13 Makanan Untuk Mempercantik Gigi

DOKTERCANTIK.COM – Jika gigi Anda tidak putih seperti warna gigi pada umumnya, Anda mungkin terlalu banyak mengkonsumsi kafein, anggur merah, soda atau merokok. Menurut American Academy of Cosmetic Dentistry (AACD) makanan tertentu secara alami dapat membersihkan, mencerahkan, dan melawan bakteri yang dapat membahayakan gigi dan gusi.

Menurut Dr Shawn Frawley, seorang dokter gigi kosmetik dan anggota AACD, gigi dan gusi mencerminkan apa yang terjadi di seluruh tubuh Anda. Oleh karena itu, apa yang Anda konsumsi mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi Anda. Sebaliknya, beberapa makanan dan kebiasaan gaya hidup seperti minum kopi dan teh serta merokok dapat menyebabkan perubahan warna atau menguningnya gigi.

Menurut survei AACD, hampir semua orang dewasa (99,7%) yang disurvei percaya senyum yang sehat secara sosial penting dan hampir tiga perempat (74%) orang dewasa merasa senyum yang tidak menarik dapat menghambat keberhasilan karir mereka.

Berikut adalah informasi mengenai makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu mempercantik gigi Anda. Simak ulasannya ya.

Loading...

1. Apel

Tekstur renyah dari apel memberikan gusi sebuah latihan yang akan membuatnya kuat. Rasa manis-asam akan merangsang kelenjar ludah, yang membantu menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri di dalam mulut. Air liur juga menyapu kuman dan partikel makanan sebelum memancing bakteri dan menghasilkan plak.

Apel merupakan sumber yang kaya vitamin C dan antioksidan yang melindungi tulang terhadap efek penuaan yang juga mengandung serat yang membantu dalam pembuangan racun dalam usus.

READ:  6 Hal Tentang Behel yang Perlu Diketahui

2. Stroberi

Meskipun berwarna cerah, stroberi tidak menodai gigi. Bahkan, kandungan asam malat di dalamnya menjadi zat alami yang menghilangkan noda pada gigi.

Stroberi mengandung senyawa anti-inflamasi, membuatnya berguna untuk mengurangi nyeri kronis. Stroberijuga mengandung banyak antioksidan seperti flavonol dan terpenoid, yang melindungi tulang Anda dari kerusakan. Seperti apel, stroberi merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C dan antioksidan.

3. Bawang

Meski bawang terkenal dapat menyebabkan bau mulut, tapi itu salah satu cara yang efektif membantu memutihkan gigi. Selain itu, bawang mengandung pigmen, sehingga tidak menodai gigi. Bawang mengandung allicin, senyawa antimikroba yang membantu mencegah bakteri berkembang biak pada gigi.

Bawang juga mengandung vitamin B6 yang menurunkan kadar homosistein dalam tubuh, sehingga mengurangi peradangan dan memperlambat proses penuaan.

4. Pir

Pir sangat juicy dan beraroma, sehingga merangsang produksi air liur dan membilas bakteri dan sisa makanan. Selain itu, makan pir dapat menetralkan bakteri yang dapat berkontribusi terhadap pengembalian warna putih gigi.

5. Wortel dan Seledri

Dua sayuran renyah ini memiliki kandungan air yang tinggi, membantu untuk membasuh kotoran di gigia. Dan tekstur renyah membantu memperkuat gusi dan mengusir sisa-sisa makanan.

Wortel mengandung karotenoid, antioksidan yang menghasilkan warna oranye wortel . Wortel juga memiliki banyak vitamin A. Seledri mengandung kalsium yang penting seperti folat, Vitamin B2 dan B5, magnesium, dan mangan.

READ:  Cara Alami Mengatasi Gigi Kuning

6. Kacang-kacangan

Kacang memiliki sifat abrasif saat dikunyah yang akan bertindak seperti sikat gigi, menghilangkan plak dan noda pada gigi Anda.

7. Brokoli

Mengunyah brokoli mentah membantu membuang noda gigi, dan teksturnya mencegah noda kembali menempel ke gigi Anda.

Brokoli penuh kalsium, Vitamin C dan K, boron, dan antioksidan. Brokoli memiliki sifat pembersihan yang luar biasa, brokoli mengandung polifenol penting yang disebut D-glutarate, yang bertindak sebagai sinyal untuk tubuh untuk melepaskan racun daripada menyimpannya dalam berbagai jaringan. Hal ini dilakukan dengan menghambat enzim yang memberitahu tubuh Anda untuk bertahan pada zat beracun.

8. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan asam yang tinggi, makan buah jeruk memiliki efek alkalizing pada tubuh. Dan dapat memutihkan gigi. Asam sitrat sebenarnya menipiskan lapisan atas email gigi namun dapat menghilangkan noda, jadi konsumsilah jeruk secukupnya saja.

 9. Minyak (minyak wijen atau minyak kelapa murni)

Minyak wijen memiliki asam lemak omega-3, zat besi, kalsium, dan vitamin A, B dan E; sementara minyak kelapa murni memiliki sifat antibakteri yang membuat gusi sehat dan gigi bersih.

Anda dapat berkumur selama 5 menit dengan minyak wijen atau minyak kelapa murni. Pastikan untuk tidak menelan minyak saat berkumur.

10. Keju

Sebagian besar keju tidak akan menodai gigi. Keju juga mengandung kalsium dan fosfor, yang membantu memperkuat gigi dan gusi melalui re-mineralisasi. Zat zat ini juga membantu dalam mengisolasi gigi dari asam berbahaya dalam mulut.

READ:  7 Cara Merawat Kesehatan Gigi

11. Air

Minum air membantu Anda tetap terhidrasi dan mencegah pembentukan noda pada gigia. Berkumurlah setelah makan atau minum makanan dan minuman yang kaya pigmen untuk menjaga gigi Anda putih dan cerah. Air juga mengurangi keasaman mulut secara keseluruhan, mengurangi kemungkinan merusak enamel gigi Anda.

12. Nanas

Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain, yang merupakan penghilang noda alami yang juga membantu plak terpisah dari permukaan gigi Anda. Hal ini untuk mencegah erosi gigi dan menghambat pembentukan plak, sehingga gigi lebih sehat dan lebih putih.

13. Jamur Shiitake

Jamur mengandung lentinan, jenis gula yang tidak menyebabkan kerusakan gigi, melainkan mencegah pertumbuhan bakteri plak berkembang biak di mulut Anda.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *