Mengenal Fungsi dan Manfaat Toner Bagi Kulit Wajah

DOKTERCANTIK.COM – Banyak orang tidak mengetahui dengan jelas tentang peran toner dalam rutinitas perawatan kulit. Hal ini sangat disayangkan, karena toner diformulasikan untuk menawarkan manfaat yang benar-benar bagus untuk kulit.

Ketika Anda membersihkan kulit, kulit Anda sangat membutuhkan bahan-bahan tertentu untuk membantu proses perbaikan dan membarui epidermisnya. Tidak ada mekanisme untuk kulit untuk mendapatkan jumlah yang cukup dari elemen penting ini, termasuk antioksidan dan bahan yang memperbaiki kulit seperti gliserin, asam lemak, dan ceramide.

Sebuah toner yang tepat dapat memberikan kulit Anda tampilan sehat setelah pembersihan agar terlihat lebih muda, lebih segar, dan halus sepanjang hari.

Jenis-Jenis Toner

Sebelum Anda melihat beberapa produk toner untuk kulit Anda, Anda perlu memahami berbagai jenis toner yang tersedia di pasaran. Toner dapat dibagi menjadi tiga kategori:

Loading...

(i) Toner Berbasis Alkohol

Toner tersebut sering mengandung zat-zat seperti witch hazel. Toner dengan alkohol lebih baik dihindari karena dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan gangguan radikal bebas, yang merugikan kemampuan kulit Anda untuk memperbaiki dirinya sendiri. Toner tersebut juga menghambat kemampuan kulit untuk menghasilkan kolagen yang sehat.

READ:  Cara Memerahkan Bibir Secara Alami dan Permanen

(ii) Toner Berbasis Air Dan Gliserin Atau Glycol

Toner tersebut sebagian besar dipasarkan dengan ekstrak wangi, seperti air mawar atau buah-buahan. Jenis toner ini dapat digunakan sebagai penyegar atau clarifiers, dan hanya sedikit mengandung wewangian untuk wajah Anda. Toner dengan wewangian berlebihan dapat menyebabkan reaksi yang berbahaya bagi kulit.

(iii) Toner Berbasis Air

Toner berbasis air terbuat dari bahan anti-oksidan, bahan perbaikan kulit, dan unsur-unsur seperti niacinamide.

Sebaliknya, Anda tidak mencoba untuk menggunakan toner yang terdiri dari unsur-unsur berbahaya bagi kulit, seperti alkohol, jeruk, atau parfum berlebihan, meskipun berlabel alami. Kerusakan, iritasi dan gangguan kemampuan penyembuhan kulit Anda dan mengurangi produksi kolagen sehat merupakan efek samping dari penggunaan toner berbahaya tersebut.

Cara Membuat Toner Alami

Jika Anda tidak dapat mengidentifikasi toner yang paling cocok untuk jenis kulit Anda, Anda dapat menemukan beberapa toner kulit alami buatan sendiri.

1. Air mawar, Gliserin dan Alum Untuk Kulit Normal : Ambil 50 gram air mawar, 1/2 sendok makan alum dan 100 gram gliserin. Campurkan semua bahan dan campur bersama-sama dengan baik. Celupkan kapas ke dalam larutan dan seka wajah dan leher dengan toner ini. Biarkan selama 10 menit, dan kemudian bilas dengan air biasa. Anda dapat menyimpan toner buatan sendiri ini di dalam lemari es untuk penggunaan sehari-hari.

READ:  Tips Mudah dan Aman Menghilangkan Noda Hitam

2. Cuka Putih : Bila Anda ingin menerapkan toner kulit, gabungkan air dan cuka putih dalam ukuran yang sama. Ambil kapas, celupkan dalam campuran, remas sedikit dan bersihkan wajah dan leher dengan kapas basah ini.

3. Jus Lemon : Dengan lembut gosok air jeruk nipis atau lemon di wajah Anda, biarkan selama 10 menit. Bilas dengan air biasa.

5. Mentimun Dan Yogurt : Parut mentimun segar dan tambahkan setengah cangkir plain yogurt / dadih. Campur bahan dengan baik, dan kemudian menerapkannya ke wajah dan leher, biarkan selama 5-10 menit. Bilas dengan air biasa. Simpan sisanya di lemari es untuk penggunaan selanjutnya. Toner buatan sendiri ini sangat efektif untuk kulit berminyak.

6. Madu, Lemon Dan Telur : Ambil satu butir telur dan aduk sampai mengental. Tambahkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh lemon. Campur tiga bahan dengan baik. Terapkan madu, telur dan jus lemon ini ke wajah dan leher, hindari bagian mata dan bibir. Biarkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air biasa.
7. Aloe Vera : Peras jus dari daun lidah buaya dan oleskan pada leher dan wajah. Jus Aloe Vera tidak hanya bekerja sebagai toner alami, tapi menyembuhkan kulit terbakar sinar matahari dan menghilangkan ruam pada kulit.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *