4 Bahaya Memakai Make Up Saat Olahraga

DOKTERCANTIK.COM – Kita sih pengennya selalu tampil cantik ya? Kemanapun pergi kita ingin tampil cantik. Caranya? Tentu saja dengan memakai make up sebagai riasan wajah sehari-hari. Bagi kebanyakan wanita make up memang sudah seperti menjadi kebutuhan pokok. Kemanapun pergi tidak lengkap rasanya kalau tidak memakai make up. Rasanya ada saja yang kurang sehingga menjadi tidak percaya diri.

Namanya juga ingin tampil cantik maka memakai make up sah-sah saja. Tapi ingat, ada kegiatan-kegiatan tertentu yang membuat make up malah bisa menjadi berpengaruh buruk bila dipakai lho. Salah satunya adalah saat berolahraga.

Sebagian wanita mungkin masih ada yang suka memakai make up saat berolahraga apalagi ketika berolahraga di tempat umum tentunya dengan alasan lebih percaya diri. Tapi tahukah kamu? Memakai make up saat berolahraga malah bisa membahayakan lho?  Bahaya apa yang bisa disebabkan memakai make up saat berolahraga?

Menimbulkan jerawat dan komedo

Tidak ada satupun dari kita yang mau diserang jerawat kan? Nah, memakai make up saat berolahraga bisa menjadi salah satu penyebab yang paling berpotensi untuk menyebabkan jerawat. Kenapa?

Loading...

READ:  Tips dan Cara Alami Menghilangkan Panu

Ketika kita berolahraga kita mengeluarkan lebih banyak keringat. Keringat butuh pori-pori untuk jalan keluar. Sayangnya, pori-pori kita tertutup oleh fondation make up yang kita pakai. Alhasil keringat tersebut tidak bisa keluar dengan lancar dan menjadi terjebak di dalam pori-pori tercampur dengan zat yang terdapat di dalam make up.

Kondisi inilah yang kemudian bisa berkembang menjadi jerawat atau komedo. Kamu mau memangnya punya wajah berjerawat nantinya hanya karena kamu tidak percaya diri dengan tampilan tanpa make up saat berolahraga?

Bintil putih di area mata (milia)

Selain jerawat dan komedo, memakai make up saat olahraga juga bisa menimbulkan adanya bintil-bintil putih di area seputar mata yang disebut milia. Seperti halnya jerawat. Hal ini disebabkan oleh pori-pori yang tertutup oleh eye shadow pada mata sehingga keringat tidak bisa keluar.

Iritasi mata karena kemasukan make up

Keringat yang mengalir banyak saat berolahraga juga bisa menyebabkan  make up menjadi luntur. Yang paling bahaya adalah make up pada bagian mata seperti eye shadow. Eye shadow tersebut bisa luntur lalu teralirkan oleh keringat dan masuk ke dalam mata.

READ:  Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Efek jangka pendek yang dihasilkan mungkin hanya kemerahan dan rasa sedikit pedih, tapi lama-lama bisa saja menyebabkan iritasi pada mata dan kerusakan mata yang lebih serius sebab pada eye shadow terkandung bahan kimia yang  bisa saja berbahaya buat mata bagian dalam.

Menyebabkan peradangan

Memakai make up pada saat olahraga juga bisa memicu terjadinya peradangan pada bagian kulit yang terluka karena bahan kimia dari make up tersebut masuk ke kulit karena adanya keringat.

Peradangan tersebut bisa terjadi pada bagian wajah yang berjerawat, atau bekas luka. Selain itu juga bisa menyebabkan iritasi terutama bagi mereka yang mempunyai kulit sensitif.

**

Nah, itulah 4 efek buruk make up saat berolahraga. Lagipula kamu pakai make up saat olahraga buat apa sih? Olahraga kan menguras keringat, jadi ujung-ujungnya make up kamu jadi luntur. Kalau luntur kan bukannya tambah cantik tapi wajah kita malah jadi berantakan. Bayangkan bagian mata kita menghitam karena bekas maskara yang luntur.

Penggunaan blush on juga sangat tidak diperlukan. Nanti ketika kamu berolahraga, wajah kamu merona sendiri kok.  Jadi untuk menghindari efek buruk di atas, sebelum melakukan olahraga, dihapus dulu ya make up nya.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *