyai beberapa khasiat untuk kecantikan kulit, di antaranya adalah:

Gel untuk mencukur

Pada umumnya, saat bercukur kita membutuhkan gel agar proses bercukur tidak sakit dan lebih bersih. Minyak kelapa dapat dimanfaatkan sebagai gel bercukur yang efektif. Dengan menggunakan minyak kelapa sebagai gel bercukur, bulu-bulu di kulit akan tersingkir hingga bersih.

Scrub untuk tubuh

Minyak kelapa murni juga dapat dimanfaatkan sebagai scrub dan pencerah untuk kulit. Caranya, campurkan gula dan minyak kelapa murni secukupnya pada mangkuk. Gunakan campuran ini sebagai lulur secara teratur. Dalam beberapa hari, kulit akan tampak lebih bersinar dan lembut.

Membersihkan make up mata

Make up pada mata cenderung susah untuk dibersihkan dan sering meninggalkan bintik-bintik hitam di sekitar mata. Minyak kelapa dapat membantu membersihkan make up hingga bersih. Caranya, tuangkan beberapa tetes minyak kelapa pada kapas, kemudian sapukan di sekitar mata dengan lembut. Dan lihatlah, noda dan bintik-bintik akan hilang total.

Pelembab

Minyak kepala dapat digunakan untuk melembabkan kulit pada wajah dan tubuh, seperti siku, lutut, dan bibir. Anda juga dapat mecampurkan minyak kelapa dengan gula untuk scrub pada bibir, sehingga bibir tidak lagi terlihat kering.

Blush on

Mungkin tidak banyak orang yang melakukan hal ini, tapi percayalah minyak kelapa dapat dimanfaatkan untuk pemerah pipi. Pada umumnya, sebagian dari kita mencoba mencocokkan warna lipstik dengan blush on. Sayangnya, terkadang cukup sulit menemukan warna yang matching antara blush on dan lipstik.

Anda dapat mengoleskan sedikit lipstik pada pipi. Kemudian ratakan lipstik di pipi dengan sedikit minyak kelapa. Hal ini akan tampak seperti pemerah pipi alami. Dan anda tidak perlu khawatir, karena metode ini tidak akan menimbulkan jerawat.

**

Demikianlah 5 manfaat minyak kelapa murni untuk kecantikan. Semoga dapat bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *