DOKTERCANTIK.COM – Jerawat adalah salah satu masalah utama yang dihadapi remaja, baik laki-laki maupun perempuan. Karena banyaknya yang mengalami masalah ini, maka saat ini ada banyak sekali obat jerawat yang dijual di pasaran dan juga ragam bahan alami yang dipercaya bisa membantu menghilangkan jerawat.

Salah satu bahan yang dipercaya bisa mengurangi bahkan menghilangkan jerawat adalah vitamin E. Banyak produk perawatan kulit yang kini menjadikan vitamin E sebagai unsur penting. Minyak vitamin E memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat yang sangat efektif dalam mengobati berbagai masalah kulit, antara lain, memperlambat tanda-tanda penuaan, menghidrasi kulit, serta memudarkan dan menghilangkan bekas jerawat.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin E alami adalah kacang almond, brokoli, hazelnut, gandum, madu, ubi jalar, dan biji bunga matahari.

Vitamin E untuk jerawat

Penyebab Jerawat

Beberapa penyebab jerawat antara lain:

– Kadar hormon yang berfluktuasi
Hormon yang berfluktuasi bisa menyebabkan kelenjar minyak menjadi terlalu aktif sehingga pori-pori tersumbat oleh minyak berlebih lalu berubah menjadi jerawat.

– Bakteri
Kulit terkena bakteri lalu bakteri menyebabkan peradangan dan iritasi. Infeksi semacam ini bisa menjadi penyebab jerawat dan beberapa jenis masalah kulit lainnya.

– Sel Kulit Mati
Pori-pori juga bisa tersumbat oleh sel kulit mati. Jika sel kulit mati terakumulasi dan bercampur dengan bakteri serta minyak kulit wajah dan tidak segera dibersihkan, maka akan memicu timbulnya jerawat.

– Reaksi Alergi
Bagi sebagian orang, timbulnya jerawat juga bisa disebabkan karena adanya reaksi alergi. Salah satu contohnya adalah alergi pada jenis detergen tertentu yang digunakan untuk mencuci kain dan pakaian yang dikenakan.

Penggunaan Vitamin E Untuk Mengobati Jerawat

Cara paling baik untuk mendapatkan vitamin E langsung dari sumbernya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E alami. Selain itu Anda juga bisa menemukan Vitamin E yang lebih praktis dalam bentuk kapsul. Namun ada hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin menggunakan vitamin C secara oral.

Manfaat Vitamin E Untuk Melawan Jerawat

Yang pertama adalah, apakah Anda lebih menyukai suplemen vitamin E yang alami atau sintetis. Suplemen yang alami tentu lebih mudah diserap oleh tubuh.

Para ahli menyarankan agar mengkonsumsi suplemen vitamin E yang memiliki campuran alami tocotrienol dan tocopherol. Minyak vitamin E yang alami diketahui 2 kali lebih aktif dibandingkan yang sintetis.

Yang kedua adalah, jumlah kebutuhan hariannya yang direkomendasikan, yakni 22 IU untuk dewasa, namun saat ini banyak produk yang dijual dengan dosis yang lebih tinggi.

Sebuah studi mengatakan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi vitamin E bisa meningkatkan resiko kematian. Hal ini disebabkan karena resiko pendarahan yang tinggi karena terlalu banyak vitamin E sementara tubuh kekurangan vitamin K. Jaga asupan vitamin E dibawah 400 IU.

**

Cara menggunakan vitamin E untuk mengobati jerawat adalah dengan menggunakannya secara topikal. Seperti yang sudah disebutkan sekilas di atas, biasanya dijadikan bahan campuran krim perawatan wajah, body lotion dan sabun.

Atau dioleskan langsung ke kulit yang berjerawat. Namun disebutkan juga bahwa vitamin E tidak cocok dioleskan langsung pada jenis kulit yang berminyak. Selain itu penggunaan vitamin E secara langsung juga bisa membantu mencegah penyumbatan pada pori kulit sehingga meminimalisir resiko munculnya jerawat.

Berikut langkah langkah yang harus dilakukan untuk menggunakan minyak vitamin E secara topikal:

– Bersihkan wajah dan pastikan semua make up debu dan kotoran dihapus.
– Rendam handuk kecil atau kain lembut dalam air hangat, peras dan letakkan selama beberapa saat hingga menutupi wajah. Hal ini berfungsi untuk membuka pori-pori kulit wajah.
– Teteskan beberapa tetes minyak vitamin E di ujung jari lalu gosok secara merata ke wajah dan pijat secara lembut selama beberapa saat hingga minyak terserap.

Lakukan secara rutin maka akan nampak hasilnya. Kulit akan terasa lebih lembut, cerah, bebas noda dan sehat sehingga kulit akan jauh dari jerawat.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Anda punya keluhan atau pertanyaan seputar masalah kesehatan atau perawatan kecantikan? Silahkan bertanya pada tim DokterCantik.com melalui HALAMAN KONSULTASI. Kami akan berusaha segera menjawab setiap pertanyaan yang Anda ajukan. KLIK DI SINI UNTUK MULAI BERTANYA »»»