7 Makanan Dengan Kolagen Tinggi Untuk Kecantikan Kulit

DOKTERCANTIK.COM – Kolagen merupakan senyawa protein dari asam amino yang terbentuk dari karbon, oksigen dan hydrogen yang berfungsi untuk mendukung jaringan tubuh manusia seperti tulang, otot dan kulit. Sekitar 77 % kulit tubuh manusia terbentuk dari kolagen, dan produksi kolagen dalam tubuh akan menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Biasanya pada usia 25 tahun kulit tubuh akan mulai kehilangan kolagen sekitar 1.5% pertahun dan akan mencapai 50% setelah usia 60 tahun. Kekurangan kolagen dalam tubuh akan menimbulkan masalah tentunya seperti melemahnya tulang rawan pada sendi ataupun perubahan yang terjadi pada struktur kulit seperti kulit menjadi lebih kendur, berkurangnya elastisitas kulit dan kulit menjadi berkerut atau keriput.

Nah untuk menjaga agar kolagen dalam tubuh terus diproduksi maka sejak dini anda perlu rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen sebagai antisipasi kurangnya kolagen di usia tua nanti.

Berikut ini kami berbagi info untuk anda tentang jenis-jenis makanan yang mengandung kolagen tinggi sehingga baik dikonsumsi demi kesehatan dan kecantikan kulit.

Loading...

1. Tomat

Buah tomat sangat baik dikonsumsi karena kandungannya yang kaya akan senyawa Lycopene. Senyawa ini membantu tubuh untuk melawan kolagenase yang merupakan jenis enzim yang dapat menghambat atau menghancurkan produksi kolagen dalam tubuh manusia. Selain itu tomat juga kaya akan vit C dan E yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.

READ:  Cara Alami Melembabkan Bibir

2. Kedelai

Kedelai merupakan makanan yang jika rutin dikonsumsi akan sangat baik untuk pembentukan kolagen dalam tubuh, produk kedelai dapat ditemukan pada makanan seperti tempe, tahu, keju dan susu kedelai.

3. Apel

Buah apel merupakan buah yang populer dan banyak digemari oleh pria maupun wanita. Selain karena tampak menarik juga memiliki rasa yang segar, buah apel juga sangat baik dikonsumsi setiap hari karena mengandung banyak vitamin C untuk pembentukan kolagen, apel juga mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

4. Madu Murni

Madu murni yang dihasilkan oeh lebah merupakan makanan alami yang kandungannya paling mendekati sempurna untuk kesehatan tubuh. Madu dapat dimanfaatkan sebagai perawatan kulit luar seperti dijadikan masker maupun untuk dikonsumsi sebagai perawatan tubuh dari dalam.

Madu murni mengandung asam amino tinggi yang tentunya sangat baik untuk pembentukan kolagen, juga mengandung karbohidrat dan kaya akan vitamin, selain itu madu juga mudah diserap oleh tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi madu murni maka anda akan lebih sehat dan mendapatkan kulit halus yang bercahaya.

READ:  8 Tips Mendapatkan Kulit Bersinar dan Cantik Dalam Waktu Singkat

5. Omega 3

Kolagen juga dihasilkan oleh tubuh dengan rutin mengkonsumsi makanan yang kaya akan omega 3 seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan mackerel, telur dan kenari. Omega 3 merupaka asam lemak baik yang menjadikan kulit lebih halus, lembut dan kenyal.

6. Pepaya

Pepaya kaya akan vitamin C dan antioksidan untuk pembentukan kolagen dalam tubuh. Buah kuning yang satu ini sejak dulu telah di ketahui sangat baik untuk kecantikan kulit, bahkan pepaya juga telah banyak dikembangkan untuk produk kosmetik seperti sabun pepaya, lulur pepaya, cleanser pepaya, handbody pepaya dan masih banyak lagi.

Buah pepaya sangat mudah ditemui di negara-negara tropis seperti Indonesia, rasanya pun sangat manis sehingga banyak disukai.

7. Jeruk

Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini, hampir semua orang mungkin pernah memakan buah yang rasanya manis dan sedikit asam atau kadang-kadang kecut ini. Jeruk semenjak dulu telah diketahui mengandung banyak vitamin C, 100 gram jeruk telah mengandung 90% kebutuhan vitamin C dalam tubuh kita.

READ:  Tips dan Cara Menghilangkan Selulit

Kandungan vitamin C dalam buah jeruk tentunya sangat baik untuk pembentukan kolagen dalam tubuh. Buah jeruk juga mangandung flavonoid yang tinggi dan zat herpidin yang berfungsi sebagai makanan untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi.

**

Nah demikianlah 7 jenis makanan yang jika dikonsumsi secara rutin, sangat baik untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Maka jika anda ingin mendapatkan kulit cantik hingga tua nanti, mulailah dari sekarang untuk selalu rutin mengkonsumsi jenis makanan tersebut setiap hari.

Semoga bermanfaat ya.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Komentar Pembaca untuk “7 Makanan Dengan Kolagen Tinggi Untuk Kecantikan Kulit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *