DOKTERCANTIK.COM – Untuk memiliki kulit wajah yang indah, Anda tidak perlu menggunakan produk mewah dan mahal. Pembersihan kulit merupakan langkah penting dari setiap perawatan kulit. Sebuah pembersih wajah alami adalah pilihan yang cocok yang tidak hanya membersihkan kulit, tetapi juga untuk menjaga kulit Anda sehat.

Langkah yang paling penting dalam setiap perawatan kulit adalah membersihkan kulit Anda dengan benar. Mulailah perawatan kulit dengan membersihkan wajah, sehingga dapat menghilangkan kelebihan minyak, debu dan polusi yang menghalangi pori-pori kulit.

Kulit Anda sehari-hari terkena kotoran, keringat, debu, bakteri, matahari, dan angin yang keras, yang membuatnya rentan terhadap masalah kulit dan kehilangan kelembabannya. Itulah sebabnya pembersihan yang tepat menjadi bagian terpenting dari rutinitas sehari-hari perawatan kulit.

Cara Membuat Sendiri Pembersih Wajah Alami

Jika Anda tidak membersihkan kulit dengan benar, pori-pori akan tersumbat dengan kotoran yang menyebabkan masalah kulit, seperti noda, jerawat, bintik-bintik penuaan, keriput, gatal, dan sebagainya.

Pasaran kini dibanjiri dengan banyak produk pembersih wajah, dan sebagian besar mengaku dapat membersihkan kulit Anda dari dalam. Tapi tidak ada salahnya jika Anda membuat pembersih wajah buatan sendiri dengan bahan-bahan alami yang lebih mudah didapat.

1. Susu, Almond, dan Jus Lemon untuk Semua Jenis Kulit

Haluskan almond sekitar 1 /8 cangkir dan mencampurnya secara menyeluruh dengan 2 sendok makan susu / krim dan 1 sendok teh jus lemon. Gunakan campuran ini untuk membersihkan kulit Anda dengan lembut. Bilas dengan air hangat.

2. Susu untuk Semua Jenis Kulit

Ambil susu mentah tanpa direbus dalam mangkuk. Celupkan bola kapas atau pad dalam susu dan oleskan di wajah Anda, dahi dan leher untuk menyeka semua kotoran. Biarkan kering dan oleskan lagi beberapa kali. Tunggu beberapa waktu dan kemudian cuci untuk mendapatkan kulit lembut.

3. Air mawar untuk Semua Jenis Kulit

Air mawar adalah obat alami yang paling sederhana dan efektif untuk membersihkan wajah. Anda dapat menerapkannya setiap malam sebelum tidur untuk mendapatkan kulit bersinar. Celupkan bola kapas di air mawar dan hapus semua kotoran yang terakumulasi pada wajah, dahi dan leher untuk menyingkirkan masalah kulit.

6 Manfaat Kecantikan dari Mentimun

4. Mentimun untuk Kulit Normal

Parut satu mentimun dan gosokkan ke kulit Anda dalam gerakan melingkar. Mentimun bertindak sebagai pembersih alami yang sangat baik sekaligus toner.

Campurkan 1 sendok makan jus mentimun dengan 1 sendok teh plain yogurt/dadih. Gosokkan campuran ini ke wajah, dahi, dan leher. Biarkan selama 5 menit dan cuci dengan air dingin. Ini akan membersihkan serta memelihara kulit Anda.

5. Yogurt Dan Madu untuk Kulit Kering

Yogurt bertindak sebagai pembersih alami yang efektif untuk kulit kering. Campurkan 1 sendok makan yogurt tawar dan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajaha, dahi dan leher dan bersihkan kulit. Biarkan selama 2 menit dan kemudian bilas dengan air dingin.

6. Mentimun, Yogurt Dan Oatmeal untuk Kulit Kering

Aduk 1/4 bagian dari mentimun yang dihaluskan, 2 sendok makan yogurt tawar, dan 2 sendok makan oatmeal masak dalam mangkuk. Gunakan campuran ini untuk mencuci wajah dan leher.

Masker Anti-Aging Berbahan Dasar Kuning Telur

7. Madu, Kuning Telur Dan Almond untuk Kulit Kering

Kocok 1 kuning telur dan campur secara menyeluruh 1 sendok makan madu dan 5-7 sendok teh almond bubuk. Aduk rata dan oleskan di seluruh wajah, dahi dan leher. Biarkan kering dan kemudian bilas dengan air hangat.

8. Madu

Madu bertindak sebagai agen pembersih alami yang sangat baik, serta menjaga kulit Anda dari dehidrasi dan melembutkan. Campur setengah sendok madu dengan air. Terapkan ini langsung ke wajah Anda, dahi dan leher dan bilas dengan air hangat setelah 10-15 menit.

Campuran ini bekerja sebagai pembersih yang lembut dan mengurangi sekresi minyak dan jerawat. Jika Anda memiliki kulit kering, campurkan susu bukan air dan Anda yang memiliki kulit berminyak dapat mencampur jus lemon dengan madu.

9. Cuka Sari Apel

Ini adalah salah satu yang terbaik dari bahan alami untuk pembersih wajah yang membantu untuk membangun kembali keseimbangan pH kulit, mengurangi jerawat, mencegah penyumbatan pori-pori, dan mencegah kulit menjadi terlalu berminyak atau terlalu kering. Tingkat pH-nya sekitar 5,5, yang sangat dekat dengan pH yang sempurna dari kulit manusia.

Untuk membuat pembersih wajah alami, campur 1 bagian cuka sari apel dengan 2 bagian air, aduk rata. Oleskan pada wajah dengan bantuan kapas atau bola. Setelah kulit Anda mengering, gunakan pelembab favorit Anda.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»