Berbagai Keunggulan Diet Mediterania

DOKTERCANTIK.COM – Sekarang, menjalankan diet tidak harus dengan menahan lapar, karena saat ini sudah banyak diperkenalkan metode-metode diat terbaru yang lebih sehat dan aman untuk kita lakukan. Salah satunya adalah diet mediterania.

Kamu sudah pernah mendengar tentang diet mediterania? Sekarang sedang populer lho di Indonesia. Diet mediterania bahkan tidak hanya dilakukan untuk mengurangi berat badan tetapi juga untuk alasan kesehatan karena ternyata banyak penyakit yang bisa dicegah dengan melakukan diet mediterania. Penyakit yang bisa dicegah tersebut seperti penyakit jantung, diabetes, alzheimer dan juga penyakit stroke.

Berbagai Keunggulan Diet Mediterania

Sebenernya apa dan bagaimana itu diet mediterania? Sebagaimana namanya, diet mediterania merupakan salah satu metode diet dengan mengikuti pola hidup sehat masyarakat mediterania terutama dalam  menjaga makanan yang masuk ke dalam tubuh mereka.

Kenapa harus mediterania? Karena memang masyarakat mediterania mempunyai pola hidup yang sangat sehat dan patut dicontoh.

Makanan ala diet mediterania

Tidak seperti kebanyakan kebiasaan manusia modern, warga Mediterania tidak mengkonsumsi makanan yang digoreng dan diolah secara berlebihan, tidak mengkonsumsi daging merah, apalagi makanan- makanan cepat saji serta makanan-makanan olahan pabrik. Dari banyaknya jenis makanan, makanan yang paling utama yang mereka konsumsi adalah buah-buahan dan sayuran.

Buah dan sayur tersebut dikonsumsi secara mentah agar tidak mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kalaupun ada makanan yang harus dimasak, makanan-makanan tersebut  hanya diolah dengan cara direbus, dibakar, ataupun dikukus .

Menu makanan diet mediterania sangat menghindari penggunaan minyak goreng, mentega, margarin bahkan garam dan gula karena bahan-bahan tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol dan lemak di dalam tubuh. Bahan-bahan tersebut digantikan dengan penggunaan minyak zaitun sebagai campuran pada makanan-makanan mereka.

Kenali Bahaya Minyak Zaitun Pada Kulit

Minyak zaitun, pelengkap diet mediterania

Ciri khas dari diet mediterania ini adalah penggunaan minyak zaitun untuk mendampingi berbagai makanan terutama sayuran.

Campuran antara minyak zaitun dan sayuran ini merupakan komponen paling pokok dari diet mediterania yang mana akan menciptakan senyawa asam lemak nitro yang memberikan efek rileks pada pembuluh darah sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Selain untuk kelancaran peredaran darah, minyak zaitun sebagai bahan utama pendamping diet mediterania juga mempunyai kemampuan untuk mengatasi radikal bebas yang bisa menyerang saraf pusat sehingga melakukan diet mediterania tidak hanya sehat untuk kesehatan jantung, mengurangi  berat tubuh, mengontrol kolesterol tetapi juga bisa bermanfaat untuk kesehatan otak.

Keunggulan diet mediterania

Kenapa diet mediterania disarankan sebagai salah satu diet yang sehat? Apa keunggulan dari diet mediterania?

Tips Diet Sehat dalam Sepekan

Pertama, kita tidak harus tersiksa menahan lapar dengan melakukan diet meditarania karena kita harus mengkonsumsi buah dan sayur yang merupakan makanan tinggi serat dan menghasilkan energi. Dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat maka kita tidak akan mudah merasa lapar.

Kedua, makanan-makanan yang harus kita makan merupakan makanan dengan harga terjangkau dan mudah didapatkan.

Ketiga, cara memasak makanan yang akan kita konsumsi juga lebih praktis yaitu hanya dengan cara direbus, dikukus atau di panggang.

Keempat, kita tetap boleh menkonsumsi daging, atau makanan yang tidak disarankan dalam diet sesekali, jadi tidak terlalu mempunyai pantangan yang membuat kita harus terlalu menahan selera.

Kelima, tidak hanya untuk menurunkan berat badan, melakukan diet meditarania juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita serta untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stoke, diabetes, obesitas, dan alzheimer.

**

Nah, sudah saatnya meninggalkan konsumsi obat-obatan tertentu untuk diet. Coba lakukan diet mediterania yuk. Kamu tidak akan tertekan karea harus menahan lapar.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu