3 Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan Rambut

DOKTERCANTIK.COM – Rambut adalah mahkota, demikian pernyataan populer untuk menunjukkan peran penting rambut terhadap penampilan seseorang. Hal ini tentunya membuat kita rela melakukan berbagai perawatan untuk mendapatkan rambut yang cantik dan sehat agar penampilan menjadi lebih maksimal.

Kita melakukan perawatan rambut dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang fokus  menjaga rambut agar tidak berketombe. Ada yang menginginkan rambut yang sehat dan tebal dan ada pula yang rela memakai cat rambut agar ubannya tidak terlihat. Tapi kalau bisa sekaligus kenapa tidak ya?

Nah, buat kamu yang suka dan merasa lebih percaya pada perawatan kecantikan rambut secara alami, pada artikel kali ini, kita akan membahas salah satu bahan alami unik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan rambut mencakup cara untuk menghilangkan ketombe, membuat  rambut menjadi tebal,  menjadikan rambut kuat serta mengatasi masalah uban. Apakah bahan alami tersebut? Bahan alami tersebut adalah lada hitam.

Manfaat Lada Hitam Untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

Membayangkan melumuri kepala dengan lada yang tentunya akan memberikan efek panas mungkin akan sedikit menimbulkan rasa tidak nyaman ya. Tapi tenang, dengan cara tertentu sensasi panasnya tidak akan terlalu kentara kok. Apalagi setelah kamu menyimak manfaatnya berikut, dijamin lupa deh sama sensasi panasnya.

Berikut manfaat lada hitam untuk kecantikan rambut :

Pertama, untuk mengatasi ketombe

Salah satu masalah rambut yang sering membuat kita tidak percaya diri adalah ketombe. Apalagi kalau kita memakai pakaian yang gelap, risih sekali jika sewaktu-waktu bahu sudah pada putih karena ketombe sudah berjatuhan. Malu kan?

Dengan mengkombinasikan lada hitam dengan yogurt kamu bisa mengatasi hal tersebut. Karena lada hitam mengadung zat anti bakteri yang bisa mengusir bakteri penyebab ketombe. Cukup campurkan satu sendok teh lada hitam ke dalam yogurt lalu oleskan pada rambut sebagai hair mask.

Biarkan selama 30 menit agar kandungannya meresap pada rambut dan kulit kepala. Setelah 30 menit kamu boleh membilasnya, tapi jangan bilas dengan shampo dulu ya sebab nanti malah membuat kandungan lada hitamnya jadi terhapus lagi oleh sampo. Biarkan kandungan tersebut benar-benar meresap dulu selama satu malam. Besoknya baru kamu boleh membilasnya dengan shampo. Lakukan perawatan ini satu kali seminggu.

Kedua, membuat rambut tebal dan kuat

Lada hitam juga bermanfaat untuk membuat rambut menjadi tebal dan  kuat. Hal ini karena zat besi dan kalsium yang terdapat pada lada hitam. Untuk perawatan rambut tebal dan kuat, kita bisa mencampurkan satu sendok teh lada hitam dengan  satu sendok teh biji lemon yang sudah dihaluskan  untuk dijadikan masker rambut.

Tambahkan juga beberapa tetes minyak zaitun agar bisa menjadi pasta serta untuk menambahkan manfaat dari minyak zaitun itu sendiri. Oleskan masker tersebut pada kulit kepala sambil dipijat secara lembut untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Ketiga, menghilangkan uban

Uban memang idetik dengan faktor usia, tapi bukan berarti kita yang masih muda tertutup kemungkinan diserang uban lho. Buktinya banyak yang mengeluh sudah memiliki banyak uban padahal masih muda. Nah, jika kamu salah satunya, kita bisa memanfaatkan lada hitam untuk mengatasinya.

Sama dengan untuk menghilangkan ketombe, kita bisa mencampurkan satu gram lada hitam dengan seratus gram yogurt. Oleskan campuran tersebut secara perlahan pada kulit kepala dan rambut dan diamkan selama satu jam. Setelah satu jam, baru dibilas. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini secara rutin tiap minggu ya.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu