6 Tips Alami Merawat Kulit Berminyak

DOKTERCANTIK.COM – Wajah berminyak selain memberikan Anda tampilan yang kurang menyenangkan dapat menyebabkan komedo, jerawat, noda, dan lain lain. Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan solusi alami tentang bagaimana untuk menyingkirkan minyak berlebih pada kulit Anda.

Untuk mempelajari bagaimana mengontrol kulit berminyak, Anda harus tahu tentang penyebab kulit berminyak.

  • Keturunan : Misalnya, kulit orang-orang dengan rambut hitam menghasilkan lebih banyak minyak dari orang berambut pirang;
  • Sebum berlebih : sebum adalah minyak alami yang disekresi oleh kelenjar minyak yang melindungi kulit Anda. Jika terlalu banyak sekresi sebum, kulit Anda menjadi berminyak.
  • Faktor-faktor lain, seperti stres dan perubahan aktivitas hormon, kehamilan atau menggunakan kontrasepsi oral.

6 Tips Alami Merawat Kulit Berminyak

Sebenarnya kulit berminyak memiliki poin positif tersendiri. Produksi minyak alami oleh kulit adalah proses alami. Alam menghasilkannya untuk melindungi kulit Anda. Kulit tetap terhidrasi secara alami dan karena itu, kulit berminyak cenderung lebih terlihat awet muda dan memiliki keriput lebih sedikit daripada kulit kering atau normal.

Selama Anda tetap membersihkan pori-pori kulit, Anda tidak perlu khawatir tentang kulit berminyak. Cobalah untuk membersihkan sel-sel kulit mati dan minyak berlebih tanpa menggosok begitu keras sehingga menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

Berikut adalah perawatan alami untuk mengontrol kulit berminyak terutama pada zona T Anda:

(1) Cuci wajah dengan Benar

Cuci wajah Anda dengan lembut, dua kali sehari menggunakan air suam-suam kuku. Ini akan membersihkan kelebihan minyak dari kulit. Jangan berlebihan dalam mencuci muka karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan pada akhirnya mempercepat proses penuaan dini.

Sebelum tidur di malam hari, biasakan untuk mencuci muka dengan air hangat. Daripada sabun atau krim, cobalah untuk menggunakan pembersih wajah yang dibuat khusus untuk kulit berminyak, seperti pembersih gel. Sabun lebih bersifat mengeringkan kulit dan krim akan meninggalkan beberapa residu pada kulit Anda yang membuatnya terlihat lebih berminyak.

kesalahan mencuci wajah

Jika Anda menderita jerawat, gunakan pembersih antibakteri yang diformulasikan dengan benzoil peroksida atau asam salisilat atau triclosan untuk mengeringkan noda.

Pertimbangkan untuk menggunakan pembersih muka cair yang mengandung asam alpha-hydroxy (AHA), seperti asam sitrat, asam laktat, atau asam glikolat. AHA bekerja akan mengelupaskan sel kulit mati, mengontrol minyak di pori-pori kulit Anda dan mencegah infeksi.

(2) Perhatikan Warna Kulit

Gunakan toner yang diformulasikan untuk kulit berminyak dan tidak mengandung alkohol. Toner dengan dasar alkohol akan mengeringkan kulit. Anda dapat menggunakan toner alami untuk kulit berminyak, seperti yang mengandung witch hazel. Rendam kapas di dalamnya dan oleskan di sekitar wajah dengan lembut. Witch hazel mengandung tanin yang memiliki sifat astringent.

Anda juga dapat mencoba pengobatan lainnya untuk kulit berminyak untuk meratakan warna kulit dengan cuka sari apel atau teh hijau atau air mawar.

Tips Perawatan Kulit Wajah Setelah Facial

(3) Pijat Wajah Untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak mengumpulkan lebih banyak debu dan kotoran yang akan membentuk lapisan pada kulit wajah. Anda harus menghapus lapisan kotoran ini dan menyingkirkan sel kulit mati dengan cara pengelupasan atau menggosok kulit secara rutin dua kali seminggu.

Anda dapat membuat sendiri scrub alami untuk kulit berminyak untuk menyerap minyak dari kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati yang akan menyumbat pori-pori kulit.

Giling dua sendok teh gandum kasar, campurkan dengan beberapa witch hazel atau gel lidah buaya segar untuk membentuk pasta. Pijat pasta ini lembut dengan ujung jari Anda pada kulit wajah, biarkan sejenak dan kemudian bilas dengan air hangat.

(4) Hilangkan Kelebihan Minyak

Pada siang hari, hilangkan kelebihan minyak dari wajah dengan mengunakan kertas blotting khusus yang dibuat khusus untuk tujuan ini agar tidak merusak make-up. Atau, Anda dapat menggunakan bedak translucent ringan untuk menghapus kelebihan minyak. Jangan gunakan bedak padat, karena mengandung minyak.

7 Nutrisi Penting Untuk Kesehatan Kulit Dan Rambut

(5) Bahan Alami untuk Perawatan Kulit Berminyak

– Jus Lemon. Campurkan satu sendok teh jus lemon dengan air dingin & pijat pada kulit Anda dan cuci dengan sabun gliserin setelah sepuluh sampai lima belas menit. Ini akan membuat minyak kulit Anda bebas minyak berlebih.

– Apel. Ambil kulit apel & potong menjadi pbagian-bagian kecil. Gosokkan potongan kecil di wajah. Setelah satu jam cuci muka dengan air bersih. Ini akan membuat wajah Anda bebas minyak berlebih.

– Almond dan Madu. Campur sejumlah kecil almond yang dihaluskan dengan madu. Pijat lembut (tidak menggosok) pasta ke kulit Anda. Setelah sepuluh sampai lima belas menit, cuci muka secara menyeluruh.

– Oatmeal & Aloe Vera. Campur oatmeal dengan Aloe Vera. Gosok lembut ke kulit Anda. Setelah sepuluh sampai lima belas menit cuci secara menyeluruh.

– Aloe Vera. Cuci wajah secara menyeluruh. Oleskan dengan lembut gel lidah buaya di wajah dan biarkan kering. Anda dapat menerapkan Aloe Vera gel pada wajah dua sampai tiga kali sehari sesuai kenyamanan Anda.

(6) Beberapa Tips Kecantikan yang lebih alami untuk Kulit Berminyak

  • Jika Anda memiliki kulit berminyak, yang terbaik adalah menggunakan produk kecantikan berbasis air.
  • Hindari produk berbasis alkohol, karena dapat mengeringkan kulit. Akibatnya kulit Anda akan menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengganti minyak yang hilang.
  • Jika Anda memiliki kulit berminyak, itu tidak berarti bahwa Anda tidak perlu pelembab berbasis minyak. Gunakan pelembab berbasis air.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu