6 Efek Samping Operasi Angkat Kelopak Mata (Blepharoplasty)

DOKTERCANTIK.COM – Mata cantik identik dengan bentuk mata yang bulat dan lebar. Oleh karena itu para wanita ingin sekali mempunyai  tampilan mata yang bulat dan lebar tersebut. Beberapa orang mensiasati tampilan mata mereka dengan pengaplikasian make up untuk membentuk mata terlihat lebih bulat.

Namun, sapuan make up saja ternyata tidak cukup untuk membuat tampilan mata menjadi cantik. Akhirnya, operasi angkat kelopak mata menjadi pilihan para wanita.  Operasi ini berkiblat pada wanita–wanita Korea yang berhasil mendapatkan mata yang bulat dan cantik berkat melakukan operasi angkat kelopak mata.

Operasi angkat kelopak mata atau yang dikenal juga dengan nama blepharoplasty  dilakukan dengan cara membuang lemak sekitar mata dan mengambil kelebihan kulit yang berada pada kelopak mata. Cukup dengan waktu 30 sampai 90 menit serta dengan masa pemulihan paling lama 10 minggu, kamu dapat memiliki tampilan mata bulat dan besar yang lebih cantik.

6 Efek Samping Operasi Angkat Kelopak Mata (Blepharoplasty)

Namun, yang namanya bedah plastik seperti operasi angkat kelopak mata selalu mempunyai efek yang kurang menguntungkan bagi kita. Khusus untuk operasi angkat kelopak mata, apa efek samping yang bisa ditimbulkan?

Pertama, sulit tidur seminggu setelah operasi

Pada masa-masa awal setelah operasi, orang yang menjalani operasi angkat kelopak mata akan mengalami kesulitan untuk tidur karena rasa sakit pada mata dan mata sulit dipejamkan. Mata juga bsia mengalami memar dan bengkak yang bisa memicu terjadinya infeksi. Untuk mencegah infeksi tersebut, maka perlu untuk mengoleskan obat antibiotik pada mata selama beberapa hari agar tidak terjadi infeksi pada jahitan.

Kedua, gesekan pada kornea

Operasi yang dilakukan kurang hati-hati bisa sangat membahayakan organ mata kita. Salah satu resiko yang mungkin terjadi adalah terjadinya gesekan pada kornea mata. Gesekan pada kornea tentunya akan mengakibatkan kerusakan pada kornea yang bisa berakibat pada  terganggunya penglihatan. Namun efek ini  biasanya masih bisa diatasi dengan obat tetes mata.

Ketiga, penglihatan kabur

Operasi angkat kelopak mata juga bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan pada otot penggerak bola mata. Iritasi ini pastinya bisa menyebabkan penglihatan kita menjadi kabur.

Operasi Plastik, Cara Instan Untuk Cantik dan Awet Muda

Keempat, penglihatan ganda

Pada beberapa kasus, operasi pengangkatan kelopak mata juga bisa menyebabkan penglihatan kita menjadi ganda.  Namun  efek ini biasanya hanya terjadi pada minggu-minggu awal penyesuaian mata. Seiring waktu penglihatan bisa kembali normal.

Kelima, mata kering

Mata yang sehat adalah mata yang terjaga kelembabannya dan cukup cairannya. Mata yang kering mudah sekali menyebabkan terjadinya iritasi serta mata pedih ataupun merah. Nah, hal itulah yang menjadi salah satu efek samping dari operasi angkat kelopak mata. Operasi mata ini ternyata bisa membuat cairan alami mata kita berkurang sehingga mata menjadi kering.

Keenam, kebutaan

Pada kasus yang fatal, operasi bisa menyebabkan kebutaan. Hal ini disebabkan oleh terjadinya pendarahan pada jaringan lemak pada saat lemak tersebut diangkat. Hal ini tentunya menjadi pengingat bagi kita untuk tidak sembarangan melakukan operasi apalagi yang berhubungan dengan indra terpenting pada tubuh kita.

Apa gunanya mata yang cantik menawan jika pada akhirnya kita malah tidak bisa  melihat alias buta. Meski kasus ini jarang, namun tetap perlu kehati-hatian untuk memilih dokter bedah yang sudah profesional. Jangan hanya mudah terpengaruh dengan harga yang murah tapi kualitas tidak jelas ya.

Jika memang mau melakukan operasi angkat kelopak mata, lakukanlah pada dokter yang telah sering melakukan hal tersebut dan telah terbukti piawai, bukan dengan dokter baru yang pengalamannya minim.

Oke, semoga informasi ini bermanfat ya.

Hanya Untuk Anda, Cantikers!

Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan promo produk kosmetik terbaru dan aneka tips kecantikan langsung di INBOX-mu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *