7 Tanda Cream Pemutih Berbahaya Yang Perlu Diketahui

DOKTERCANTIK.COM – Kulit putih seringkali menjadi salah satu syarat agar wanita tampil lebih cantik. Sayangnya, perbedaan ras, suku dan keturunan membuat tidak semua kita bisa mendapatkan kulit putih tersebut. Meskipun sebenarnya kulit coklat tetap eksotis, kita umumnya tetap lebih menyukai kulit yang putih karena terlihat lebih bersih dan sehat.

Untungnya, keinginan kita untuk mempunyai kulit wajah yang lebih putih tersebut bisa terwujud dengan adanya cream pemutih yang beredar di pasaran. Berbagai merek dengan berbagai harga saling mempromosikan keunggulan produk mereka masing-masing.

Namun apa semua produk tersebut aman bagi kita? Tentu saja tidak. Ada beberapa produk kecantikan yang sangat tidak disarankan bagi kita karena kandungan kimia berlebihan yang terkandung di dalamnya sehingga dapat membahayakan kesehatan. Kita harus berhati-hati. Jangan sampai keinginan kita untuk tampil cantik malah bisa membahayakan kesehatan kita.

7 Tanda Cream Pemutih Berbahaya Yang Perlu Diketahui

Lalu bagaimana cara mengenali cream pemutih berbahaya ini? Ini dia ulasannya, simak ya.

Pertama, harga yang sangat murah

Jangan mudah tergiur dengan produk kecantikan yang ditawarkan dengan harga sangat murah. Bisa saja produk tersebut hanya produk abal-abal yang hanya dimaksudkan untuk mencari keuntungan semata. Kamu tahu kan bahaya produk abal-abal?

Kedua, tidak ada tanda izin BPOM

Produk yang terbukti aman sudah mengalami tes layak uji di BPOM. Hal tersebut ditandai dengan adanya penanda nomor seri BPOM pada kemasan produk tersebut. Tidak ada tanda izin BPOM, maka jangan coba-coba untuk menggunakannya, bisa saja produk tersebut membahayakan kamu.

Ketiga, warna krim yang mencolok dan mengkilap

Krim putih berbahaya, juga bisa dikenali dengan warnanya yang terlalu mencolok dan mengkilap. Hal ini disebabkan oleh pewarna buatan yang terdapat dalam krim tersebut sehingga warnanya menjadi terlalu mencolok. Jika kamu menemukan krim seperti itu, maka sebaiknya kamu tidak membelinya. Coba lihat krim dengan warna lebih normal.

Keempat, terasa lengket kena kulit

Kita juga bisa mengidentifikasi bahwa krim kulit tersebut berbahaya dari tekstur krim pemutih tersebut. Krim kulit yang berbahaya akan terasa lengket jika tersentuh kulit.

Kenapa? Karena biasanya produsen-produsen nakal tersebut mencampurkan krim tersebut dengan bedak sehingga teksturnya menjadi lengket. Tidak ada salahnya ketika kamu mau membeli suatu produk pemutih, coba lakukan sedikit cek produk untuk memastikan keamanannya.

Kelima, bau menyengat

Produsen produk abal-abal ini biasanya juga menambahkan pewangi buatan pada produk mereka. Mereka menambahkan aroma parfum yang berlebihan untuk menyamarkan bau bahan kimia yang mereka campurkan pada krim tersebut. Alhasil, krim tersebut akan mempunyai bau yangsangat menyengat. Harum tapi memuakkan.

Keenam, menjanjikan hasil instan

Kita biasanya mudah sekali tergiur dengan hasil yang instan. Kalau sekarang pakai, langsung ada perubahan. Ada produk yang seperti itu? Ada. Namun, hati-hatilah. Produk yang memberikan hasil secara instan disinyalir memiliki kandungan kimia berbahaya seperti mercury.

Memang cepat hasilnya, tapi memberikan efek bahaya bagi kulit dan bahkan bagi kesehatan. Pilihlah produk yang proses kerjanya bertahap saja. Jangan terlalu kalap dengan hasil instan.

Ketujuh, ketidaknyamanan pada kulit

Jika terjadi keluhan pada kulit seperti panas, perih, dan kulit menjadi merah setelah pemakaian suatu krim pemutih, sebaiknya kamu menghentikan pemakaian krim tersebut. Karena bisa saja itu efek samping bahaya dari krim pemutih yang kamu pakai atau iritasi akibat bahan kimia berbahaya yang terdapat pada krim tersebut. Jangan sampai keluhan kecil tersebut menjadi semakin besar karena kamu terus memakai produk tesebut.

**

Nah, itulah 7 tanda bahan krim pemutih berbahaya yang harus kamu kenali agar kamu tidak salah membeli dan menggunakan cream pemutih yang bisa membahayakan kesehatan kamu.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *