DOKTERCANTIK.COM – Wajah adalah aset terpenting bagi penampilan wanita, sehingga harus dijaga agar tetap sehat dan bersih. Sayangnya, efek polusi, gaya hidup, pola makan seringkali memicu timbulnya masalah pada wajah. Salah satunya adalah jerawat.

Yup! Jerawat merupakan masalah klasik sebagian besar remaja yang susah untuk diatasi. Penggunaan obat-obatan, krim, dan sabun antibakteri seringkali tak membuahkan hasil apapun. Bahkan terkadang malah memicu jerawat lebih banyak. Serba bingung, kan?

Nah, mulai sekarang kalian tidak perlu bingung-bingung lagi, karena ada solusi mudah dan murah untuk mengobati jerawatmu, yaitu dengan prebiotik. Selama ini mungkin kalian mengetahui prebiotik digunakan pada minuman berfermentasi. Nyatanya, kalian juga bisa menerapkan prebiotik pada wajah untuk mengatasi jerawat.

Khasiat Prebiotik Untuk Mengobati Jerawat

Apakah prebiotik itu?

Prebiotik adalah serat pangan yang tidak dapat dicerna usus, berfungsi sebagai suplemen untuk menstimmulasi pertumbuhan bakteri baik di dalam sistem pencernaan. Salah satunya bakteri bifidobacteria.

Apabila prebiotik diaplikasikan pada wajah, maka akan memicu pertumbuhan bakteri baik atau dikenal probiotik yang meningkatkan sistem imun kulit melalui pembentukan antibodi. Di samping itu, prebiotik juga menurunkan pH kulit, meningkatkan asupan nutrisi kulit, dan mencegah bakteri jahat masuk ke dalam permukaan kulit.

Penelitian terkait khasiat prebiotik untuk menghilangkan jerawat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan dari Caledonian University, Prof. Richard Tester mengungkapkan bahwa prebiotik mampu melawan bakteri penyebab jerawat, Prof Richard melakukan penelitian terhadap GMH prebiotik (glukomanan hidrolisat) yang berasal dari umbi-umbian. Hasil dari penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa prebiotik dapat mengobati jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit.

Di samping mengobati jerawat, prebiotik juga mempunyai berbagai manfaat untuk kulit, seperti mencegah keriput, mencegah pigmentasi kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mejaga elastisitas kulit, dan mencerahkan kulit.

Cara kerja prebiotik di dalam kulit

Prebiotik akan meningkatkan produksi bakteri baik, dimana bakteri baik ini dapat menjaga kelembaban kulit, mencegah infeksi, iritasi, flek-flek hitam, dan jerawat pada kulit.

Bakteri baik berkerja dengan cara menembus lapisan kulit dalam, kemudian memperbaiki kerusakan struktur DNA kulit. Bakteri baik juga membantu produksi kolagen, sehingga dapat meningkatkan kekencangan kulit dan meregenerasi sel-sel kulit.

Kapan mengaplikasikan prebiotik untuk mengobati jerawat?

Prebiotik dapat kamu aplikasikan kapan saja pada kulit untuk mengobati jerawat. Prebiotik bersifat lembut dan berperan membersihkan kulit sevara menyeluruh. Dengan demikian, kulit akan menjadi lebih bersih, sehat, dan cerah.

Sumber prebiotik

Selain di minuman berfermentasi dan suplemen, prebiotik juga dapat ditemukan pada sumber makanan alami, seperti buah-buahan, gandum, kacang polong, brokoli, asparagus, bawang prei, bawang merah, dan bawang putih.

Yang perlu kaliah tahu, sebaiknya hindari penggunaan bawang merah dan bawang putih untuk mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan bawang bersifat panas, sehingga memicu peradangan pada kulit.

**

Nah, sekarang sudah tahukan bahwa prebiotik adalahh solusi super ampuh untuk mengatasi jerawat, baik itu jerawat kecil-kecil ataupun jerawat batu. Jika kamu ingin memperoleh hasil yang lebih optimal, pastikan untuk rutin mencuci muka, menjaga pola makan tetap sehat, serta hindari stres berlebihan.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»