Tips Aman Memilih dan Menggunakan Lotion Anti Nyamuk

DOKTERCANTIK.COM – Makhluk kecil, tapi beresiko menyebarkan penyakit mematikan, siapa lagi kalau bukan si nyamuk. Bukan hanya rasa gatal yang menjengkelkan saja yang ditimbulkannya atau bekas menghitam akibat digaruk pada kulit, namun juga penyakit berbahaya mematikan seperti demam berdarah juga bisa ditularkannya. Hal ini membuat kita sangat protektif dari gigitan nyamuk tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari gigitan nyamuk, seperti memakai kelambu, kipas angin atau AC, memakai raket nyamuk, obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot,  dan juga menggunakan lotion anti nyamuk.

Dari ke semua cara tersebut, yang paling banyak kita lakukan sekarang adalah dengan cara memakai lotion anti nyamuk.  Lotion anti nyamuk dipilih karena sangat praktis dan efektif untuk digunakan.

Tips Aman Memilih dan Menggunakan Lotion Anti Nyamuk

Kebayangkan bagaimana ribetnya memakai kelambu? Atau harus pukul sana pukul sini dengan raket nyamuk. Banyak juga yang tidak  tahan dengan dingin AC ataupun asap dan aroma dari obat nyamuk bakar. Lagipula jika pakai lotion bisa kita gunakan tidak hanya dalam ruangan tapi juga di luar ruangan.

Efek samping penggunaan lotion nyamuk terlalu sering

Tapi sudah tahukah kamu? Memakai lotion anti nyamuk terlalu sering dalam jangka panjang bisa menyebabkan efek samping, mulai dari yang ringan seperti iritasi dan kemerahan pada kulit sampai keracunan saraf dan otak serta kanker kulit. Wah, efek sampingnya  mengerikan juga ya.

Kenapa lotion nyamuk sampai begitu berbahayanya? Ternyata bahaya itu berasal dari bahan kimia yang dikandungnya. Di antara bahan kimia yang paling berbahaya adalah Diethyltholuamide (DEET). Hampir semua lotion nyamuk mengandung zat ini dengan dosis yang berbeda-beda.

Penggunaan DEET dalam dosis yang tinggi serta dalam jangka waktu panjang inilah yang bisa menyebabkan bahan kimia tersebut bersifat korosif yaitu merusak kulit sampai menyebabkan kerusakan saraf dan otak.

cara mengatasi kulit bersisik

Memilih lotion nyamuk yang aman

Memang kandungan DEET yang ada pada lotion nyamuk bisa berefek buruk pada kita, namun jika produk lotion nyamuk tersebut sudah mendapatkan izin edar berarti produk tersebut masih dalam batas aman.

Nah, agar bisa menjadi pembeli yang cerdas, biasakanlah untuk membaca setiap komposisi produk apapun itu agar kita nanti tidak kecolongan dengan efek sampingnya. Untuk lotion nyamuk, kadar DEET sekitar 10 %- 13% masih dianggap wajar dan tidak akan terlalu membahayakan kulit. Tapi jika kadarnya sudah lebih dari 13 % maka sebaiknya kamu mencoba cari produk lain yang kadar DEET nya lebih rendah.

Tips menggunakan lotion nyamuk

Untuk mengurangi resiko efek samping yang bisa ditimbulkan lotion nyamuk, barangkali tips-tips berikut bisa kita lakukan, yuk intip tips aman menggunakan lotion anti nyamuk :

  1. Gunakan lotion nyamuk hanya pada bagian tubuh yang tidak tertutup. Jika masih bisa ditutup dengan selimut, maka sebaiknya tidak usah dipakaikan lotion nyamuk.
  2. Lapisi dulu kulit dengan lotion agar zat dalam lotion nyamuk tidak meresap langsung pada kulit. Lagipula yang membuat nyamuk menghindar adalah aroma dari lotion nyamuk tersebut.
  3. Langsung cuci bagian yang kamu oleskan lotion begitu bangun tidur agar lotion tersebut tidak terlalu meresap pada kulit.
  4. Jangan menggunakan lotion nyamuk terlalu sering, kamu bisa selingi sesekali dengan menghidupkan AC atau kipas angin.

Nah, itulah cara memilih lotion nyamuk serta tips aman dalam menggunakannya. Semoga bermanfaat ya.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu